Dorong Kemajuan dan Kemandirian Wanita Modern Indonesia, AXA Financial Indonesia Dukung Ajang Puteri Indonesia 2018

Oleh : Dina Astria | Jumat, 16 Maret 2018 - 09:10 WIB

Dorong Kemajuan dan Kemandirian Wanita Modern Indonesia, AXA Financial Indonesia Dukung Ajang Puteri Indonesia 2018. (Dok Industry.co.id)
Dorong Kemajuan dan Kemandirian Wanita Modern Indonesia, AXA Financial Indonesia Dukung Ajang Puteri Indonesia 2018. (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, wanita memegang peranan yang penting dalam proses panjang membangun masyarakat Indonesia yang modern. Melihat fenomena ini, AXA Financial Indonesia (AFI) menyusun berbagai kegiatan pemberdayaan wanita Indonesia untuk meningkatkan kecerdasan dan kemandirian finansial, salah satunya melalui dukungan dalam ajang Puteri Indonesia 2018.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1992, ajang Puteri Indonesia telah berhasil mengambil perhatian masyarakat sebagai beauty pageant (kontes kecantikan) terbesar di Indonesia. Berjalannya waktu, definisi ‘cantik’ di Indonesia tidak semata-mata dinilai dari fisiknya yang menarik dan menawan, namun wanita modern menilai sebuah kecantikan juga harus dilengkapi dengan perilaku yang berbudi pekerti baik serta memiliki kecerdasan intelektual yang baik pula.

Sebuah data riset dari J. Walter Thomson (2016) terkait Asian Women : Beneath the Surface mengatakan bahwa sebesar 91% wanita Indonesia setuju bahwa peran wanita di masyarakat kini kian meningkat dan semakin lebih dipandang. Data tersebut didukung dengan 55% dari wanita Indonesia sepakat bahwa mereka harus mandiri dalam hal keuangan (financially independent). Selaras dengan agenda pemerintah dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan 2030, AFI ingin membangkitkan semangat pemberdayaan wanita modern Indonesia bersama dengan pihak penyelenggara Puteri Indonesia melalui financial literacy (literasi keuangan) kepada seluruh finalis Puteri Indonesia 2018.

’’AXA Financial Indonesia senang bisa berkontribusi dalam pembangunan negara melalui pemberdayaan wanita. Kerja sama yang terjalin dengan Yayasan Puteri Indonesia merupakan salah satu langkah strategis Perusahaan untuk menjalankan visinya yakni memberdayakan masyarakat untuk hidup yang lebih baik (Empower People to Live a Better Life). Pada tahun 2018, fokus Perusahaan akan tertuju pada pemberdayaan wanita dalam peranannya melahirkan dan mendidik insan-insan penerus bangsa, serta generasi milenial yang memegang masa depan Indonesia saat ini,’’ ujar Budi Tampubolon, CEO AFI.

Melalui kerja sama ini, AFI ingin kembali mengingatkan wanita Indonesia akan pentingnya edukasi keuangan sejak muda. Wanita muda Indonesia nantinya akan menjadi seorang istri, ibu bahkan pengambil keputusan dalam rumah tangga dalam kaitannya dengan keuangan. Riset yang sama dengan diatas juga menunjukkan bahwa 64% wanita Indonesia setuju bahwa mereka adalah pengambil keputusan untuk asuransi anggota keluarganya. Ironisnya, dari 51% wanita yang memegang kuasa keuangan di keluarganya, hanya 19% yang dinyatakan melek keuangan1 . Untuk itu, melalui literasi keuangan yang disampaikan oleh AFI kepada seluruh finalis Puteri Indonesia 2018, Perusahaan berharap dapat menjadi bekal yang berguna bagi masa depan mereka secara pribadi dan untuk keluarganya kelak.

Wanita memiliki peran kunci dalam majunya peradaban bangsa. Peran pemberdayaan wanita tidak hanya diemban oleh pemerintah Indonesia, namun juga seluruh elemen masyarakat, meliputi badan swasta yang memiliki satu suara dalam meningkatkan pemberdayaan dan kemandirian wanita Indonesia. Hal serupa juga pernah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di Peringatan Hari Ibu ke-89 tahun lalu. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan harapannya bahwa wanita Indonesia saat ini bisa lebih banyak berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara.

Meskipun kecantikan tetap menjadi hal yang terpenting bagi setiap wanita, namun kecerdasan dan kemandirian perlu menjadi bekal yang penting pula bagi masa depan wanita Indonesia – menjadikan bangsa memiliki peradaban maju. AFI mendorong seluruh wanita Indonesia untuk berani #RencanakanLebih demi masa depan pribadi dan keluarga yang lebih baik dan terencana.

“AXA Financial Indonesia bersama dengan puteri-puteri kebanggaan Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk satu suara dalam memberdayakan wanita Indonesia ke arah yang lebih baik lagi,” jelas Yanti Parapat, Chief of Alternate Distribution AFI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…