Umat Hindu Timika Papua Sucikan Diri Jelang Perayaan Nyepi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 09:13 WIB

Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)
Perayaan Hari Raya Nyepi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Timika - Umat Hindu di Timika, Kabupaten Mimika, Papua melaksanakan ritual penyucian diri atau "melasti" jelang Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1940 yang jatuh pada Sabtu, 17 Maret 2018.

"Filosofinya menyucikan diri dengan air samudera. Melasti itu persiapan menuju tapa brata nyepi," kata salah seorang umat Hindu Ida Bawati Nyoman Ariati usai melaksanakan ritual melasti di atas speed boat di laut Pomako, Timika, Jumat (16/3/2018)

Meski diguncang ombak, ritual melasti yang dipimpin Ida Bawati Nyoman Ariati bersama Jro Mangku Made Mudra tetap berlangsung khidmat hingga selesai. Empat personel Brimob Satgas PAM Amole yang merupakan umat Hindu juga ikut melasti tersebut.

Pada Sabtu (17/3), pukul 06.00 waktu setempat, umat Hindu mulai melaksanakan tapa brata Nyepi di kediaman masing-masing selama 24 jam.

Saat Nyepi dikenal empat pantangan bagi umat Hindu yang terdiri dari amati geni, amati lelunganan, amati pakaryan dan amati lelangunan "Nyepi dalah perayaan tahun baru saka. Kita berharap tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu," jelas Ida Bawati.

Umat Hindu di Timika berjumlah sekitar 60 kepala keluarga atau sekitar 200 jiwa. Nyepi tahun baru Saka 1940 atau 2018 tampak lebih sepi dari perayaan tahun-tahun sebelumnya. Sebagian umat Hindu memilih pulang ke kampung halamannya di Bali, merayakan Nyepi bersama keluarga.

Aktifitas upacara atau sembahyang umat Hindu di Timika berpusat di Pura Mandhira Mihika Mandaloka di Kelurahan Wonosari Jaya SP4. Pura tersebut mulai digunakan sejak 1996. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberikan Penghargaan pada App Sinar Mas

Senin, 17 Desember 2018 - 09:52 WIB

Terapkan Prinsip Industri Hijau, APP Sinar Mas Kembali Raih Penghargaan dari Kemenperin

Dua unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas meraih Penghargaan Industri Hijau 2018 dari Kementerian Perindustrian (KEMENPERIN) atas keberhasilannya menjalankan praktik-praktik terbaik…

J&T Express (ist)

Senin, 17 Desember 2018 - 09:44 WIB

J&T Express Siapkan US$ 100 Juta Perluas Jaringan

Perusahaan layanan jasa pengiriman, J&T Express menyiapkan alokasi pendanaan baru senilai 100 juta dolar AS untuk pengembangan bisnis di Asia Tenggara dengan basis utamanya di Indonesia.

Pariwisata Lombok

Senin, 17 Desember 2018 - 09:30 WIB

Pariwisata Tanpa Media, Tidak Berjalan

Di era globalisasi saat ini media sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, dan ke depan akan semakin kuat. Untuk itu, pariwisata tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa memanfaatkan media.

JNE. (Foto: IST)

Senin, 17 Desember 2018 - 09:25 WIB

Terkait Pembatasan Armada, Perusahaan Kurir Jamin Ekspedisi Aman

Perusahaan jasa kiriman barang atau kurir menyatakan layanan yang dilakukan tetap aman meski ada aturan pembatasan kendaraan saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru). Seperti diketahui,…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Presiden Jokowi

Senin, 17 Desember 2018 - 09:23 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Beberapa Fasos dan Fasum di Aceh

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon) sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial yang mengalami kerusakan pascabencana…