Menhub Budi Minta Sarana-Prasarana KA Harus Dibenahi

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Maret 2018 - 07:48 WIB

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)
Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Jakata- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sarana dan prasarana kereta api harus dibenahi untuk menghindari terjadinya hal tidak diinginkan yang bisa berakibat dengan kerugian penumpang.

"Saya minta kepada Balai pengujian Perkeretaapian untuk selalu meningkatkan pengawasan semua sarana dan prasarana agar kejadian yang menyebabkan terganggunya perjalanan kereta api tak terulang," kata Menhub Budi Karya saat meninjau Balai Pengujian Perkeretaapian di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018)

Hal itu disampaikan menhub kereta layang atau skytrain Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, mogok selama satu jam pada awal Januari 2018. Akibatnya, 30 penumpang langsung dievakuasi melalui jalur "walkway" di jalur kereta layang.

Menurut menhub, sarana dan prasarana yang perlu dibenahi antara lain menyangkut kinerja sumber daya manusia (SDM), pengawasan rel, hingga pemeriksaan gerbong dan lokomotif agar tidak alami kerusakan yang merugikan penumpang.

Kereta api, kata menhub, merupakan alat transportasi massal yang sangat vital saat ini terutama seperti untuk mengangkut penumpang di wilayah Jabodetabek mengingat setiap hari ada jutaan penumpang yang diangkut.

"Jangan sampai ada kejadian kereta mogok, sehingga saya minta kepada Balai Pengujian untuk meningkatkan pengawasan sarana dan prasarana," katanya.

Kementerian Perhubungan, kata Menhub, juga akan menyediakan perlengkapan yang canggih untuk pengujian kereta api sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal.

"Petugas di balai ini juga diuji setiap empat tahun sekali dan masing-masing sudah memiliki kompetensi sendiri," kata menhub.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.