Program Bogagawe, Jadi Jurus Jitu Kang Hasan Kurangi Pengangguran di Jabar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 20 Maret 2018 - 12:59 WIB

Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)
Cagub Jabar Kang Hasan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bekasi- Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang memiliki angka pengangguran tertinggi di Indonesia yang mencapai 8,8 persen. Hal tersebut menjadi perhatian Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau yang dikenal dengan Kang Hasan, dengan menggulirkan program Bogagawe bersama pasangannya Anton Charliyan (Kang Anton).

Kang Hasan menjelaskan, salah satu langkah untuk merealisasikan program Bogagawe, bukan hanya dengan menyediakan lapangan pekerjaan, tetapi juga menumbuhkan ekonomi kerakyatan seperti petani, pengrajin atau UMKM.

"melalui program Bogagawe, saya ingin menumbuhkan ekonomi kerakyatan, seperti budidaya, kerajinan dan industri kreatif lainnya," ungkapnya saat menyambangi tempat budidaya ikan lele di Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Minggu (18/3/2018).

Kang Hasan memaparkan, program Bogagawe nantinya akan membantu para pegiat ekonomi kreatif mulai dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melakukan pelatihan keterampilan, permodalan hingga pemasaran.

"Bogagawe ini bukan hanya menyediakan lapangan kerja seperti industri, tapi juga kita latih untuk menciptakan lapangan kerja, dengan skillnya. sehingga bisa mewujudkan kemandirian ekonomi," ujar Kang Hasan.

Terkait permodalan, lanjut Kang Hasan, merupakan salah satu kendala masyarakat dalam memulai suatu usaha. Maka dari itu, ketika ia terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat, dirinya akan bekerjasama dengan Bank Daerah Jawa Barat hingga koperasi untuk bisa memberikan pinjaman modal dengan syarat yang mudah.

"Ini (Budidaya ikan) salah satu contoh, ekonomi kerakyatan yang bisa menyediakan lapangan pekerjaan. Saya yakin hanya orang yang ulet dan berjiwa juang yang bisa mengembangkan budidaya ikan seperti ini," terangnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Trita Merta Mandiri, Toni mengatakan, budidaya ikan lele tersebut sudah berjalan selama 15 tahun. Ia menyampaikan salah satu kendalanya adalah wilayah pemasaran yang masih terbatas, sehingga Tono berharao dengan terpilihnya Kang Hasan sebagai Gubernur Jawa Barat, budidaya tersebut akan semakin berkembang.

"ini pertama kalinya ada Cagub yang mau menengok tempat kami, dan kami doakan semoga bapak terpilih (Jadi Gubernur), dan tujuan bapak mengembangkan ekonomi kerakyatan di Jawa Barat bisa terwujud," pungkasnya.

Masih ditempat yang sama, Kang Hasan melanjutkan safari politiknya ke Gedung Juang 45 yang merupakan Cagar Budaya di daerah tersebut, dan bertemu denga para veteran disana. Kang Hasan juga sempat beekunjung ke 

Sanggar Seni Budaya Gentra Mimitran Group di Desa Jatireja, Cikarang Timur. selain itu, Kang Hasan juga disambut oleh masyarakat di Taman Bacaan Masyarakat Cahaya, Desa Hegarmukti, Cikarang Pusat.

Terakhir, Kang Hasan juga turut menyapa warga Komunitas Jawa dan Ibu-ibu Majelis Taklim serta berbagai paguyuban yang mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan Hasanah di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…