Dorong Pertumbuhan Ekonomi, PGN Pasok Gas Bumi di Kepulauan Riau

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Maret 2018 - 14:24 WIB

Pgn (Istimewa)
Pgn (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) melalui anak usahanya, PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) memasok gas bumi ke pulau-pulau wilayah Kepulauan Riau sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, pihaknya terus berkomitmen menyebarkan energi baik yakni gas bumi.

"Sebagai perusahaan milik negara, sudah menjadi tanggung jawab kami untuk turut mendorong pertumbuhan ekonomi terutama daerah yang potensial mendatangkan investasi," katanya.

Ia mencontohkan Gagas memasok kebutuhan gas pembangkit listrik PT Karimun Power Plant. "Pembangkit ini nantinya akan memasok listrik di Pulau Karimun, Kepri, khususnya di kawasan perdagangan bebas zona II," katanya.

Menurut Rachmat, pasokan berbentuk gas terkompresi (compressed natural gas/CNG) oleh Gagas tersebut harganya lebih murah dan ramah lingkungan.

"Apalagi saat ini konversi ke CNG sudah difasilitasi pemerintah dengan pemberian harga yang lebih murah bila dibandingkan bahan bakar cair," katanya.

Tambahan daya pembangkit CNG yang efisien tentunya menguntungkan bagi industri yang sudah beroperasi di Pulau Karimun. Selama ini, sebagian besar industri masih memakai genset diesel berbahan bakar minyak, yang mahal.

Rachmat menambahkan selain industri eksisting, tambahan daya listrik sekaligus menjadi daya tarik bagi calon investor di Karimun ataupun Kepulauan Riau. "Investor yang menanam modal di Karimun bisa menekan ongkos produksi dari biaya energi," ujarnya.

Gagas juga telah memberikan nilai tambah bagi PGN yang selama ini menyalurkan gas melalui pipa saja. "Dengan keberadaan Gagas ini, misi PGN sebagai penyalur energi baik terutama ke daerah-daerah pelosok bisa terealisasi lewat LNG dan CNG. Akhirnya, PGN juga turut berkontribusi terhadap ketersediaan listrik di daerah," kata Rachmat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…