Pemerintah Siapkan Dana Rp 400 Miliar Pembebasan Lahan Sesi IV Tol Paspro

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 19 Maret 2018 - 06:45 WIB

Proyek ruas tol Pasuruan-Probolinggo (PasPro).
Proyek ruas tol Pasuruan-Probolinggo (PasPro).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran sebesar Rp 400 miliar untuk pembebasan lahan sesi 4 Leces-Gending dalam proyek ruas tol Pasuruan-Probolinggo (PasPro).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Pasuruan - Probolinggo Kementerian PUPR, Agus Winarno mengatakan dana Rp. 400 Miliar tersebut digunakan untuk membebaskan Luas lahan 131 hektar. Luas lahan tersebut akan dilintasi jalur pembangunan tol sesi 4 melintasi 18 desa di 6 kecamatan. Mulai Kecamatan Leces, Tegalsiwalan, Dringu, Banyuanyar, Gending dan Maron. Tahap ini kami sudah menyamakan persepsi pejabat pemerintah daerah baik dari jajaran pemkab, kecamatan, desa dan jajaran kepolisian dan TNI," katanya, Sabtu (17/3/2018).

Agus Winarno menjelaskan, setelah anggaran turun pihaknya akan melakukan pemasangan patok kuning di lokasi lahan yang akan dilintasi pembanguan tol sesi 4 Leces-Gending. "Setelah itu, baru kita akan melakukan konsultasi publik terhadap pemilik lahan tersebut," tegasnya.

Dia mengaku lahan yang akan dilintasi pembangun tol sesi 4 Leces-Gending 99 persen berupa lahan sawah dan 1 pemukiman warga. "Untuk lahan tanah desa berapa luasannya masih belum diketahui. Tunggu dari pendataan lahan," ujarnya.

Dipilihnya mayoritas sawah sebagian jalur pembanguan tol sesi 4 Leces-Gending tersebut, pihaknya mengaku menghindari konflik di masyarakat. "Biar tidak ada kendala seperti sebelum sebelumnya," ungkap Agus Winarno.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…