Perum PPD Targetkan Seluruh Stasiun Terintegrasi Bus Kota Tahun Ini

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 16 Maret 2018 - 12:48 WIB

PT Kereta Commuter Indonesia bersama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (berkomitmen mendukung implementasi integrasi antar moda melalui layanan alat bayar commuter yakni tiket Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan untuk bus kota.
PT Kereta Commuter Indonesia bersama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (berkomitmen mendukung implementasi integrasi antar moda melalui layanan alat bayar commuter yakni tiket Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan untuk bus kota.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Pemerintah terus mendorong publik untuk beralih ke transportasi massal, salah satunya melalui commuter line. Karenanya, guna mengakomodasi hal tersebut, PT Kereta Commuter Indonesia menjajaki dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) dengan meluncurkan kartu multi trip yang bisa digunakan di dalam bus kota.

“Kami menargetkan untuk tahun ini semuanya sudah bisa terintegrasi. Selain stasiun Sudirman, dalam waktu dekat kita integrasikan di Depok, Cibubur, dan Kalibata,” kata Direktur Operasi & Pemasaran PT KCI Pande Putu Yasa dalam konferensi persnya di Stasiun Sudirman, Jumat 16 Maret 2018.

Diutarakannya, kenapa dimulai di stasiun Sudirman, karena stasiun Stasiun Sudirman jumlah pergerakkan penumpang yang paling banyak mencapai 65 ribu orang perhari.

Perum PPD untuk integrasi antar moda ini telah menyiapkan enam bus kota. Dimana untuk bus premium kapasitas orang mencapai 34 orang dan kelas bisnis mencapai 54 orang. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan pengembang yang membuat hunian dengan konsep TOD. Antara lain dengan Adhikarya, Podomor Group, bahkan dalam waktu dengan dengan Lippo Group.

“Jadi untuk seluruh TOD yang ada Perum PPD telah menyiapkan angkutan umumnya,” paparnya.

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia, Subakir mengatakan sinergi KCI dan Perum PPD ini akan memberikan pelayanan dan kemudahan serta nilai lebih bagi seluruh pengguna jasa KRL.

“Ini juga sejarah bagi kami karena untuk pertama kalinya Kartu Multi Trip dapat digunakan sebagai alat bayar diluar ekosistem KCI sendiri,” pungkasnya

Disebutkannya, kereta commuter telah mengangkut 315 juta penumpang dalam setahun, dimana 950 ribu orang perharinya. Pengguna KRL Commuter Line yang tida distasiun Sudirman dapat langsung berganti moda ke bus PPD menuju gambir atau BlokM di titik penjemputan yang tersedia di pintu keluar statsiun arah jalan Blora.

Untuk tahap awal ini rute trans commuter yang dioperasikan PPD adalah stasiun Sudirman, Gambir, dan Stasiun Sudirman- Blok M dengan tiket 5.000 untuk sekali perjalanan. Armada Transcommuter PPD siap melayani pengguna mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya dengan waktu keberangkatan setiap 30 menit sekali.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?

Direksi PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) berpose bersama I Gede Nyoman Yetna, Direktur Penilaian PT Bursa Efek Indonesia (BEI) usai Perdagangan Perdana saham di Gedung BEI Jakarta.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:28 WIB

Perdagangan Perdana di Bursa Efek Indonesia, Harga NATO Melesat 69,9%

Harga saham PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) langsung melesat 69,9% ke posisi Rp175 per unit pada perdagangan perdana di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (18/01/2019) dibandingkan…

Sun Life Gelar Kompetisi Lari Bertajuk Sun Life Resolution Run 2019

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:17 WIB

Wujudkan Resolusi Hidup Sehat, Sun Life Gelar Kompetisi Lari Bertajuk Sun Life Resolution Run 2019

Mengawali 2019, untuk pertama kalinya PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) menggelar kompetisi lari untuk menggalang donasi bertajuk Sun Life Resolution Run 2019 yang akan digelar pada…