Investor Jerman Tertarik Bangun Pabrik Petrokimia di Bintuni-Papua Barat

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 Maret 2018 - 14:32 WIB

Dirjen IKTA Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono (Foto Ridwan)
Dirjen IKTA Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Investor Jerman menyatakan berminat membangun pabrik petrokimia di Bintuni, Papua Barat, dalam upaya mendukung peningkatkan struktur industri nasional yang terus berkembang.

"Pemerintah Indonesia sangat mendukung keinginan Jerman membangun pabrik petrokimia itu sekaligus untuk melaksanakan instruksi Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke negara itu, sekaligus untuk pemerataan pembangunan di Indonesia," kata Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kemenperin Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono kepada pers di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Hal tersebut disampaikan usai melakukan presentasi penyelenggaraan pameran dagang internasional Achema 2018 tanggal 11-15 Juni 2018 di Frankfurt, Jerman. Pameran yang berlangsung setiap tiga tahun sekali itu merupakan pameran terbesar untuk industri proses yang diikuti perusahaan lebih dari 100 negara.

Achmad mengatakan, dipilihnya pembangunan pabrik tersebut di Bintuni antara lain faktor kawasan itu memiliki cadangan gas yang melimpah yang dikelola oleh British Petroleum (BP).

Bagi Indonesia, keberadaan pabrik petrokimia tersebut sangat penting mengingat sektor petrokimia memiliki peran penting di sektor industri dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional.

Rencananya, proyek petrokimia di Teluk Bintuni ini bisa menghasilkan produk metanol sebesar 1,8 juta ton yang kemudian diturunkan menjadi polyethylene dan polyprophylane sekitar 400 ribu ton.

Menurut Achmad, bukan hanya berkeinginan membangun pabrik, Pemerintah Jerman selama ini juga telah membantu sejumlah pendidikan sekolah kejuruan kimia di Indonesia dalam upaya meningkatkan keahlian murid-muridnya.

"Bentuk bantuan yang diberikan adalah lebih banyak teori dibanding praktik sehingga siswa bisa memiliki keterampilan yang baik," ujarnya.

Mengenai pameran Achema 2018, dia mengatakan pameran tersebut sangat penting bagi pengusaha Indonesia dalam upaya mencari referensi perkembangan industri proses di dunia yang kian berkembang.

"Saya menilai pameran itu sebagai ajang penting bagi pengusaha nasional untuk mencari informasi terkini berbagai sektor industri seperti kimia, farmasi, tekstil dan pakaian jadi," ucapnya.

Ceo Dechema Ausstellungs GmbH Thomas Scheuring, mengatakan Indonesia sebagai negara berkembang dan memiliki sumber alam yang melimpah sangat berpeluang menjadi negara yang maju industrinya.

Pameran itu, katanya, dalam setiap penyelenggaraan selalu diikuti perusahaan dan pengunjung potensial selain sebagai ajang tukar pikiran serta informasi industri terkini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…