Bantu Jaga Lingkungan Dengan #AkuJagaBhumi Bersama YKRI

Oleh : Dina Astria | Jumat, 16 Maret 2018 - 08:58 WIB

Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), pada Kamis (15/3). (Dina Astria/Industry.co.id)
Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), pada Kamis (15/3). (Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Selama kurang lebih hampir setahun ke belakang, gerakan Jaga Bhumi telah melakukan kegiatan untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya konservasi tumbuhan dan gerakan cinta lingkungan mulai dari Office Visit, School Visit, dan masih banyak lagi.

Pada 2017 lalu, Gerakan yang digagas oleh Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) ini telah memberikan penekanan aksi terhadap edukasi dalam rangka menanamkan dan menumbuhkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap konservasi tumbuhan dan mengenalkan Kebun Raya sebagai sarana yang sangat tepat untuk penyelamatan plasma nutfah Indonesia.

Adapun tujuan utama dari Gerakan Jaga Bhumi ini ialah merealisasikan Kebun Raya Mangrove di Surabaya menjadi kebun raya mangrove pertama di dunia.

Selain itu, dengan timbulnya fenomena alam dimana tumbuhan dan lingkungan hidup mulai terancam, YKRI merasa sangat perlu berpartisipasi dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap ancaman kepunahan keanekaragaman hayati Indonesia.

Menurut data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) menyatakan bahwa di Indonesia tercatat ada dua spesies satwa berkategori punah, 66 spesies berkategori kritis, dan 167 spesies dalam kondisi genting.
Sedangkan, untuk tumbuhan tercatat 1 spesies punah, 2 spesies punah in situ, 115 spesies kritis, dan 72 spesies berstatus genting.

YKRI merasa perlu untuk memberikan amplifikasi terhadap kepedulian atas keanekaragaman hayati Indonesia yang seluruhnya difokuskan melalui gerakan Jaga Bhumi ini.

Sebelumnya, JAGA BHUMI adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Kebun Raya sebagai kawasan konservasi keanekaragaman tumbuhan di Indonesia.

Gimana kalau mau partisipasi di gerakan ini? Gampang kok! Yuk mulai lakukan hal positif yang kira-kira bisa berkontribusi buat bumi, dengan mulai peduli lingkungan sekitar dan post di sosial media. Jangan lupa hashtag #akujagabhumi agar gerakan ini semakin luas diterapkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…