Perum PPD Targetkan Seluruh Stasiun Terintegrasi Bus Kota Tahun Ini

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 16 Maret 2018 - 12:48 WIB

PT Kereta Commuter Indonesia bersama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (berkomitmen mendukung implementasi integrasi antar moda melalui layanan alat bayar commuter yakni tiket Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan untuk bus kota.
PT Kereta Commuter Indonesia bersama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (berkomitmen mendukung implementasi integrasi antar moda melalui layanan alat bayar commuter yakni tiket Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan untuk bus kota.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Pemerintah terus mendorong publik untuk beralih ke transportasi massal, salah satunya melalui commuter line. Karenanya, guna mengakomodasi hal tersebut, PT Kereta Commuter Indonesia menjajaki dengan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) dengan meluncurkan kartu multi trip yang bisa digunakan di dalam bus kota.

“Kami menargetkan untuk tahun ini semuanya sudah bisa terintegrasi. Selain stasiun Sudirman, dalam waktu dekat kita integrasikan di Depok, Cibubur, dan Kalibata,” kata Direktur Operasi & Pemasaran PT KCI Pande Putu Yasa dalam konferensi persnya di Stasiun Sudirman, Jumat 16 Maret 2018.

Diutarakannya, kenapa dimulai di stasiun Sudirman, karena stasiun Stasiun Sudirman jumlah pergerakkan penumpang yang paling banyak mencapai 65 ribu orang perhari.

Perum PPD untuk integrasi antar moda ini telah menyiapkan enam bus kota. Dimana untuk bus premium kapasitas orang mencapai 34 orang dan kelas bisnis mencapai 54 orang. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan pengembang yang membuat hunian dengan konsep TOD. Antara lain dengan Adhikarya, Podomor Group, bahkan dalam waktu dengan dengan Lippo Group.

“Jadi untuk seluruh TOD yang ada Perum PPD telah menyiapkan angkutan umumnya,” paparnya.

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia, Subakir mengatakan sinergi KCI dan Perum PPD ini akan memberikan pelayanan dan kemudahan serta nilai lebih bagi seluruh pengguna jasa KRL.

“Ini juga sejarah bagi kami karena untuk pertama kalinya Kartu Multi Trip dapat digunakan sebagai alat bayar diluar ekosistem KCI sendiri,” pungkasnya

Disebutkannya, kereta commuter telah mengangkut 315 juta penumpang dalam setahun, dimana 950 ribu orang perharinya. Pengguna KRL Commuter Line yang tida distasiun Sudirman dapat langsung berganti moda ke bus PPD menuju gambir atau BlokM di titik penjemputan yang tersedia di pintu keluar statsiun arah jalan Blora.

Untuk tahap awal ini rute trans commuter yang dioperasikan PPD adalah stasiun Sudirman, Gambir, dan Stasiun Sudirman- Blok M dengan tiket 5.000 untuk sekali perjalanan. Armada Transcommuter PPD siap melayani pengguna mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya dengan waktu keberangkatan setiap 30 menit sekali.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

Senin, 20 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan Bandara Ngurah Rai Bali

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisman asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6 persen dari total keseluruhan…

Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok Raih Medali Emas di Ajang Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:25 WIB

Raih Medali Emas, Lindswell Kwok Nikmati Bonus Rp 1,5 Miliar Plus Mobil

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku telah menyiapkan 3 (Tiga) mobil dan uang sebesar Rp 1,5 miliar sebagai bonus peraih medali emas di ajang Asian Games 2018.

Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam (Foto Anto)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:08 WIB

Parmusi Disegani Penguasa Dicintai Ulama

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) berkiprah di Indonesia sudah cukup lama. Era reformasi 1999, Parmusi lahir dari sebelumnya Muslimin…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Balap Sepeda Berkibar, Andini dan Khoiful Kawinkan Emas Downhill

Setelah Taekwondo dan Wushu, kini giliran balap sepeda Indonesia berkibar. Kali ini, pasukan Raja Sapta Oktohari tidak tanggung-tanggung meraup dua medali emas pada hari pertama perlombaan balap…

Menpora Imam Nahrawi menyerahkan secara simbolik bonus Rp 1,5 miliar kepada Defia Rosmaniar (Foto: Dok. Kemenpora)

Senin, 20 Agustus 2018 - 20:40 WIB

Menpora Serahkan Bonus Rp 1,5 Miliar kepada Dara Manis Asal Bogor, Defia Rosmaniar

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi secara simbolik menyerahkan bonus medali emas sebesar Rp 1,5 miliar kepada atlet Taekwondo Defia Rosmaniar.