Mata Napi Ditutup Saat Masuk ke Lapas Khusus Narkoba Nusakambangan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Maret 2018 - 07:32 WIB

Irjen Pol Heru Winarko Kepala BNN (Foto Dok Industry.co.id)
Irjen Pol Heru Winarko Kepala BNN (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Polisi Heru Winarko mengatakan pihaknya bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tengah mempersiapkan area khusus narapidana narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan.

"Nanti saat dibawa masuk, napi akan ditutup matanya. Tidak ada alat komunikasi dan fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan untuk beroperasi," kata Heru dalam Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Selasa (20/3/2018)

Heru mengatakan area khusus narapidana narkoba di lembaga pemasyarakatan untuk mencegah mereka tetap bisa menjalankan peredaran narkoba meskipun berada di dalam penjara.

Selain menyiapkan area khusus, BNN juga akan melakukan rehabilitasi kepada para narapidana narkoba. Heru mengatakan sudah bertemu dengan lembaga yang bertanggung jawab mengelola lembaga pemasyarakatan untuk membicarakan hal itu.

"BNN tidak hanya pemberantasan, tetapi juga pencegahan dan pemberdayaan. Di lapas pun kami akan ke sana. Selain memberantas, kita juga akan memperbaiki akar masalahnya dengan melakukan rehabilitasi terhadap napi narkoba," tuturnya.

Sepanjang 2017, BNN telah mengungkap 46.537 kasus narkoba dan menangkap 58.365 tersangka kasus narkoba dan 34 tersangka tindak pidana pencucian uang yang bersumber dari kasus narkoba.

Dari seluruh kasus itu, barang bukti yang berhasil didapatkan BNN, Polri dan Ditjen Bea Cukai adalah 4,71 ton sabu-sabu, 151,22 ton ganja dan 2.940.748 butir ekstasi.

Forum Merdeka Barat 9 yang diadakan Selasa bertema "Pemerintah Serius Tangani Narkoba". Selain Heru, pembicara lainnya adalah Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi dan anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:34 WIB

Membangunkan Potensi Pangan "Raksasa Tidur" di Selatan Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memetakan persoalan dengan cepat, data baku lahan dan dukungan sarana produksi benih, pupuk khusus…

Foto Doc Kementan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:20 WIB

Pemerintah Respon Aspirasi dan Beri Solusi Peternak Ayam Petelur

INDUSTRY.co.id -

Blitar - Pemerintah merespon aspirasi petani peternak ayam layer (petelur) mandiri yang mengeluhkan perkembangan harga jagung untuk pakan. Direktur…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:44 WIB

Rupiah Hari Ini di Level 15.158-15.132

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 15.158-15.132. Masih adanya sejumlah sentimen positif, terutama dari dalam negeri cukup membantu…

Kristian Nairn Pemeran 'Hodor' dalam serial permainan HBO, Game of Thrones akan hadir di ICC

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Tokoh Tokoh Ternama Budaya Pop Dunia Siap Ramaikan ICC 2018

ReedPop melalui Reed Panorama Exhibitions kembali hadirkan para tokoh dan ikon budaya populer dunia hanya di Indonesia Comic Con 2018. Acara tahunan ini akan digelar pada tanggal 27 28 Oktober…

Seminar pariwisata

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:58 WIB

Bangun Potensi Tour Leader di Era Digital

INDUSTRY.co.id -

Jakarta--Dalam rangka mencetak tour leader profesional, Lembaga Bahasa (LB) LIA Pramuka menggelar seminar dan workshop pariwisata bertema Membangun…