Ketum Kadin Resmikan Berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 Maret 2018 - 13:33 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Oscar Darmawan saat meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Oscar Darmawan saat meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) merupakan wadah bagi para pelaku industri yang memiliki visi yang sama untuk berinovasi, memajukan dan membentuk ekosistem teknologi blockchain Indonesia yang berkualitas.

"Ini merupakan suatu yang sangat penting untuk memasuki revolusi Industry 4.0. Saya meyakini bahwa blockchain akan menjadi pilar penting dalam industri keempat ini," ujar Rosan.

Menurutnya, revolusi industry 4.0 tidak bisa dipungkiri lagi dan harus dihadapi. Salah satu perubahan penting dalam implementasi industri keempat ini adalah transformasi.

"Melalui blockchain akan bisa memangkas biaya dari berbagai macam sektor industri. Oleh karenanya, blockchain menjadi pilar dasar dalam industry 4.0," terangnya.

Bagi Kadin, lanjutnya, ini adalah suatu hal yang sangat positif. "Kami (Kadin) akan mendorong dan mengawal agar asosiasi ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha dan masyarakat," papar Rosan.

Dikesempatan yang sama, Oscar Darmawan selaku Ketua Umum ABI mengatakan, sebagai mitra pemerintah, ABI bertujuan untuk menghimpun pelaku industri agar menjadi mitra pemerintah yang berkemampuan dalam merumuskan kebijakan yang diperlukan untuk kemajuan ekositem teknologi blockchain.

"Untuk itu, ABI berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang erat dengan seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun non pemerintah," kata Oscar.

Untuk pencapaian tujuannya, ABI akan menjadi anggota Kadin Indonesia yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi dunia usaha di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).