Menhub Budi Minta Sarana-Prasarana KA Harus Dibenahi

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Maret 2018 - 07:48 WIB

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)
Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Jakata- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sarana dan prasarana kereta api harus dibenahi untuk menghindari terjadinya hal tidak diinginkan yang bisa berakibat dengan kerugian penumpang.

"Saya minta kepada Balai pengujian Perkeretaapian untuk selalu meningkatkan pengawasan semua sarana dan prasarana agar kejadian yang menyebabkan terganggunya perjalanan kereta api tak terulang," kata Menhub Budi Karya saat meninjau Balai Pengujian Perkeretaapian di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018)

Hal itu disampaikan menhub kereta layang atau skytrain Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, mogok selama satu jam pada awal Januari 2018. Akibatnya, 30 penumpang langsung dievakuasi melalui jalur "walkway" di jalur kereta layang.

Menurut menhub, sarana dan prasarana yang perlu dibenahi antara lain menyangkut kinerja sumber daya manusia (SDM), pengawasan rel, hingga pemeriksaan gerbong dan lokomotif agar tidak alami kerusakan yang merugikan penumpang.

Kereta api, kata menhub, merupakan alat transportasi massal yang sangat vital saat ini terutama seperti untuk mengangkut penumpang di wilayah Jabodetabek mengingat setiap hari ada jutaan penumpang yang diangkut.

"Jangan sampai ada kejadian kereta mogok, sehingga saya minta kepada Balai Pengujian untuk meningkatkan pengawasan sarana dan prasarana," katanya.

Kementerian Perhubungan, kata Menhub, juga akan menyediakan perlengkapan yang canggih untuk pengujian kereta api sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal.

"Petugas di balai ini juga diuji setiap empat tahun sekali dan masing-masing sudah memiliki kompetensi sendiri," kata menhub.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI

Rabu, 21 November 2018 - 14:56 WIB

BRIRUN 2018 Solo Series Targetkan 10.000 Peserta

INDUSTRY.co.id -

Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali mengadakan event lari berskala nasional untuk kali ketiga. Setelah sukses pada penyelenggaraan…

 PT Pegadaian (Persero)

Rabu, 21 November 2018 - 14:35 WIB

Perkembangan Kinerja Pegadaian Selama Lima Tahun Terakhir Positif

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Harianto Widodo mengatakan, perkembangan kinerja Pegadaian selama 5 tahun belakangan ini selalu menunjukkan hal yang positif.

Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

Rabu, 21 November 2018 - 14:16 WIB

Tumbuh Dengan Produk Inovatif, Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

PT Pegadaian (persero) menerima penghargaan sebagai Winner of The Best Marketing untuk Chief Marketing Officer pada acara BUMN Branding & Marketing Award 2018, yang di selenggarakan oleh Majalah…

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:52 WIB

Sial Intefood Dongkrak Kuliner Nusantara Tembus Pasar Internasional

Pameran Sial Interfood 2018 resmi dibuka hari ini. Pameran kuliner internasional ini diharapkan memperkenalkan dan semakin mempopulerkan kuliner khas Indonesia. Pameran yang berlangsung empat…

PIK Avenue hadirkan program Disneys Ralph Breaks The Internet: Wreck-It-Ralph 2

Rabu, 21 November 2018 - 13:30 WIB

Serunya Rangkaian Christmas Experience di PIK Avenue

Memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru, PIK Avenue kembali menggelar rangkaian acara dan program belanja menarik untuk para pengunjung setianya mulai dari November 2018 hingga Januari 2019.