Menristekdikti Sambut Positif Program Student Loan

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 19 Maret 2018 - 16:54 WIB

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mendukung hadirnya Sekolah Tinggi Ilmu Kewirausahaan Selamat Pagi Indonesia,yang notabene memiliki program studi ilmu kewirausahaan. (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mendukung hadirnya Sekolah Tinggi Ilmu Kewirausahaan Selamat Pagi Indonesia,yang notabene memiliki program studi ilmu kewirausahaan. (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir menyampaikan apresiasi terhadap wacana Pemerintahan Jokowi-JK yang bakal merealisasikan kembali program kredit pendidikan atau student loan.

"Permintaan (Presiden Jokowi) tentang student loan bagi saya adalah sangat positif, menurut saya apa yang disampaikan oleh bapak presiden perlu diapresiasi," kata Nasir saat ditemui di gedung Kemenristekdikti di Jakarta, Senin(19/3).

Ia mengungkapkan bahwa dirinya pun dulu merupakan salah satu mahasiswa penerima program kredit pendidikan yang saat itu lebih dikenal dengan istilah Kredit Mahasiswa Indonesia (KMI).

"Itu dulu Kredit mahasiswa Indonesia, KMI namanya itu (dirinya saat mengikuti program itu) tahun 86 kalau ngga salah," imbuhnya.

Kendati sedikit berbeda dengan student loan di Amerika, dimana para mahasiswa bisa mengajukan kredit pendidikan sedari awal masuk kuliah, namun ia mengakui adanya program tersebut sangat membantu mahasiswa, meski hanya dikhususkan untuk mahasiswa tingkat akhir yang kesulitan dalam memenuhi biaya tugas akhirnya.

Meski saat ini ia belum bisa menjelaskan secara rinci bagaimana teknik operasional program tersebut nantinya direalisasikan, namun ia optimistis langkah tersebut dapat membuka peluang baru bagi pelajar di Indonesia.

"Belum membahas secara khusus. Masih ditugaskan menko perekonomian. Kami akan mendorong itu segera terwujud lah, kalau itu terwujud bagus sekali," kata Nasir.

Ia juga berpendapat harusnya program tersebut tak lagi ada hambatan. Mengingat, saat ini pencarian database sudah semakin mudah untuk dilakukan dimana semua data penduduk terutama mahasiswa Indonesia sudah tersimpan secara digital.

"Saya rasa tahun ini tak ada hambatan. Menurut saya lho, karena kita sekarang kita mencari database mudah," pungkasnya kemudian.

Sebelumnya, dalam rapat kerja bersama direksi perbankan Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/3), presiden Jokowi memunculkan ide terkait kredit pendidikan pelajar perguruan tinggi di Indonesia agar dapat dilaksanakan kembali.

Melalui program tersebut, nantinya para pelajar bisa mencicil biaya perkuliahannya ketika sudah diterima di dunia kerja. Di mana diharapkan program semacam itu bisa sangat membantu pelajar yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…