Siap Digelar, Pekan Raya Sumatera Utara 2018 Meriahkan Medan Sebulan Penuh

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 16 Maret 2018 - 12:00 WIB

Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Medan (Istimewa)
Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Medan (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Medan - Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2018 siap digelar. Tepatnya 16 Maret sampai 16 April 2018. Event akbar ini berlokasi di arena PRSU Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto, Medan.

"Semua sudah diset. Semua sudah ready. Kota Medan sudah tidak sabar menyambut kemeriahan PRSU 2018. Dan pasti tahun ini akan lebih meriah," kata Dewi Rosayanti Syam, Presiden Direktur PT Malik Ghonniyu Razaak, dikutip dari facebook Kemenpar , Jumat (16/3/2018).

Tahun ini, PRSU dimeriahkan oleh artis nasional juga telah diplot sebagai pengisi panggung hiburan. Ada Govinda, Sheila On7, New Trio Macan, Tipe-X, dan Wali.

Belum lagi artis lokal Sumut, band musik, ada DJ Competition, Stand Up Comedy Competition. Serta tidak lupa lomba edukasi untuk anak-anak, lomba pemilihan Putra Putri PRSU 2018. Selain itu, masih banyak lagi acara meriah lainnya untuk menghibur pengunjung.

"Kami ingin menggelar event yang berkualitas. Tidak asal-asalan. Selain itu juga akan mengundang orang datang ke sini sehingga berdampak pada arus penerbangan (flight) serta meningkatkan hunian hotel," jelasnya.

Pameran yang masuk dalam 100 event premiere nasional 2018 Kementerian Pariwisata, memang paten. Berbagai stand dari kabupaten/ kota siap tampil di pameran tersebut.

Mereka akan menawarkan hasil produksi serta keunggulan daerah masing-masing. Ditambah pameran lainnya seperti, pariwisata, pertanian, industri dan otomotif. Peserta dari luar Sumatera Utara juga bakal unjuk gigi.

"Kesuksesan PRSU tahun ini bukan hanya dari jumlah pengunjung, melainkan transaksi yang terjadi dan signifikan bagi partisipan. Baik itu swasta maupun perwakilan kabupaten-kota di Sumut. Sehingga berdampak secara ekonomi bagi masyarakat Sumut," ujar Rossa.

Agar kegiatan semakin sukses, penyelenggara menggandeng Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI). Penyeleggara berharap GIPI membantu proses promosi investasi pariwisata dan perdagangan di Sumut. Termasuk merencanakan menggelar seminar tentang investasi pariwisata dan perdagangan Sumut.

Hal ini sesuai dengan penegasan Ketua Pelaksana CoE 2018 Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti beberapa waktu lalu. Esthy mengatakan, event ini secara khusus bermanfaat bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berkembang di wilayah Sumut. Baginya, agenda promosi seperti ini akan membuka peluang bagi mereka.

"Tahun ini PRSU 2018 mengusung tema PRSU Paten dan sub tema Mari Tingkatkan Investasi, Pariwisata dan Perdagangan di Provinsi Sumatera Utara. Dengan kata lain, acara ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan pada masyarakat Sumatera Utara itu sendiri,” ujar Esthy.

Dijelaskannya, PRSU 2018 kurang lebih diikuti 320 peserta. "Harapan kami, peserta dari 33 kabupaten/kota di Sumut mampu merangkul calon-calon investor untuk membangun perekonomian di masing-masing kabupaten tersebut," imbuh Esthy.

Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya semakin confidence pariwisata Sumut akan semakin berkembang. Potensi pariwisata Sumut yang luar biasa harus terus di promosikan melalui event-event besar seperti ini.

"Aksesibilitas sudah semakin baik. Medan punya Bandara Kualanamu yang megah. Amenitasnya juga semakin ok. PRSU akan menjadi trigger untuk destinasi lain di Sumut. Sukses untuk acara PRSU di Medan. Salam Pesona Indonesia," ujar Menpar

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Usamah Hisyam dan pengurus PA 212

Rabu, 25 April 2018 - 19:27 WIB

PA 212 Minta Istana Seret Pembocor Pertemuan Rahasia Dengan Jokowi

Jakarta-Sehubungan dengan beredarnya foto dan kabar pertemuan Tim 11 Ulama Alumni 212 dengan Presiden Jokowi pada hari Ahad (22/4) maka Persaudaraan Alumni (PA) 212 perlu memberikan keterangan…

EXO-CBX membintangi iklan mobil Hyundai UV KONA Electric. (Source: Soompi)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Gara-Gara EXO-CBX, Hyundai Hentikan Pre-Order Mobil Terbaru

Perusahaan mobil Korea Selatan terkenal, Hyundai baru-baru ini menghentikan pre-order mobil Hyundai bertipe UV KONA Electric, dikarenakan mobil tersebut mendadak sangat populer dikalangan publik.

OJK

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

OJK Ungkap Kasus Penyelewengan BPR KAS Bali

Otoritas Jasa Keuangan mengungkap kasus tindak pidana perbankan yang dilakukan Direktur Utama BPR KS Bali Agung Sedana berinisial NS terkait pemberian kredit kepada 54 debitur dengan nilai Rp24,225…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Banun Harpini saat melepas ekspor perdana pisang Mas Tanggamus ke Cina

Rabu, 25 April 2018 - 18:54 WIB

Ekspor Produk Pertanian Asal Lampung Terus Meningkat

Lampung- Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Banun Harpini menyebutkan layanan karantina untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk pertanian…

Alsintan dari Kementan

Rabu, 25 April 2018 - 18:46 WIB

Kementan Melakukan Pelatihan Alsintan, Petani Antusias

Subang-Balai Desa Bojong Jaya mendadak ramai sejak pukul 07:00 pada Rabu pagi (25/4), para petani dari seantero Kecamatan Pusaka Jaya antusias untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan,…