Umat Hindu Timika Papua Sucikan Diri Jelang Perayaan Nyepi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 09:13 WIB

Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)
Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Timika - Umat Hindu di Timika, Kabupaten Mimika, Papua melaksanakan ritual penyucian diri atau "melasti" jelang Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1940 yang jatuh pada Sabtu, 17 Maret 2018.

"Filosofinya menyucikan diri dengan air samudera. Melasti itu persiapan menuju tapa brata nyepi," kata salah seorang umat Hindu Ida Bawati Nyoman Ariati usai melaksanakan ritual melasti di atas speed boat di laut Pomako, Timika, Jumat (16/3/2018)

Meski diguncang ombak, ritual melasti yang dipimpin Ida Bawati Nyoman Ariati bersama Jro Mangku Made Mudra tetap berlangsung khidmat hingga selesai. Empat personel Brimob Satgas PAM Amole yang merupakan umat Hindu juga ikut melasti tersebut.

Pada Sabtu (17/3), pukul 06.00 waktu setempat, umat Hindu mulai melaksanakan tapa brata Nyepi di kediaman masing-masing selama 24 jam.

Saat Nyepi dikenal empat pantangan bagi umat Hindu yang terdiri dari amati geni, amati lelunganan, amati pakaryan dan amati lelangunan "Nyepi dalah perayaan tahun baru saka. Kita berharap tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu," jelas Ida Bawati.

Umat Hindu di Timika berjumlah sekitar 60 kepala keluarga atau sekitar 200 jiwa. Nyepi tahun baru Saka 1940 atau 2018 tampak lebih sepi dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Sebagian umat Hindu memilih pulang ke kampung halamannya di Bali, merayakan Nyepi bersama keluarga.

Aktifitas upacara atau sembahyang umat Hindu di Timika berpusat di Pura Mandhira Mihika Mandaloka di Kelurahan Wonosari Jaya SP4. Pura tersebut mulai digunakan sejak 1996. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.