Menteri Budi Klaim Kepadatan Lalu Lintas Menurun Hingga 36 Persen di Tol Jakarta-Cikampek

Oleh : Hariyanto | Senin, 19 Maret 2018 - 12:15 WIB

Tol Jakarta - Cikampek (twitter.com/tmcpoldametro)
Tol Jakarta - Cikampek (twitter.com/tmcpoldametro)

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, sepekan sejak diberlakukanya Tiga Paket Kebijakan Penanganan Kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, kepadatan lalu lintas diruas tol tersebut menurun hingga 36%.

“Dicatat di sini pada jam-jam tersebut lalu lintas turun 36%. Suatu jumlah yang sangat menggembirakan, dan dengan (penurunan) 36% itu membuat kecepatan kendaraan itu naik 22%. Jadi ini korelasi yang langsung, menurun dan lebih cepat,” kata Menteri Budi di Bekasi, Minggu (18/3/2018).

Selain penurunan prosentase kepadatan lalu lintas kendaraan pribadi di jalan tol implementasi 3 kebijakan ini juga menurunkan jumlah kendaraan truk yang beroperasi sehingga membuat lalu lintas pada pagi hari menjadi lebih baik. Budi juga memastikan, saat ini belum diberlakukan sanksi tilang terhadap kendaraan yang melanggar ketentuan ini.

“Jumlahnya menurun dari hari pertama sampai hari Jumat (16/3) menurun berarti mereka (pengguna kendaraan pribadi) sudah tahu dan mereka sadar berlalulintas, jumlahnya turun. Juga truk tidak kita paksa karena sifat himbauan sekarang sudah 61% menurun jadi jumlahnya cukup banyak turun dari situ,” ungkapnya.

Menteri Budi mengakui, saat ini masih ada upaya yang belum maksimal dari pemberlakuan 3 Paket Kebijakan Penangan Kemacetan di Tol Jakarta - Cikampek yaitu terkait upaya pemindahan masyarakat dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. 

Menhub mencatat tingkat occupancy angkutan umum yang disediakan terkait pemberlakuan paket kebijakan ini masih 30% padahal saat ini total sudah tersedia 48 bus dari PPD, Royal Transjakarta, dan Bluebird.

Untuk mendorong peningkatan occupancy tersebut Menhub memutuskan untuk menurunkan biaya tiket bus dan biaya parkir kendaraan angkutan pribadi.

“Kita memberikan harga baru yang lebih murah kepada para pengguna mobil atau mereka yang pindah ke bus dari 20 ribu rupiah kita jadikan 10 ribu rupiah, kendaraan yang parkir di mall ini atau di tempat lain yang kita sediakan turun dari 10 ribu rupiah menjadi 5 ribu rupiah. Jadi harapannya yang tadinya 30 ribu menjadi 15 ribu, kita ingin occupancy bus ini naik,” jelas Menhub.

Dengan keberhasilan pemberlakuan 3 paket kebijakan ini untuk menurunkan tingkat kepadatan lalu lintas di ruas tol Jakarta - Cikampek, Menhub berencana akan memberlakukan kebijakan ini di ruas tol lain.

“Pola yang kita lalukan sekarang ini selain kita nanti di kota lain kita juga sedang akan memberlakukan di jalan-jalan menuju Jakarta seperti ruas Tol Jagorawi dan Tol Tangerang. Mungkin yang akan diberlakukan berikutnya adalah Tol Jagorawi. Tol Jagorawi kita akan lakukan paling dekat, paling lama 2 minggu (diberlakukan),” ujar Menhub.

Terkait pemberlakuan paket kebijakan yang sama di Tol Tangerang Menhub mengatakan masih perlu waktu untuk implementasi paket kebijakan ini. Untuk itu pihaknya memberikan kesempatan kepada stakeholder dalam hal ini Dewan Transportasi Kota Tangerang untuk menyampaikan pendapat guna mendukung implementasi kebijakan ini.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan pada 12 Maret 2018 telah mengimplementasikan Paket Kebijakan Penanganan Kemacetan di Tol Jakarta – Cikampek. 

Tiga kebijakan yang diimplementasikan yaitu pembatasan operasional angkutan barang golongan III, IV dan V; pemberlakuan system ganjil-genap pada kendaraan pribadi di pintu tol Bekasi arah Jakarta serta pemberlakuan lajur khusus angkutan bus; yang kesemuanya berlaku setiap Senin-Jum’at pukul 06.00 – 09.00 WIB.

Data evaluasi selama sepekan menunjukkan jumlah kendaraan angkutan barang golongan III, IV dan V yang beroperasi di Jalan Tol Jakarta- Cikampek arah Jakarta pada jam 06.00 – 09.00 WIB menunjukkan penurunan sebesar 61 % dari 3036 kendaraan menjadi 1187 kendaraan. Sementara itu arah sebaliknya pada waktu yang sama mengalami penurunan 66 % dari biasanya 4234 kendaraan menjadi 1441 kendaraan.

Dampak dari kondisi akibat implementasi kebijakan tersebut menyebabkan kecepatan rata-rata di Tol Jakarta –Cikampek terutama di segmen Bekasi arah Jakarta setiap Senin-Jum’at pukul 06.00 WIB s/d 09.00 WIB dapat mencapai 60 km/jam. Pantauan pada tanggal 15 Maret 2018 menunjukkan kecepatan kendaraan di segmen tersebut mencapai rata-rata 67 km/jam. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…