Ketum Kadin Resmikan Berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 Maret 2018 - 13:33 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Oscar Darmawan saat meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani bersama Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia Oscar Darmawan saat meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani meresmikan berdirinya Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Asosiasi Blockchain Indonesia (ABI) merupakan wadah bagi para pelaku industri yang memiliki visi yang sama untuk berinovasi, memajukan dan membentuk ekosistem teknologi blockchain Indonesia yang berkualitas.

"Ini merupakan suatu yang sangat penting untuk memasuki revolusi Industry 4.0. Saya meyakini bahwa blockchain akan menjadi pilar penting dalam industri keempat ini," ujar Rosan.

Menurutnya, revolusi industry 4.0 tidak bisa dipungkiri lagi dan harus dihadapi. Salah satu perubahan penting dalam implementasi industri keempat ini adalah transformasi.

"Melalui blockchain akan bisa memangkas biaya dari berbagai macam sektor industri. Oleh karenanya, blockchain menjadi pilar dasar dalam industry 4.0," terangnya.

Bagi Kadin, lanjutnya, ini adalah suatu hal yang sangat positif. "Kami (Kadin) akan mendorong dan mengawal agar asosiasi ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha dan masyarakat," papar Rosan.

Dikesempatan yang sama, Oscar Darmawan selaku Ketua Umum ABI mengatakan, sebagai mitra pemerintah, ABI bertujuan untuk menghimpun pelaku industri agar menjadi mitra pemerintah yang berkemampuan dalam merumuskan kebijakan yang diperlukan untuk kemajuan ekositem teknologi blockchain.

"Untuk itu, ABI berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang erat dengan seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun non pemerintah," kata Oscar.

Untuk pencapaian tujuannya, ABI akan menjadi anggota Kadin Indonesia yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi dunia usaha di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Usamah Hisyam dan pengurus PA 212

Rabu, 25 April 2018 - 19:27 WIB

PA 212 Minta Istana Seret Pembocor Pertemuan Rahasia Dengan Jokowi

Jakarta-Sehubungan dengan beredarnya foto dan kabar pertemuan Tim 11 Ulama Alumni 212 dengan Presiden Jokowi pada hari Ahad (22/4) maka Persaudaraan Alumni (PA) 212 perlu memberikan keterangan…

EXO-CBX membintangi iklan mobil Hyundai UV KONA Electric. (Source: Soompi)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Gara-Gara EXO-CBX, Hyundai Hentikan Pre-Order Mobil Terbaru

Perusahaan mobil Korea Selatan terkenal, Hyundai baru-baru ini menghentikan pre-order mobil Hyundai bertipe UV KONA Electric, dikarenakan mobil tersebut mendadak sangat populer dikalangan publik.

OJK

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

OJK Ungkap Kasus Penyelewengan BPR KAS Bali

Otoritas Jasa Keuangan mengungkap kasus tindak pidana perbankan yang dilakukan Direktur Utama BPR KS Bali Agung Sedana berinisial NS terkait pemberian kredit kepada 54 debitur dengan nilai Rp24,225…

Lampu Hias Jelang Hari Jadi Kota Surabaya (Foto: enciety.co)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Jelang Hari Jadi Kota Surabaya, Ratusan dan Lampion Hiasi Jalan di Kota

Menjelang Hari Jadi Kota Surabaya (HKJS) yang ke-725 pada bulan Mei mendatang, ratusan lampu hias dan lampion dengan berbagai macam bentuk serta warna mulai menghiasi kawasan tengah Kota Surabaya…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Banun Harpini saat melepas ekspor perdana pisang Mas Tanggamus ke Cina

Rabu, 25 April 2018 - 18:54 WIB

Ekspor Produk Pertanian Asal Lampung Terus Meningkat

Lampung- Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Banun Harpini menyebutkan layanan karantina untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk pertanian…