Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 18 Januari 2017 - 12:35 WIB

Manfaat Kulit Jeruk (Christin Borbe/EyeEm/Getty Images)
Manfaat Kulit Jeruk (Christin Borbe/EyeEm/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Biasanya, kita mengkonsumsi buah-buahan hanya bagian dagingnya, tetapi kulitnya kita buang begitu saja. Ternyata dari kulit buah itu terdapat manfaat terselubung di dalamnya. Termasuk jeruk, biasanya kita memakan dagingnya tanpa memikirkan manfaat dari kulit jeruk tersebut. Siapa sangka, kuit jeruk ternyata memiliki khasiat yang banyak loh! Manfaat kulit jeruk sangat berguna untuk kesehatan, sebab kulit jeruk memiliki kandungan nutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh kita, terutama jenis jeruk mandarin atau jeruk keprok, kulit bagian dalam merupakan bagian yang mempunyai rasa netral serta tekstur lebih lembut, Anda bisa langsung mengkonsumsinya, dan juga merupakan bagian paling tinggi kandungan seratnya. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kulit jeruk.

1. Menghentikan Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok memang susah untuk diberhentikan bagi perokok aktif, padahal mereka tau dampak serta efek negatifnya dari merokok. Namun, tetap saja sulit untuk menghentikannya. Jika ingin berhenti merokok, Anda bisa mengkonsumsi kulit jeruk, karena kulit jeruk dapat membtu Anda untuk menghentikan kebiasaan ini. Karena, kulit jeruk bisa menghilangkan dan memecah nikot!n dari dalam tubuh Anda. di mana nikotin merupakan bahan berbahaya yang dihisap oleh perokok aktif.

2. Anti Kolesterol
Bahaya mengkonsumsi makanan yang berbau junk food, gorengan ataupun makanan yang mengandung kolesterol lainnya akan berdampak tidak baik bagi tubuh kita, karena akan mengakibatkan tubuh menjadi gemuk. Bagi Anda yang ingin diet atau menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, Anda bisa mengkonsumsi kulit jeruk karena, kulit jeruk ternyata ditemukan senyawa anti kolesterol. Senyawa ini membantu memarangi LDL atau kolesterol buruk dalam tubuh kita yang membentuk bekuan plak yang berpuncak pada pembuluh darah ke jantung yang tersumbat.

3.Mencegah Kanker Kulit dan Paru-paru
Percaya atau tidak, ternyata kulit jeruk memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Flavonoid dalam kulit jeruk membantu vitamin C agar dapat bekerja secara efisien serta memperlambat pertumbuhan sel kanker. Satu studi menunjukkan bagaimana kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yang merupakan penyebab kanker kulit. Lalu, jika Anda secara rutin mengkonsumsi kulit jeruk memiliki sedikit resiko menderita kanker kulit dan kanker paru-paru.

4.Masker Wajah
Selain di konsumsi untuk kesehatan, kulit jeruk juga bermanfaat bagi kecantikan. Anda bisa membuat masker wajah dari kulit jeruk, karena manfaatnya dapat membantu dalam menghilangkan noda hitam pada wajah dan juga menyegarkan kembali kulit yang kusam.

5.Menyembuhkan Infeksi dalam Tubuh, Flu, Demam serta Meringankan Bronkitis
Vitamin C dan A yang terkandung dalam kulit jeruk, merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh. Manfaat lainnya, bagi pengidap bronkitis, bisa konsumsi kulit jeruk juga karena, jika mengkonsumsi dengan rutin, dapat menyembuhkan serta memiliki efek yang menenangkan.

Sumber:
http://www.tipsehat.info
http://manfaat.co.id

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…