WIKA Ekspansi Bisnis Bangun Infrastruktur di Afghanistan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 Maret 2018 - 15:07 WIB

WIKA
WIKA

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (Wika) siap mengembangkan bisnis ke Afghanistan untuk berpartisipasi dalam membangun iproyek infrastruktur di negara tersebut.

"Selain bermanfaat bagi hubungan bilateral Indonesia dan Afghanistan, prospek pembangunan infrastruktur di Afghanistan juga akan mampu memberikan manfaat bagi perseroan," kata Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (13/3/2018)

Keyakinan Bintang bahwa Wika siap masuk ke Afghanistan setelah menerima delegasi bisnis Afghanistan pada Senin (12/3/2018) di Kantor Wika, Jakarta.

Dalam kunjungan itu delegasi bisnis Afghanistan dipimpin oleh Director General of First Political Division, Ministry of Foreign Affair Islamic Republic of Afghanistan Musa Arefi, yang didampingi oleh Duta Besar Indonesia untuk Afghanistan Arief Rachman MD.

Pada pertemuan tersebut Wika dan perusahaan konstruksi Afghanistan Haji Khalil Construction Ltd. menandatangani nota kesepahaman kerja sama pengerjaan proyek infrastruktur di Afghanistan, antara General Manager Departemen Luar Negeri Wika Yulianto dengan Presiden Direktur Haji Khalil Construction Ltd. Khalil Samar Gul.

Bintang Perbowo mengungkapkan, pertemuan tersebut membuka peluang bagi Wika sebagai BUMN Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Afghanistan.

Ia menjelaskan, Wika merupakan satu-satunya BUMN Karya yang memiliki bisnis luar negeri dengan menghasilkan laba tanpa membawa kerugian.

Wika juga telah dipercaya membangun berbagai proyek infrastruktur di Aljazair, Dubai - Uni Emirat Arab, Jeddah - Kerajaan Saudi Arabia, Malaysia, Myanmar hingga Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Ke depan, perseroan mulai mempelajari berbagai proyek potensial terutama di bidang infrastruktur dan perumahan yang pembangunanya menggunakan dana dari pemerintah Afghanistan.

Sementara itu, Director General of First Political Division, Ministry of Foreign Affair Islamic Republic of Afghanistan Musa Arefi mengatakan bahwa pertemuan tersebut menjadi momentum untuk saling mengenal antara Wika dengan Afghanistan dan perusahaan asal Afghanistan.

"Wika memiliki kapasitas dan pengalaman sehingga dapat berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Afghanistan," kata Musa.

Sebagai catatan, pada akhir Januari 2017 Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Afghanistan membuka peluang kerja sama bilateral antar kedua negara, meskipun kondisi negara itu kurang kondusif terkait keamanan.

Selanjutn, Wapres Jusuf Kalla juga berkunjung ke Afghanistan dalam misi menggaungkan perdamaian di kawasan itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…