Disuntik US$ 300 Juta, Meikarta Siap Bertransformasi Jadi Pusat Pendidikan dan Riset

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 21 Maret 2018 - 08:20 WIB

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)
Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Sembilan perusahaan global di bidang logistik dan fintech berencana menanamkan investasi senilai US$ 300 juta atau sekitar Rp 4 triliun di Meikarta.

Perusahaan-perusahaan itu adalah USA Dunham Bush Refrigeration Equipment Inc, Union Space, Rework, Shanghai Infin Technology, Eshang Rosewood ESR Logistics, Nagase Indonesia, Micro Focus, ACSC & CFLP International Logistics, dan Seafirst Technologies. 

Hal tersebut diutarakan CEO Lippo Group James Riady dalam acara “Global Signing Conference With 30 Universities and Top 500 Enterpresides In The World di Hotel Aryaduta Tugu Tani, Selasa (20/3/2018).  Ia mengatakan dengan adanya kerja sama ini merupakan bukti respon publik dunia atas kehadiran Meikarta. Untuk dimasa depan, selain sebagai kawasan hunian, Meikarta juga akan menjadi pusat pendidikan dan riset.

Kolaborasi tersebut untuk mewujudkan kawasan sains dan teknologi ini, dia mengaku, Meikarta diharapkan dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM). Sehingga, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

Meikarta yang merupakan perwujudan atas komitmen Lippo Grup terus berupaya untuk mengembangkan lima pilar pembangunan, yakni, Innovative Infrastructure & Transportation, High Tech‎ CBD & Research Hub, Business & Commercial Hub, Green Suistainable Living dan Center for the Arts, Culture & Education.

"Rencana kami bangun tersebut mendapat respons yang sangat positif dari berbagai institusi global yang bergerak di pendidikan, Medical & Health Care, Science & Innovation, Finance Technology dan Logistis," papar dia.

Sembilan perusahaan itu terdiri dari USA Dunham Bush Refrigeration Equipment Inc, Union Space, Rework, Shanghai Infin Technology, Eshang Rosewoord ESR Logistic, Nagase Indonesia, Micro Focus, ACSC & CFLP International Logistic, dan Seafirst Technologies.

Meikarta, lanjut James, akan terus berupaya melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, dalam upaya menjadikan Meikarta sebagai kota baru yang memiliki fasilitas lengkap untuk kebutuhan penghuninya, serta menjadikan Meikarta menjadi sebuah kota yang modern.

"Untuk pelaksanaan kerja sama dengan institusi ini, maka akan menggunakan lahan seluas 273 ribu meter per segi di kawasan Meikarta, agar bisa dikembangkan menjadi pusat pendidikan, riset, kesehatan, logistik dan lain-lain," papar James.

Lanjut putra mahkota Mochtar Riady ini ‎menambahkan, Meikarta akan terus bekerjasama dengan berbagai pihak, dalam menjadikan Meikarta sebagai kota baru yang memiliki fasilitas lengkap untuk kebutuhan penggunaannya. "Dan juga menjadikan Meikarta sebagai kota modern," pungkas James.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…