Perum BULOG Butuhkan Data Akurasi Yang Tinggi Untuk Monitoring dan Evaluasi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 Maret 2018 - 12:51 WIB

Kerjasama anatara Bulog dan BPS (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Kerjasama anatara Bulog dan BPS (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Independesi data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sangat diperlukan bagi pengambil keputusan kebijakan di pemerintahan dalam melakukan analisa perencanaan dan pelaksanaan di lapangan. 

Hal inilah yang kemudian mejadi pertimbangan Bagi Perum BULOG untuk menggandeng BPS dalam Penyediaan, Pemanfaatan serta Pengembangan Data dan Informasi Statistik di Bidang Pangan yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Sesuai dengan Peraturan Presiden No.48 tahun 2016, Perum BULOG ditugaskan untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilisasi harga pangan baik ditingkat konsumen maupun produsen dalam rangka mewujudkan ketahanan pamgan nasional.

"Ini tantangan sekaligus kesempatan untuk kami meningkatkan kapabilitas bulog saat memperoleh mandat untuk membantu pemeritah dalam menjaga persediaan dan harga pangan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional. Mandat itu sesuai penugasan melalui perpres 48 2016 yang perluas lingkup penugasan," kata Direktur Utama Perum BULOG, Djarot Kusumayakti.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaanya Perum BULOG tak hanya mengelola beras, tetapi juga ada delapan bahan pangan pokok yang menjadi opsional yang ditugaskan.

"Kami tidak hanya kelola beras tapi juga jagung dan kedelai. Ada delapan pangan pokok lain yang juga menjadi opsional yang ditugaskan seperti gula, minyak goreng, tepung, bawang merah, cabe, daging sapi, ayam ras dan telur," ungkapnya.

Dengan lingkup yang makin luas, tambah Djarot, pihaknya merasa perlu membuat rancangan setiap kegiatan secara utuh dan komprehensif dari hulu ke hilir. "Meskipun perlu, kalau terkait dari sisi operasional, penugasan itu tetap dijalankan oleh Bulog selaku BUMN," kata Djarot.

Dia menyampaikan, pihaknya membutuhkan data akurasi yang tinggi untuk pelaksanaan monitoring serta evaluasi. "Kami rasa BPS adalah yang paling tepat untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi. Oleh karena itu dari proses perencanaan kami sangat butuhkan dukungan berupa data yang akurat dan independen," tambahnya.

Menurutnya, selama ini Perum BULOG selalu menjadi masalah akibat dari data yang dimiliki tidak cukup terjaga tingkat independensinya.

"Selama ini kami selalu jadi masalah karena data yang kami miliki tingkat independennya tidak cukup terjaga. Independensi bps tetap terjaga sehingga datanya dapat digunakan oleh penagmbil keputusan, kebijkan dan perum bulog selaku perusahaan," ungkap Djarot.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dar Edi Yoga

Rabu, 17 April 2024 - 06:40 WIB

DK PWI Dinilai Tidak Tegas, Harus Ada Proses Hukum dan Mosi Tidak Percaya

Kasus dugaan penyelewengan dana bantuan BUMN untuk pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, mulai menemui titik terang.

Ilustrasi industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT)

Rabu, 17 April 2024 - 06:17 WIB

Buntut Protes Keras BP2MI, Pengusaha Tekstil Desak Aparat Selidiki Permainan Curang Importir

Stakeholder industri tekstil dan produk tekstil (TPT) meminta aparat melakukan penyelidikan secara mendalam terkait protes keras yang dilakukan oleh Kepala BP2MI terhadap pemberlakuan Permendag…

APEC

Rabu, 17 April 2024 - 05:31 WIB

Bicara di Forum APEC, ID FOOD Sampaikan Inisiatif Strategis Peningkatan Akses Petani dan UMKM Perempuan di Sektor Pangan

Jakarta – Perempuan semakin memegang peranan penting dalam ekosistem pertanian dan pangan. Hal tersebut dilihat dari tumbuhnya kontribusi perempuan di tahapan rantai pasok industri pangan…

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Rabu, 17 April 2024 - 05:15 WIB

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kekompakan dalam mempererat hubungan antar Pejabat Utama Mako Kormar, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.…

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 05:09 WIB

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti sekaligus menyerahkan…