Ketua IMF Desak Para Pembuat Kebijakan Waspadai Proteksionisme Perdagangan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 16 Maret 2018 - 06:39 WIB

Presiden Jokowi dan MD IMF Christine Lagarde (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan MD IMF Christine Lagarde (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Washington- Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde pada Kamis (15/3/2018 ) mendesak para pembuat kebijakan global untuk waspada terhadap proteksionisme perdagangan, setelah AS mengusulkan tarif baja dan aluminium.

"Pembuat-pembuat kebijakan perlu bekerja sama secara konstruktif untuk mengurangi hambatan perdagangan dan menyelesaikan perselisihan perdagangan tanpa menggunakan tindakan yang luar biasa," kata Lagarde dalam sebuah posting blog.

"Mereka harus memastikan bahwa tarif impor AS yang baru-baru ini diumumkan tidak mengarah pada eskalasi tindakan proteksionisme yang lebih luas," katanya, memperingatkan bahwa perang dagang akan merugikan pertumbuhan global dan mereka juga "tidak dapat menang".

Peringatannya datang saat para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari Grup 20 (G20) bersiap untuk bertemu di Buenos Aires, Argentina, pekan depan.

"Mereka akan fokus pada kebijakan-kebijakan yang diperlukan untuk melindungi kenaikan ekonomi global terhadap risiko-risiko penurunan dan mendorong pertumbuhan ke depan," kata ketua IMF.

Karena "perdagangan membahayakan buruk bagi ekonomi dan buruk bagi manusia," sangat penting untuk menggunakan cara-cara fiskal untuk mengatasi ketidakseimbangan ekonomi global daripada meningkatkan hambatan baru dalam perdagangan, tambahnya.

Pernyataan Lagarde juga muncul setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pekan lalu bahwa AS akan menerapkan tarif 25 persen untuk baja impor dan tarif 10 persen untuk aluminium impor dengan alasan keamanan nasional.

Langkah-langkah proteksionis unilateral ini telah memicu kritik yang meluas dan memicu ancaman pembalasan dari para mitra dagang utama, meningkatkan prospek eskalasi konflik perdagangan global yang mengancam pemulihan global. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:34 WIB

Membangunkan Potensi Pangan "Raksasa Tidur" di Selatan Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, memetakan persoalan dengan cepat, data baku lahan dan dukungan sarana produksi benih, pupuk khusus…

Foto Doc Kementan

Kamis, 18 Oktober 2018 - 11:20 WIB

Pemerintah Respon Aspirasi dan Beri Solusi Peternak Ayam Petelur

INDUSTRY.co.id -

Blitar - Pemerintah merespon aspirasi petani peternak ayam layer (petelur) mandiri yang mengeluhkan perkembangan harga jagung untuk pakan. Direktur…

Kristian Nairn Pemeran 'Hodor' dalam serial permainan HBO, Game of Thrones akan hadir di ICC

Kamis, 18 Oktober 2018 - 10:20 WIB

Tokoh Tokoh Ternama Budaya Pop Dunia Siap Ramaikan ICC 2018

ReedPop melalui Reed Panorama Exhibitions kembali hadirkan para tokoh dan ikon budaya populer dunia hanya di Indonesia Comic Con 2018. Acara tahunan ini akan digelar pada tanggal 27 28 Oktober…

Seminar pariwisata

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:58 WIB

Bangun Potensi Tour Leader di Era Digital

INDUSTRY.co.id -

Jakarta--Dalam rangka mencetak tour leader profesional, Lembaga Bahasa (LB) LIA Pramuka menggelar seminar dan workshop pariwisata bertema Membangun…

Constellation Neverland dari Sembilan Matahari. Salah satu Karya yang dipamerkan.

Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:57 WIB

Festival Seni Teknologi Wave of Tomorrow Siap Ramaikan Jakarta

Sebuah Festival yang memadukan seni dan teknologi yang digabungkan dengan sajian musik, Wave of Tomorrow 2018, akan mulai meramaikan ibu kota untuk pertama kalinya. Selama 10 hari penuh dari…