Ketum Kadin Resmikan Berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 Maret 2018 - 13:33 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Oscar Darmawan saat meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Oscar Darmawan saat meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) merupakan wadah bagi para pelaku industri yang memiliki visi yang sama untuk berinovasi, memajukan dan membentuk ekosistem teknologi blockchain Indonesia yang berkualitas.

"Ini merupakan suatu yang sangat penting untuk memasuki revolusi Industry 4.0. Saya meyakini bahwa blockchain akan menjadi pilar penting dalam industri keempat ini," ujar Rosan.

Menurutnya, revolusi industry 4.0 tidak bisa dipungkiri lagi dan harus dihadapi. Salah satu perubahan penting dalam implementasi industri keempat ini adalah transformasi.

"Melalui blockchain akan bisa memangkas biaya dari berbagai macam sektor industri. Oleh karenanya, blockchain menjadi pilar dasar dalam industry 4.0," terangnya.

Bagi Kadin, lanjutnya, ini adalah suatu hal yang sangat positif. "Kami (Kadin) akan mendorong dan mengawal agar asosiasi ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha dan masyarakat," papar Rosan.

Dikesempatan yang sama, Oscar Darmawan selaku Ketua Umum ABI mengatakan, sebagai mitra pemerintah, ABI bertujuan untuk menghimpun pelaku industri agar menjadi mitra pemerintah yang berkemampuan dalam merumuskan kebijakan yang diperlukan untuk kemajuan ekositem teknologi blockchain.

"Untuk itu, ABI berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang erat dengan seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun non pemerintah," kata Oscar.

Untuk pencapaian tujuannya, ABI akan menjadi anggota Kadin Indonesia yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi dunia usaha di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 22:56 WIB

BNI-PNM Salurkan KUR Melalui Program Mekaar Naik Kelas

Menginjak usia ke-12 tahun kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, kedua BUMN tersebut mengembangkan kerjasamanya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Jumat, 18 Januari 2019 - 20:03 WIB

Menperin Airlangga Dorong Perluasan Kawasan Industri Makassar Hingga 1000 Hektare

Kementerian Perindustrian mendorong perluasan Kawasan Industri Makassar (KIMA) di Sulawesi Selatan hingga 1.000 hektare (Ha).

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:52 WIB

Ini Kata BPJS Kesehatan Soal Biaya Urunan Peserta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peraturan baru, (Permenkes) Nomor 51 Tahun 2018 terkait Pengenaan Urun Biaya BPJS Kesehatan dan Selisih Biaya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu…

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019. Bertempat di diler Indomobil Multi Trada Pondok Indah mulai pukul 08.0016.00 WIB

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:42 WIB

Suzuki Gelar Program 'Suzuki Day' Gratis Servis dan Oli

Untuk memanjakan pelanggan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019.

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand Indomie

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:34 WIB

Indomie Dukung Persija Makin Berprestasi

Juara Liga I Indonesia 2018, Persija mengumumkan kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman ternama di Indonesia, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand…