Industri Mamin Indonesia Merambah Hingga Slowakia-Jerman

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 20 Maret 2018 - 12:03 WIB

Produk Mamin (ist)
Produk Mamin (ist)

INDUSTRY.co.id - London- Berbagai produk industri (mamin( makanan dan minuman Indonesia merambah Slowakia dengan adanya pertemuan antara distributor dan importir produk Indonesia di Eropa seperti NIVO BV dan InterAromat B.V dari Belanda, Indofood di Jerman, Mayora di Polandia dan Olagafood di Ceko.

Dubes RI untuk Republik Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso Asmady di London, Senin (19/3/2018)  menjelaskan, pertemuan mereka difasilitasi KBRI di Bratislava, Slowakia, bekerja sama dengan Atase Perdagangan KBRI di Den Haag untuk meningkatkan nilai perdagangan Indonesia di Slowakia.

Adiyatwidi mengaku, tujuan utama program ini adalah memperluas pasar produk makanan dan minuman Indonesia yang sempat berjaya di Slowakia sampai beberapa tahun silam.

Dikatakan misinya adalah untuk meningkatkan nilai perdagangan bilateral yang masih jauh dari potensi sesungguhnya, salah satunya melalui peningkatan keberadaan produk makanan dan minuman Indonesia di Slowakia.

Atase Perdagangan RI di Den Haag, Belanda, Dewi Rochayati, mengatakan kehadiran distributor dan representatif yang ada di Eropa memudahkan penyaluran produk-produk Indonesia ke Slowakia.

Pensosbud KBRI Bratislava, Lely Meiliani mengatakan dalam pertemuan itu juga digelar "one-on-one meeting" dengan pengusaha di Bratislava seperti Kon-Rad dan Yeme, dua distributor terbesar di Slowakia.

Distributor utama Slowakia Kon-Rad dan Yeme menyampaikan kepuasan atas prakarsa kegiatan dan segera melakukan pemesanan saus sambal, kecap manis dan makanan minuman organik. Toko Asia yang ada di Bratislava telah melakukan pemesanan, terutama mie instan dan bumbu masak.

Kon-Rad, yang berdiri sejak tahun 1990, memiliki lebih dari 7.000 jenis produk dan 2.000 pelanggan, melayani logistik industri gastronomi, restoran, kedai kopi dan teh yang ada di seluruh Slowakia dan ekspor.

Sedangkan Yeme, pemain utama distribusi bahan makanan dan minuman berkualitas tinggi/premium di Slowakia. Toko-toko tersebut telah puluhan tahun melayani kebutuhan produk makanan dan minuman Asia yang menjual produk dari Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Timur Tengah.

Berdasarkan riset Nielsen atas ekonomi Slowakia pada 2017, tingkat konsumsi masyarakat Slowakia naik sebesar 6,3 persen, jauh lebih tinggi daripada Hungaria (5,9%), Ceko (4,8%), Polandia (4,3%).

Pada 2016, tingkat konsumsi Slowakia juga yang tertinggi di Eropa (3,4%) dengan rata-rata hanya tumbuh 0,4 persen. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan dan teknologi iradiator

Sabtu, 22 September 2018 - 17:46 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Iradiator Gamma Untuk Dorong Ekspor Buah Segar

INDUSTRY.co.id -

Tangerang Selatan - Indonesia sebagai negara tropis mempunyai varian buah cukup tinggi. Setiap daerah di tanah air memiliki produk unggulan dan sudah…

Indonesia Properti Expo 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 17:15 WIB

Resmi Dibuka, BTN Tawarkan KPR Zero di Ajang IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018. Dalam event tersebut, BTN memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tingkat bunga flat 6,5% selama…

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…