Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Holcim-BPBD Kabupaten Bogor Selenggarakan Forum Komunikasi Lintas Industri

Oleh : Ridwan | Kamis, 15 Maret 2018 - 09:03 WIB

Widodo Ariawan, COP Business Head Unit Holcim Beton,
Widodo Ariawan, COP Business Head Unit Holcim Beton,

INDUSTRY.co.id -Bogor, Menghadapi tren dunia bisnis yang semakin dinamis dengan kemajuanteknologi yang berkembang dengan pesat di Indonesia, dibutuhkan dukungan dari setiapwilayah daerah yang memiliki fungsi sebagai daerah perindustrian agar dapat mendukung pertumbuhan perekonomian.

Sebagai salah satu wilayah yang memiliki lokasi strategis dipinggir kota Jakarta, Bogor memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat untukmengembangkan serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan perindustrian yangsangat beragam.

Hal ini dapat terlihat dari banyaknya lokasi pariwisata dan hiburan sertaindustri-industri berkembang lainnya yang ada di Bogor.

Agar dapat lebih memaksimalkan fungsi kota Bogor sebagai salah satu motor penggerak perekonomian khususnya di sektor industri, BPBD Kabupaten Bogor bersama dengan PTHolcim Indonesia Tbk menggelar forum komunikasi antar perusahaan yangdihadiri oleh instansi-instansi Pemerintah Kabupaten Bogor seperti BPBD, Bappedalitbang, DLHdan Dinas PUPR, serta perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bogor.

Forum yang bertujuan untuk berbagi wawasan dan praktek terbaik ini,diprakarsai oleh Dinas ESDM pada tahun 2013 dan diikuti oleh enam perusahaan ada sesi perdananya. Seiring denganperkembangannya, acara ini telah berlangsung tiga putaran dandiikuti 17 perusahaan, dimana mayoritas berasal dari industri pertambangan dan instansiterkait," jelas Budi Pranowo, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Melalui tema Sustainable Solution for Societys Future, Holcim Indonesia selaku tuan rumah,memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai peran perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan agar dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dimasa ini dan di masa yang akan datang.

Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaikbagi masyarakat dan juga para pemangku kepentingan melalui solusi-solusi inovatif danberkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan perekonomian dan pembangunan masyarakat.Salah satu caranya adalah dengan berbagi praktek terbaik dalam forum ini," kata Edi Prajitno,Community Relations Manager, pabrik Narogong melalui keterangan tertulisnya di Bogor (14/3/2018).

Dalam kesempatan kali ini, Holcim memberikan penjelasan mengenai bagaimana perusahaan berhasil menciptakan solusi bernilai tambah yang dapat memberikan keuntungan bagi setiappihak yang terlibat melalui pengelolaan limbah dengan metode co-processing serta inovasibeton yang mampu memperbaiki jalan dalam waktu 7 jam, beton yang dapat menyerap air,dan beton yang memiliki performa tinggi untuk pekerjaan konstruksi lantai.

Unit bisnis pengelolaan limbah dari Holcim Indonesia di bawah bendera Geocycle, membantu banyak perusahaan di Indonesia untuk ikut mengurangi dampak kerusakan lingkungan melaluilayanan pengelolaan limbah dengan metode co-processing yang ramah lingkungan.

Melaluimetode ini, Geocycle membantu klien menjalankan kegiatan operasional sesuai peraturanyang ditetapkan oleh pemerintah serta meningkatkan posisi nya dalam hirarki manajemenlimbah.

Sedangkan beton berpori, beton untuk perbaikan jalan waktu singkat, dan beton untukkonstruksi lantai merupakan solusi inovatif dari Holcim Beton yang merupakan anakperusahaan PT Holcim Indonesia Tbk. SpeedCrete merupakan salah satu produk unggulanyang mampu memperbaiki jalan hanya dalam waktu 7 jam.

ThruCrete merupakan solusiperkerasan beton berpori yang ramah lingkungan sehingga dapat mencegah timbulnya genangan di permukaan dan sangat cocok untuk jalur pejalan kaki.

ApexCrete merupakanproduk beton khusus untuk pekerjaan konstruksi lantai dengan proses aplikasi dalam waktuyang sangat singkat.

Selain itu, Holcim Indonesia juga mengajak industri-industri yang ada di Bogor untuk berperanserta dalam membangun Kabupaten Bogor melalui solusi-solusi bernilai tambah agar dapat mendukung perekonomian negara Indonesia menjadi lebih baik.

Kami berharap, forumkomunikasi seperti ini dapat menjadi sarana yang efektif bagi seluruh industri yang ada di Kabupaten Bogor untuk mendorong kolaborasi yang baik antar perusahaan dan pemerintahyang memiliki satu tujuan yang sama yaitu memajukan kesejahteraan dan perekonomian bangsa," tutup Edi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 00:55 WIB

OJK Monitor Penyelesaian Kewajiban Jiwasraya

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik upaya yang telah dilakukan oleh Direksi dan pemegang saham PT. Jiwasraya (Persero) berkaitan…

BRI Syariah

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:37 WIB

Produk Halal BRIsyariah Sukses Gaet Milenial Jogja

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Jogja Halal Fest 2018 yang digelar di Yogyakarta pada tanggal 11 sd 14 Oktober lalu, menjadi bukti besarnya animo masyarakat terhadap produk…

Japan Airlines (JAL) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 21:00 WIB

Japan Airlines Beroperasi di Terminal 3 Bandara Soetta

Japan Airlines (JAL) beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 26 Oktober 2018 mendatang.

Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia (Foto Humas BUMN)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:45 WIB

Indonesia Pavilion Pukau Ribuan Peserta Annual Meeting IMF-WB 2018

Kehadiran Indonesia Pavilion sebagai wajah pembangunan dan budaya Indonesia yang digagas oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak 8 Oktober - 14 Oktober 2018, mendapat banyak perhatian…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 20:15 WIB

Pemerintah Usulkan Asumsi Rupiah 2019 Rp15.000

Pemerintah mengusulkan perubahan asumsi nilai tukar rupiah dalam RAPBN 2019 menjadi Rp15.000 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.500 per dolar AS.