Menjadi Minoritas Berdaya Cipta

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Maret 2018 - 06:40 WIB

PP PMKRI (Foto Dok Industry.co.id)
PP PMKRI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) telah berhasil melaksanakan proses suksesi kepemimpinan secara demokratis dan damai yang ditandai dengan seremoni serah terima jabatan dan pengukuhan Ketua Presidium PP PMKRI periode 2018-2020, Juventus Prima Yoris Kago dari Ketua PP PMKRI periode 2016-2018, Angelius Wake Kako.

Seremoni pengukuhan yang mengusung tema “Bertolaklah Lebih Dalam” itu diawali dengan misa syukur yang dipimpin oleh Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Yang Mulia Mgr. Ignatius Suharyo, Pr di markas besar PMKRI, Menteng, Jakarta Pusat (16/03/2018).

Dalam homilinya, Mgr. Suharyo mengatakan PMKRI harus membangun gerakan atas semangat dan idealisme perhimpunan yang menjangkarkan dirinya padanya nilai-nilai Kekatolikan. “Idealisme perhimpunan dan nilai-nilai Kekatolikan harus menjadi dasar dari seluruh arah gerak PMKRI ke depan”, ujarnya.

Lebih lanjut, Mgr. Suharyo mengharapkan agar PMKRI mampu meneladani semangat “sisa-sisa Israel” di pembuangan yang, meski mengalami penderitaan dan penyiksaan, tetap setia kepada perintah-perintah Allah dan hidup berdasarkan ajaran-ajaran serta moralitas unggul yang diwarisi oleh leluhur mereka (Kebijaksanaan 2: 1a.12-22).

Menggunakan teori creative minority Arnold Toynbee, Mgr. Suharyo menyebut “sisa-sisa Israel” itu sebagai minoritas berdaya cipta—bukan dalam dikotomi mayoritas versus minoritas—yang mampu mempengaruhi masyarakat banyak dengan standar moralitas ilahi yang mereka gunakan. Mereka adalah sekelompok kecil orang yang tetap berpegang pada nilai dan moralitas leluhurnya di tanah pembuangan.

“Sisa-sisa Israel itu adalah creative minority yang mempertahankan nilai dan moralitas leluhur mereka dan mereka adalah kelompok yang dapat bertahan dari segala penderitaan”, ujarnya. Dalam konteks Indonesia, PMKRI diharapkan mampu menjadi creative minority yang tetap berjalan dalam terang nilai-nilai, idealisme, serta moralitas Katolik di tengah bangsa yang majemuk ini.

Ketua Presidium PP PMKRI periode 2018-2020, Juventus Prima Yoris Kago dalam pidato politiknya, menegaskan posisi PMKRI dalam kancah perpolitikan nasional menghadapi tahun politik 2018-2019.

Menurutnya, sebagai salah satu corong demokrasi, PMKRI merupakan mitra kritis pemerintah yang akan selalu memberikan kritik dan masukan kepada pemerintah dalam rangka mengawal kebijakan pemerintah yang berpihak kepada rakyat. “PMKRI adalah mitra kritis pemerintah yang siap mengawal agenda pemerintah demi kepentingan rakyat sesuai dengan nilai dan idealisme perhimpunan yakni terwujudnya kemanusiaan dan keadilan sosial”, terang Juventus.

Menjadi minoritas berdaya cipta menurut Juventus tidak lain merupakan tetap setia kepada idealisme dan spirit Kekatolikan yang menjadi roh juang perhimpunan sejak berdirinya PMKRI. Artinya, perjuangan dan pergerakan PMKRI tidak terlepas dari semangat Kristus Sang Gembala Gerakan yang hidup dan karya-Nya adalah perwujudan kerajaan Allah di dunia ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…