Menhub Budi Minta Sarana-Prasarana KA Harus Dibenahi

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Maret 2018 - 07:48 WIB

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)
Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Jakata- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sarana dan prasarana kereta api harus dibenahi untuk menghindari terjadinya hal tidak diinginkan yang bisa berakibat dengan kerugian penumpang.

"Saya minta kepada Balai pengujian Perkeretaapian untuk selalu meningkatkan pengawasan semua sarana dan prasarana agar kejadian yang menyebabkan terganggunya perjalanan kereta api tak terulang," kata Menhub Budi Karya saat meninjau Balai Pengujian Perkeretaapian di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018)

Hal itu disampaikan menhub kereta layang atau skytrain Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, mogok selama satu jam pada awal Januari 2018. Akibatnya, 30 penumpang langsung dievakuasi melalui jalur "walkway" di jalur kereta layang.

Menurut menhub, sarana dan prasarana yang perlu dibenahi antara lain menyangkut kinerja sumber daya manusia (SDM), pengawasan rel, hingga pemeriksaan gerbong dan lokomotif agar tidak alami kerusakan yang merugikan penumpang.

Kereta api, kata menhub, merupakan alat transportasi massal yang sangat vital saat ini terutama seperti untuk mengangkut penumpang di wilayah Jabodetabek mengingat setiap hari ada jutaan penumpang yang diangkut.

"Jangan sampai ada kejadian kereta mogok, sehingga saya minta kepada Balai Pengujian untuk meningkatkan pengawasan sarana dan prasarana," katanya.

Kementerian Perhubungan, kata Menhub, juga akan menyediakan perlengkapan yang canggih untuk pengujian kereta api sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal.

"Petugas di balai ini juga diuji setiap empat tahun sekali dan masing-masing sudah memiliki kompetensi sendiri," kata menhub.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

Senin, 20 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan Bandara Ngurah Rai Bali

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisman asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6 persen dari total keseluruhan…

Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok Raih Medali Emas di Ajang Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:25 WIB

Raih Medali Emas, Lindswell Kwok Nikmati Bonus Rp 1,5 Miliar Plus Mobil

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku telah menyiapkan 3 (Tiga) mobil dan uang sebesar Rp 1,5 miliar sebagai bonus peraih medali emas di ajang Asian Games 2018.

Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam (Foto Anto)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:08 WIB

Parmusi Disegani Penguasa Dicintai Ulama

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) berkiprah di Indonesia sudah cukup lama. Era reformasi 1999, Parmusi lahir dari sebelumnya Muslimin…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Balap Sepeda Berkibar, Andini dan Khoiful Kawinkan Emas Downhill

Setelah Taekwondo dan Wushu, kini giliran balap sepeda Indonesia berkibar. Kali ini, pasukan Raja Sapta Oktohari tidak tanggung-tanggung meraup dua medali emas pada hari pertama perlombaan balap…

Menpora Imam Nahrawi menyerahkan secara simbolik bonus Rp 1,5 miliar kepada Defia Rosmaniar (Foto: Dok. Kemenpora)

Senin, 20 Agustus 2018 - 20:40 WIB

Menpora Serahkan Bonus Rp 1,5 Miliar kepada Dara Manis Asal Bogor, Defia Rosmaniar

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi secara simbolik menyerahkan bonus medali emas sebesar Rp 1,5 miliar kepada atlet Taekwondo Defia Rosmaniar.