Ketua IMF Desak Para Pembuat Kebijakan Waspadai Proteksionisme Perdagangan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 16 Maret 2018 - 06:39 WIB

Presiden Jokowi dan MD IMF Christine Lagarde (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan MD IMF Christine Lagarde (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Washington- Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde pada Kamis (15/3/2018 ) mendesak para pembuat kebijakan global untuk waspada terhadap proteksionisme perdagangan, setelah AS mengusulkan tarif baja dan aluminium.

"Pembuat-pembuat kebijakan perlu bekerja sama secara konstruktif untuk mengurangi hambatan perdagangan dan menyelesaikan perselisihan perdagangan tanpa menggunakan tindakan yang luar biasa," kata Lagarde dalam sebuah posting blog.

"Mereka harus memastikan bahwa tarif impor AS yang baru-baru ini diumumkan tidak mengarah pada eskalasi tindakan proteksionisme yang lebih luas," katanya, memperingatkan bahwa perang dagang akan merugikan pertumbuhan global dan mereka juga "tidak dapat menang".

Peringatannya datang saat para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari Grup 20 (G20) bersiap untuk bertemu di Buenos Aires, Argentina, pekan depan.

"Mereka akan fokus pada kebijakan-kebijakan yang diperlukan untuk melindungi kenaikan ekonomi global terhadap risiko-risiko penurunan dan mendorong pertumbuhan ke depan," kata ketua IMF.

Karena "perdagangan membahayakan buruk bagi ekonomi dan buruk bagi manusia," sangat penting untuk menggunakan cara-cara fiskal untuk mengatasi ketidakseimbangan ekonomi global daripada meningkatkan hambatan baru dalam perdagangan, tambahnya.

Pernyataan Lagarde juga muncul setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pekan lalu bahwa AS akan menerapkan tarif 25 persen untuk baja impor dan tarif 10 persen untuk aluminium impor dengan alasan keamanan nasional.

Langkah-langkah proteksionis unilateral ini telah memicu kritik yang meluas dan memicu ancaman pembalasan dari para mitra dagang utama, meningkatkan prospek eskalasi konflik perdagangan global yang mengancam pemulihan global. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Holcim Indonesia Tbk melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penelitian Sampah di TPST Bantargebang yang dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:40 WIB

Atasi Masalah Sampah, Pemprov DKI Jakarta Jalin Kerja Sama dengan Holcim Indonesia

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Holcim Indonesia Tbk pada Selasa, 15 Januari 2019 melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penelitian Sampah di TPST Bantargebang…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 22:56 WIB

BNI-PNM Salurkan KUR Melalui Program Mekaar Naik Kelas

Menginjak usia ke-12 tahun kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, kedua BUMN tersebut mengembangkan kerjasamanya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Jumat, 18 Januari 2019 - 20:03 WIB

Menperin Airlangga Dorong Perluasan Kawasan Industri Makassar Hingga 1000 Hektare

Kementerian Perindustrian mendorong perluasan Kawasan Industri Makassar (KIMA) di Sulawesi Selatan hingga 1.000 hektare (Ha).

BPJS Kesehatan. (Foto: IST)

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:52 WIB

Ini Kata BPJS Kesehatan Soal Biaya Urunan Peserta

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peraturan baru, (Permenkes) Nomor 51 Tahun 2018 terkait Pengenaan Urun Biaya BPJS Kesehatan dan Selisih Biaya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu…

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019. Bertempat di diler Indomobil Multi Trada Pondok Indah mulai pukul 08.0016.00 WIB

Jumat, 18 Januari 2019 - 17:42 WIB

Suzuki Gelar Program 'Suzuki Day' Gratis Servis dan Oli

Untuk memanjakan pelanggan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT Indomobil Multi Trada Group menggelar program Suzuki Day pada 19 20 Januari 2019.