Menpar Ajak Artis-Pengusaha Sukseskan Sektor Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 22 Maret 2018 - 12:36 WIB

Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)
Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengundang berbagai kalangan mulai dari artis, pengusaha, hingga pengelola lokasi wisata untuk menyatukan persepsi dan langkah dalam mempromosikan sector pariwisata Indonesia.

Menteri Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (21/3/2018) mengatakan, pihaknya menggelar Workshop Matchmaking Calender of Event, Digital Destination, Diaspora Restaurant, with Co-Branding Partners dalam rangka menyinergikan langkah dan menyatukan persepsi antara pemerintah, kalangan artis, pengusaha, hingga pengelola destinasi wisata.

"Keberhasilan pengembangan pariwisata nasional ditentukan oleh kerja sama yang dilakukan seluruh pihak terkait," katanya.

Untuk itu, kata dia, melalui berbagai kesempatan ia merasa perlu mempertemukan berbagai pihak.

Menpar sendiri dalam hal branding atau pemasaran memiliki strategi co-branding dengan 10 eksisting restoran Indonesia.

"Saya telah mencoba, namun belum berhasil untuk membuka restoran di luar negeri. Biayanya tidak murah. Dan pemerintah tidak menyediakan anggaran. Sebagai pembanding, pemerintah Thailand memberi subsidi setara dengan 100 ribu dolar AS bagi yang membuka restoran di luar Thailand," katanya.

Akhirnya ia memutuskan melakukan "branding existing" restoran yang sudah ada atau yang disebut dengan Diaspora Restaurant.

"Hal ini tentu saja membawa keuntungan bagi pihak-pihak yang terlibat," ujar Arief Yahya.

Deputi Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, I Gde Pitana, mengharapkan pertemuan ini dapat membuka peluang kerja sama yang baik sehingga mewujudkan cita-cita bersama yakni mengembangkan pariwisata.

"Empat komponen kita pertemukan. Semuanya merupakan mitra Kemenpar pada 2018. Semoga pertemuan kali ini bisa menghasilkan kerja sama dengan baik," ujar I Gde Pitana kepada jurnalis Forwapar diJakarta.

Acara ini dihadiri oleh 124 Brands dan 39 Dinas Kabupaten/Provinsi yang sudah dan tertarik melakukan "Co Branding" dengan Wonderful Indonesia.

"Semua kerja sama yang dilakukan ini memiliki satu alasan yakni memajukan pariwisata secara bersama," kata Pitana.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…