Nongsa Park Batam Menuju KIK Industri Digital

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Maret 2018 - 13:04 WIB

Ilustrasi Kawasan Industri (Foto Ist)
Ilustrasi Kawasan Industri (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Batam- Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan berharap keberadaan kawasan digital Nongsa Digital Park (NDP) yang terletak di Batam, Kepulauan Riau, bisa membuka lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Menyadari bahwa masa depan akan sangat berubah karena revolusi digital, persoalan lapangan kerja menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi.

"Saya melihat NDP bisa menghasilkan lapangan kerja dan memberi peluang bagi banyak orang. Karena itu dibutuhkan pendidikan untuk meningkatkan keterampilan setiap individu di bidang digital," ujar Vivian saat menghadiri peresmian NDP di Batam, Kepri, Selasa (20/3/2018)

Menduduki peringkat pertama sebagai negara investor di Batam dengan nilai investasi mencapai 1,2 miliar dolar AS, Singapura yang juga unggul dalam sektor teknologi digital telah sepakat membantu menyediakan pelatihan keterampilan ekonomi digital bagi warga Indonesia.

NDP saat ini menjadi tuan rumah untuk program pendidikan tahap pertama yang diikuti oleh 65 dosen dari beberapa universitas dan politeknik di seluruh Indonesia.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga minggu itu merupakan wujud dukungan dari Temasek Foundation International, Politeknik Negeri Singapura (SP), Politeknik Batam, serta Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Vivian menilai pengembangan NDP memperkuat posisi Batam sebagai jembatan digital bagi Indonesia dan Singapura, melalui industri digital dan pengembangan inkubator start-up.

"NDP juga akan membantu pemerintah Indonesia mencapai target menciptakan 1.000 start-up dengan nilai bisnis mencapai 10 miliar dolar AS pada 2020," tutur dia.

Dari tiga blok yang telah dibangun di NDP, dua gedung telah terisi dengan perusahaan-perusahaan asing dan lokal yang bisnisnya bergerak di bidang digital, salah satunya studio film Infinite Studios.

Menurut pemilik Infinite Studios yang merupakan putra dari pendiri Citramas Group, Mike Wiluan, total tenaga kerja yang terserap dari fase pertama pembangunan NDP ini sekitar 1.500 orang.

Total sembilan gedung perkantoran di NDP ditargetkan mampu menarik investasi potensial di atas 500 juta dolar AS. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.