Kemendikbud Ajak Masyarakat Tonton Film Indonesia

Oleh : Dina Astria | Minggu, 18 Maret 2018 - 10:00 WIB

Ketua umum PARFI 56 Marcella Zalianty dan Wanda Hamidah (Foto AMZ)
Ketua umum PARFI 56 Marcella Zalianty dan Wanda Hamidah (Foto AMZ)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajak masyarakat turut merayakan bulan film nasional sepanjang bulan Maret.

Kepala Pusbangfilm Maman Wijaya mengatakan bahwa peringatan hari film nasional merupakan perwujudan kecintaan masyarakat terhadap film Indonesia.

"Pada tanggal 30 Maret nanti, mari kita ramaikan bioskop untuk menonton film Indonesia yang akan diputar serentak di seluruh bioskop," ujar Maman Wijaya dalam siaran pers, di Jakarta, Minggu (18/3/2018)

Tahun 2017 yang lalu jumlah penonton film Indonesia meningkat cukup signifikan, tercatat lebih dari 40 juta penonton film Indonesia.

Hal tersebut meningkat sekitar 32 persen dari jumlah penonton film Indonesia tahun sebelumnya.

"Gerakan ayo nonton film Indonesia di bioskop merupakan gerakan sederhana yang konkret untuk mendukung perfilman nasional," kata Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) '56 Marcella Zalianty.

Marcella mengungkapkan, saat ini PARFI mendorong tersedia bioskop-bioskop rakyat di daerah-daerah yang memiliki keterbatasan akses informasi.

Dewi Umaya Rachman dari Badan Perfilman Indonesia (BPI) menyampaikan salah satu hal strategis yang dicapai BPI bersama pemerintah, yakni Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Saat ini terdapat 9 SKKNI lingkup perfilman yang siap digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing para sineas Indonesia.

"Literasi perfilman itu penting, dan memang harus datang dari masyarakat," kata Dewi.

Aktor sekaligus produser peraih film terbaik Festival Film Indonesia (FFI) Darius Sinathrya mengungkapkan apresiasinya pada perkembangan perfilman nasional.

Dia berharap perfilman nasional diwarnai dengan film yang semakin beragam.

"Mudah-mudahan ke depan box office itu beragam genrenya. Semoga Pusbangfilm dapat mendorong lahir film-film yang bernuansa pendidikan dan kebudayaan," ujar Darius.

Pusbangfilm bekerja sama dengan berbagai komunitas dan organisasi dalam memeriahkan bulan film nasional dan hari film nasional ke-68.

Kegiatan nonton bareng film Indonesia sepanjang bulan Maret ini diadakan pada 199 titik di seluruh Indonesia, menggunakan bioskop keliling, di sekolah yang dilengkapi dengan laboratorium seni budaya dan film, serta perguruan tinggi.

Selain itu, kegiatan nonton bareng dilakukan pada 17 negara bekerja sama dengan kedutaan-kedutaan besar Indonesia.

"Kita ingin hari film nasional menjadi perayaan seperti hari kemerdekaan," ujar Maman Wijaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Siti Hardiyanti Rukmana

Minggu, 24 Maret 2019 - 16:08 WIB

Mbak Tutut: Libatkan Tuhan dalam Perjalanan Hidupmu

usia 70 tahun yang tengah dijalaninya, bepergian jauh tentu sudah tak lagi terlalu menarik hati Siti Hardiyanti Rukmana.

Pulau Bidadari (Foto Dok PT Pembangunan Jaya)

Minggu, 24 Maret 2019 - 16:00 WIB

Pulau Bidadari Tawarkan Wisata Alam Masih Sangat Alami

Pulau Bidadari merupakan salah satu gugusan pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu yang dikembangkan sebagai kawasan wisata bahari. Merupakan pulau terdekat dengan Teluk Jakarta menjadikan…

Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya MRT Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (24/3) pagi (Foto: Setkab.go.id)

Minggu, 24 Maret 2019 - 16:00 WIB

Resmikan MRT, Presiden Jokowi: Hari Ini Peradaban Baru Telah Dimulai

Setelah menjalani masa uji coba sejak beberapa hari lalu, Moda Raya Transportasi atau Mass Rapid Transit(MRT) Jakarta Fase l diresmikan pengoperasionalannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),…

Danone Aqua Gelar Kegiatan Edukatif dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia 2019

Minggu, 24 Maret 2019 - 15:43 WIB

Peringati Hari Ginjal Sedunia, Danone Aqua Gelar Kegiatan Edukatif

Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia/World Kidney Day 2019 yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2019 yang lalu, Danone-AQUA mengadakan serangkaian kegiatan edukatif yang bertujuan untuk…

JakCard Bank DKI bisa digunakan di MRT

Minggu, 24 Maret 2019 - 15:34 WIB

Bank DKI Dukung Sistem Pembayaran MRT Jakarta

Terus dorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI mendukung sistem pembayaran berbasis non tunai untuk pengguna MRT Jakarta. Pengguna transportasi MRT Jakarta dapat menggunakan…