Ketum Kadin Resmikan Berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 Maret 2018 - 13:33 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Oscar Darmawan saat meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Oscar Darmawan saat meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) merupakan wadah bagi para pelaku industri yang memiliki visi yang sama untuk berinovasi, memajukan dan membentuk ekosistem teknologi blockchain Indonesia yang berkualitas.

"Ini merupakan suatu yang sangat penting untuk memasuki revolusi Industry 4.0. Saya meyakini bahwa blockchain akan menjadi pilar penting dalam industri keempat ini," ujar Rosan.

Menurutnya, revolusi industry 4.0 tidak bisa dipungkiri lagi dan harus dihadapi. Salah satu perubahan penting dalam implementasi industri keempat ini adalah transformasi.

"Melalui blockchain akan bisa memangkas biaya dari berbagai macam sektor industri. Oleh karenanya, blockchain menjadi pilar dasar dalam industry 4.0," terangnya.

Bagi Kadin, lanjutnya, ini adalah suatu hal yang sangat positif. "Kami (Kadin) akan mendorong dan mengawal agar asosiasi ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha dan masyarakat," papar Rosan.

Dikesempatan yang sama, Oscar Darmawan selaku Ketua Umum ABI mengatakan, sebagai mitra pemerintah, ABI bertujuan untuk menghimpun pelaku industri agar menjadi mitra pemerintah yang berkemampuan dalam merumuskan kebijakan yang diperlukan untuk kemajuan ekositem teknologi blockchain.

"Untuk itu, ABI berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang erat dengan seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun non pemerintah," kata Oscar.

Untuk pencapaian tujuannya, ABI akan menjadi anggota Kadin Indonesia yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi dunia usaha di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:34 WIB

Membangunkan Potensi Pangan "Raksasa Tidur" di Selatan Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memetakan persoalan dengan cepat, data baku lahan dan dukungan sarana produksi benih, pupuk khusus…

Foto Doc Kementan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:20 WIB

Pemerintah Respon Aspirasi dan Beri Solusi Peternak Ayam Petelur

INDUSTRY.co.id -

Blitar - Pemerintah merespon aspirasi petani peternak ayam layer (petelur) mandiri yang mengeluhkan perkembangan harga jagung untuk pakan. Direktur…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:44 WIB

Rupiah Hari Ini di Level 15.158-15.132

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.158-15.132. Masih adanya sejumlah sentimen positif, terutama dari dalam negeri cukup membantu…

Kristian Nairn Pemeran 'Hodor' dalam serial permainan HBO, Game of Thrones akan hadir di ICC

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Tokoh Tokoh Ternama Budaya Pop Dunia Siap Ramaikan ICC 2018

ReedPop melalui Reed Panorama Exhibitions kembali hadirkan para tokoh dan ikon budaya populer dunia hanya di Indonesia Comic Con 2018. Acara tahunan ini akan digelar pada tanggal 27 28 Oktober…

Seminar pariwisata

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:58 WIB

Bangun Potensi Tour Leader di Era Digital

INDUSTRY.co.id -

Jakarta--Dalam rangka mencetak tour leader profesional, Lembaga Bahasa (LB) LIA Pramuka menggelar seminar dan workshop pariwisata bertema Membangun…