Kemendikbud Ajak Masyarakat Tonton Film Indonesia

Oleh : Dina Astria | Minggu, 18 Maret 2018 - 10:00 WIB

Ketua umum PARFI 56 Marcella Zalianty dan Wanda Hamidah (Foto AMZ)
Ketua umum PARFI 56 Marcella Zalianty dan Wanda Hamidah (Foto AMZ)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajak masyarakat turut merayakan bulan film nasional sepanjang bulan Maret.

Kepala Pusbangfilm Maman Wijaya mengatakan bahwa peringatan hari film nasional merupakan perwujudan kecintaan masyarakat terhadap film Indonesia.

"Pada tanggal 30 Maret nanti, mari kita ramaikan bioskop untuk menonton film Indonesia yang akan diputar serentak di seluruh bioskop," ujar Maman Wijaya dalam siaran pers, di Jakarta, Minggu (18/3/2018)

Tahun 2017 yang lalu jumlah penonton film Indonesia meningkat cukup signifikan, tercatat lebih dari 40 juta penonton film Indonesia.

Hal tersebut meningkat sekitar 32 persen dari jumlah penonton film Indonesia tahun sebelumnya.

"Gerakan ayo nonton film Indonesia di bioskop merupakan gerakan sederhana yang konkret untuk mendukung perfilman nasional," kata Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) '56 Marcella Zalianty.

Marcella mengungkapkan, saat ini PARFI mendorong tersedia bioskop-bioskop rakyat di daerah-daerah yang memiliki keterbatasan akses informasi.

Dewi Umaya Rachman dari Badan Perfilman Indonesia (BPI) menyampaikan salah satu hal strategis yang dicapai BPI bersama pemerintah, yakni Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Saat ini terdapat 9 SKKNI lingkup perfilman yang siap digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing para sineas Indonesia.

"Literasi perfilman itu penting, dan memang harus datang dari masyarakat," kata Dewi.

Aktor sekaligus produser peraih film terbaik Festival Film Indonesia (FFI) Darius Sinathrya mengungkapkan apresiasinya pada perkembangan perfilman nasional.

Dia berharap perfilman nasional diwarnai dengan film yang semakin beragam.

"Mudah-mudahan ke depan box office itu beragam genrenya. Semoga Pusbangfilm dapat mendorong lahir film-film yang bernuansa pendidikan dan kebudayaan," ujar Darius.

Pusbangfilm bekerja sama dengan berbagai komunitas dan organisasi dalam memeriahkan bulan film nasional dan hari film nasional ke-68.

Kegiatan nonton bareng film Indonesia sepanjang bulan Maret ini diadakan pada 199 titik di seluruh Indonesia, menggunakan bioskop keliling, di sekolah yang dilengkapi dengan laboratorium seni budaya dan film, serta perguruan tinggi.

Selain itu, kegiatan nonton bareng dilakukan pada 17 negara bekerja sama dengan kedutaan-kedutaan besar Indonesia.

"Kita ingin hari film nasional menjadi perayaan seperti hari kemerdekaan," ujar Maman Wijaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Kompleks Olahraga GBK

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:45 WIB

Berikut Ini Jadwal Pertandingan Asian Games di Jakarta

Perhelatan olahraga terbesar se-Asia atau Asian Games 2018 mulai memasuki hari ketiga. Indonesia sebagai tuan rumah kali ini membagi penyelenggaraan Asian Games 2018 di dua kota yaitu Jakarta…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:21 WIB

Ini Maklumat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia pada Hari Raya Idul Adha

Besok umat Islam akan merayakan Idul Adha. Puncak dari Hari Raya Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Ini adalah momen yang sangat baik bagi masyarakat (khususnya menengah bawah) untuk…

Foto Ilustrasi E-commerce

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:15 WIB

RPP Perdagangan e-Commerce Tinggal Tunggu Goresan Tinta Jokowi

Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPMSE) ataue-commercesaat ini tengah menunggu pengesahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:50 WIB

Dirjen Cipta Karya: Rehabilitasi dan Rekonstruksi Tuntas Dalam Satu Hingga Dua Tahun

Teknologi Risha menggunakan sistem modular sehingga mudah dipasang dan lebih cepat penyelesaiannya dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Ist)

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Anak Perusahaan RNI Luncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga

Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam sektor agroindustri, PT PG Rajawali II meluncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga dengan Pabrik Gula (PG)…