Siap Digelar, Pekan Raya Sumatera Utara 2018 Meriahkan Medan Sebulan Penuh

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 16 Maret 2018 - 12:00 WIB

Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Medan (Istimewa)
Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Medan (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Medan - Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2018 siap digelar. Tepatnya 16 Maret sampai 16 April 2018. Event akbar ini berlokasi di arena PRSU Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto, Medan.

"Semua sudah diset. Semua sudah ready. Kota Medan sudah tidak sabar menyambut kemeriahan PRSU 2018. Dan pasti tahun ini akan lebih meriah," kata Dewi Rosayanti Syam, Presiden Direktur PT Malik Ghonniyu Razaak, dikutip dari facebook Kemenpar , Jumat (16/3/2018).

Tahun ini, PRSU dimeriahkan oleh artis nasional juga telah diplot sebagai pengisi panggung hiburan. Ada Govinda, Sheila On7, New Trio Macan, Tipe-X, dan Wali.

Belum lagi artis lokal Sumut, band musik, ada DJ Competition, Stand Up Comedy Competition. Serta tidak lupa lomba edukasi untuk anak-anak, lomba pemilihan Putra Putri PRSU 2018. Selain itu, masih banyak lagi acara meriah lainnya untuk menghibur pengunjung.

"Kami ingin menggelar event yang berkualitas. Tidak asal-asalan. Selain itu juga akan mengundang orang datang ke sini sehingga berdampak pada arus penerbangan (flight) serta meningkatkan hunian hotel," jelasnya.

Pameran yang masuk dalam 100 event premiere nasional 2018 Kementerian Pariwisata, memang paten. Berbagai stand dari kabupaten/ kota siap tampil di pameran tersebut.

Mereka akan menawarkan hasil produksi serta keunggulan daerah masing-masing. Ditambah pameran lainnya seperti, pariwisata, pertanian, industri dan otomotif. Peserta dari luar Sumatera Utara juga bakal unjuk gigi.

"Kesuksesan PRSU tahun ini bukan hanya dari jumlah pengunjung, melainkan transaksi yang terjadi dan signifikan bagi partisipan. Baik itu swasta maupun perwakilan kabupaten-kota di Sumut. Sehingga berdampak secara ekonomi bagi masyarakat Sumut," ujar Rossa.

Agar kegiatan semakin sukses, penyelenggara menggandeng Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI). Penyeleggara berharap GIPI membantu proses promosi investasi pariwisata dan perdagangan di Sumut. Termasuk merencanakan menggelar seminar tentang investasi pariwisata dan perdagangan Sumut.

Hal ini sesuai dengan penegasan Ketua Pelaksana CoE 2018 Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti beberapa waktu lalu. Esthy mengatakan, event ini secara khusus bermanfaat bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkembang di wilayah Sumut. Baginya, agenda promosi seperti ini akan membuka peluang bagi mereka.

"Tahun ini PRSU 2018 mengusung tema PRSU Paten dan sub tema Mari Tingkatkan Investasi, Pariwisata dan Perdagangan di Provinsi Sumatera Utara. Dengan kata lain, acara ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan pada masyarakat Sumatera Utara itu sendiri,” ujar Esthy.

Dijelaskannya, PRSU 2018 kurang lebih diikuti 320 peserta. "Harapan kami, peserta dari 33 kabupaten/kota di Sumut mampu merangkul calon-calon investor untuk membangun perekonomian di masing-masing kabupaten tersebut," imbuh Esthy.

Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya semakin confidence pariwisata Sumut akan semakin berkembang. Potensi pariwisata Sumut yang luar biasa harus terus di promosikan melalui event-event besar seperti ini.

"Aksesibilitas sudah semakin baik. Medan punya Bandara Kualanamu yang megah. Amenitasnya juga semakin ok. PRSU akan menjadi trigger untuk destinasi lain di Sumut. Sukses untuk acara PRSU di Medan. Salam Pesona Indonesia," ujar Menpar

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…