Umat Hindu Timika Papua Sucikan Diri Jelang Perayaan Nyepi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 09:13 WIB

Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)
Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Timika - Umat Hindu di Timika, Kabupaten Mimika, Papua melaksanakan ritual penyucian diri atau "melasti" jelang Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1940 yang jatuh pada Sabtu, 17 Maret 2018.

"Filosofinya menyucikan diri dengan air samudera. Melasti itu persiapan menuju tapa brata nyepi," kata salah seorang umat Hindu Ida Bawati Nyoman Ariati usai melaksanakan ritual melasti di atas speed boat di laut Pomako, Timika, Jumat (16/3/2018)

Meski diguncang ombak, ritual melasti yang dipimpin Ida Bawati Nyoman Ariati bersama Jro Mangku Made Mudra tetap berlangsung khidmat hingga selesai. Empat personel Brimob Satgas PAM Amole yang merupakan umat Hindu juga ikut melasti tersebut.

Pada Sabtu (17/3), pukul 06.00 waktu setempat, umat Hindu mulai melaksanakan tapa brata Nyepi di kediaman masing-masing selama 24 jam.

Saat Nyepi dikenal empat pantangan bagi umat Hindu yang terdiri dari amati geni, amati lelunganan, amati pakaryan dan amati lelangunan "Nyepi dalah perayaan tahun baru saka. Kita berharap tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu," jelas Ida Bawati.

Umat Hindu di Timika berjumlah sekitar 60 kepala keluarga atau sekitar 200 jiwa. Nyepi tahun baru Saka 1940 atau 2018 tampak lebih sepi dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Sebagian umat Hindu memilih pulang ke kampung halamannya di Bali, merayakan Nyepi bersama keluarga.

Aktifitas upacara atau sembahyang umat Hindu di Timika berpusat di Pura Mandhira Mihika Mandaloka di Kelurahan Wonosari Jaya SP4. Pura tersebut mulai digunakan sejak 1996. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…