Bangkitkan Kembali Permainan Tradisional, Combantrin Gandeng LPAI Luncurkan Gerakan Nasional #JamMainKita

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Maret 2018 - 11:44 WIB

Peluncuran JamMainKita
Peluncuran JamMainKita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Johnson & Johnson Indonesia melalui produk unggulannya Combantrin – yang dikenal sebagai produk obat cacing terkemuka yang berfokus pada kesehatan anak – bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), pada hari ini meluncurkan inisiatif terbarunya berupa gerakan nasional#JamMainKita. 

Gerakan sosial ini bertujuan untuk mengajak anak-anak Indonesia agar lebih mengenal permainan tradisional sekaligus mengajak mereka untuk aktif bermain di luar rumah bersama keluarga tanpa rasa khawatir terkena infeksi cacing dengan kehadiran Combantrin.  

Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT Johnson & Johnson Indonesia mengatakan, Dengan kemajuan teknologi, saat ini banyak keluarga Indonesia mengandalkan gawai (gadget) dan bahkan lebih menyukai apabila anak-anak mereka memilih bermain di dalam rumah. Kondisi ini telah mengubah definisi anak - anak tentang bermain. 

"Padahal bermain permainan tradisional di luar ruangan banyak melibatkan aktivitas fisik yang mendorong stimulasi motorik dan psikologis anak yang akan membantu perkembangannya. Kondisi inilah yang melatarbelakangi Combantrin untuk meluncurkan gerakan sosial #JamMainKita." katanya di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Bekerjasama dengan LPAI, lanjut Lakish, inisiatif ini juga merupakan bentuk dukungan Combantrin terhadap program pemerintah, GERMAS (Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat) yang diterapkan bagi semua kelompok populasi khususnya bagi anak – anak dan juga membantu menekan angka prevalensi cacingan (28,12%) yang saat ini masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Seto Mulyadi selaku Ketua LPAI atau yang biasa disapa dengan Kak Seto menyadari bahwa Indonesia kaya akan budaya dan memiliki banyak permainan tradisional yang hampir terlupakan.

"Kami berharap #JamMainKita bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan dan mempopulerkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda kita. Permainan tradisional juga bisa menjadi media untuk melestarikan nilai budaya dan tradisi daerah yang menjadi kekayaan bangsa kita." kata Kak Seto.

Gerakan sosial #JamMainKita juga sebagai bentuk komitmen PT Johnson & Johnson Indonesia melalui Combantrin, untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia, dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya memulai gerakan hidup sehat melalui serangkaian kegiatan, salah satunya bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Pusat dimana Johnson & Johnson Indonesia turut mendukung dan memprakarsai kampanye 'Gerakan Waspada Cacingan' yang diresmikan oleh Ibu Negara Indonesia, Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla pada November 2015 lalu.

Sebagai rangkaian kegiatan gerakan sosial #JamMainKita, pada Hari Minggu tanggal 25 Maret 2018 mendatang, Combantrin akan menggelar tempat bermain permainan tradisional saat Car Free Day bertempat di Area Silang Timur Monumen Nasional (MONAS) Jakarta. Acara ini terbuka untuk umum dan akan dimulai sejak pukul 06.00 WIB di pagi hari.

“Selain itu, kami juga ingin mengundang masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam memberikan suara untuk ikrar (pledge) yang kami selenggarakan demi meyakinkan para orangtua di Indonesia agar tetap mengizinkan anak-anak mereka kembali bermain di luar rumah bersama keluarga dan melakukan tindakan pencegahan dari infeksi cacing,” ujar Rays Mitchelle, Brand Manager Combantrin.   

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…