Industri Mamin Indonesia Merambah Hingga Slowakia-Jerman

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 20 Maret 2018 - 12:03 WIB

Produk Mamin (ist)
Produk Mamin (ist)

INDUSTRY.co.id - London- Berbagai produk industri (mamin( makanan dan minuman Indonesia merambah Slowakia dengan adanya pertemuan antara distributor dan importir produk Indonesia di Eropa seperti NIVO BV dan InterAromat B.V dari Belanda, Indofood di Jerman, Mayora di Polandia dan Olagafood di Ceko.

Dubes RI untuk Republik Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady di London, Senin (19/3/2018)  menjelaskan, pertemuan mereka difasilitasi KBRI di Bratislava, Slowakia, bekerja sama dengan Atase Perdagangan KBRI di Den Haag untuk meningkatkan nilai perdagangan Indonesia di Slowakia.

Adiyatwidi mengaku, tujuan utama program ini adalah memperluas pasar produk makanan dan minuman Indonesia yang sempat berjaya di Slowakia sampai beberapa tahun silam.

Dikatakan misinya adalah untuk meningkatkan nilai perdagangan bilateral yang masih jauh dari potensi sesungguhnya, salah satunya melalui peningkatan keberadaan produk makanan dan minuman Indonesia di Slowakia.

Atase Perdagangan RI di Den Haag, Belanda, Dewi Rochayati, mengatakan kehadiran distributor dan representatif yang ada di Eropa memudahkan penyaluran produk-produk Indonesia ke Slowakia.

Pensosbud KBRI Bratislava, Lely Meiliani mengatakan dalam pertemuan itu juga digelar "one-on-one meeting" dengan pengusaha di Bratislava seperti Kon-Rad dan Yeme, dua distributor terbesar di Slowakia.

Distributor utama Slowakia Kon-Rad dan Yeme menyampaikan kepuasan atas prakarsa kegiatan dan segera melakukan pemesanan saus sambal, kecap manis dan makanan minuman organik. Toko Asia yang ada di Bratislava telah melakukan pemesanan, terutama mie instan dan bumbu masak.

Kon-Rad, yang berdiri sejak tahun 1990, memiliki lebih dari 7.000 jenis produk dan 2.000 pelanggan, melayani logistik industri gastronomi, restoran, kedai kopi dan teh yang ada di seluruh Slowakia dan ekspor.

Sedangkan Yeme, pemain utama distribusi bahan makanan dan minuman berkualitas tinggi/premium di Slowakia. Toko-toko tersebut telah puluhan tahun melayani kebutuhan produk makanan dan minuman Asia yang menjual produk dari Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Timur Tengah.

Berdasarkan riset Nielsen atas ekonomi Slowakia pada 2017, tingkat konsumsi masyarakat Slowakia naik sebesar 6,3 persen, jauh lebih tinggi daripada Hungaria (5,9%), Ceko (4,8%), Polandia (4,3%).

Pada 2016, tingkat konsumsi Slowakia juga yang tertinggi di Eropa (3,4%) dengan rata-rata hanya tumbuh 0,4 persen. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…