Menhub Budi Karya Targetkan Proyek DDT Selesai Tahun 2020

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Maret 2018 - 07:56 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (humas kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (humas kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Bekasi- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi targetkan proyek double-double track (DDT) Manggarai - Bekasi selesai pada tahun 2020. Target ini maju dari target semula selesai pada tahun 2022. Hal ini dikatakan Menhub usai menggelar pertemuan dengan Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri di Balai Pengujian Perkeretaapian, Minggu (18/3/2018) di Bekasi.

Terkait rencana ini Menhub Budi menyebut ada 3 poin utama agar target penyelesaian proyek DDT itu bisa terwujud yaitu optimalisasi anggaran, metode kerja, dan window time atau waktu jeda antara jadwal kereta api terakhir dengan kereta api selanjutnya yang melalui proyek DDT.

Saya minta Dirjen Perkeretaapian melakukan beberapa hal, pertama mengoptimalisasikan anggaran. Anggaran sudah bisa dialokasikan dari tahun 2022 menjadi tahun 2020. Kedua adalah metode kerja juga relatif bisa dilaksanakan, jelas Menhub Budi.

Lebih lanjut dijelaskan Menhub, pihaknya meminta kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero untuk memperpanjang window time untuk pengerjaan proyek DDT.

Window time sekarang dikasih 3 sampai 4 jam oleh PT KAI, saya minta minimal itu 4 jam jadi 5 jam efektifnya 4 jam. Nah kalau window time bisa dikerjakan, metode kerja itu bisa ditingkatkan, uangnya tersedia, maka akan selesai pada tahun 2020, jelas Menhub seperti dilansir laman Kemenhub.

Dengan nantinya proyek DDT Manggarai - Bekasi ini bisa selesai lebih cepat pada tahun 2020, Menbub berharap ini dapat meningkatkan kapasitas perjalanan kereta api khususnya Kereta Commuter Jabodetabek.

Oleh karenanya DDT ini akan kita buat nanti itu kapasitas minimal 1,2 atau 1,4 juta penumpang. Alangkah indahnya kalau tadinya tahun 2022 kita bisa (selesai) menjadi tahun 2020, ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Menhub saat ini Kereta Commuter Jabodetabek mengangkut sebanyak 1,1 juta orang penumpang per hari dari rencana awal hanya untuk 400.000 penumpang per hari.

Terkait target ini Menhub meminta dukungan dari PT KAI dan PT KAI Commuter Jabodetabek agar proyek DDT ini bisa selesai lebih cepat pada tahun 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?