IMF Dukung Indonesia Percepat Pengembangan Energi Terbarukan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Maret 2018 - 13:20 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- IFC anggota kelompok Bank Dunia dan Pemerintah Indonesia bekerja bersama untuk secara signifikan mempercepat investasi dan pengembangan energi terbarukan di negeri ini dengan menyelenggarakan "Transformational Business Day".

"IFC meningkatkan dukungan dan mobilisasi untuk proyek-proyek Climate-Smart dan tetap menjadi pendukung aktif pembangunan energi dan infrastruktur di Indonesia," ujar Direktur ReGional IFC untuk Asia Timur dan Pasifik Vivek Pathak dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (14/3/2018)

Transformational Business Day akan fokus pada pembahasan energi, gas, dan energi terbarukan di Indonesia.

Lebih dari 100 regulator, pelaku pasar, pembuat kebijakan, investor, dan para executive diharapkan hadir dalam sesi berbagi pengetahuan ini.

Sesi ini diharapkan dapat mengembangkan kemitraan baru, memanfaatkan peluang dan mempercepat pasar Indonesia yang berkembang pesat untuk transaksi energi terbarukan.

Dengan mengandalkan inovasi dan mengundang investasi sektor swasta, lanjut dia, Indonesia memiliki potensi untuk membangun proyek-proyek berkesinambungan dan beragam proyek lainnya yang akan mendukung perekonomian yang kuat dan berkembang.

IFC lembaga pembangunan global terbesar yang berfokus pada sektor swasta di Negara berkembang adalah satu investor energi terbarukan terkemuka di dunia dan telah memainkan peranan penting dalam pengembangan sektor energi terbarukan di Indonesia.

"IFC berkomitmen untuk menciptakan pasar dan meningkatkan pasar - dalam investasi swasta untuk membuka dan meningkatkan proyek energi terbarukan di Indonesia," kata Country Manager IFC untuk Indonesia, Malaysia dan Timor-Leste Azam Khan.

"Secara global, kita telah melihat bagaimana bisnis swasta dapat membantu memacu pengembangan dan investasi dalam peluang energi bersih, dan energi terbarukan di Indonesia tetap menjadi salah satu prioritas utama kami," ujar dia.

Simposium tersebut merupakan acara pertama dari rangkaian program VOYAGE TO INDONESIA yang merupakan program Kolaborasi antara Pemerintah Indonesia, Dana Moneter International ( IMF ) dan Kelompok Bank Dunia menjelang Pertemuan Tahunan Kelompok Bank Dunia 2018 di Bali.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai sumber daya alam terbesar di Planet ini, empat puluh persen dari cadangan panas bumi dunia terdapat di Indonesia Indonesia , negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini, berjuang untuk melepaskan potensi energi bersihnya dan menetapkan target ambisius untuk menghasilkan 23 persen energi terbarukan sebagai sumber energi di Negara ini pada tahun 2025, meningkat dari kondisi saat ini yaitu 5 persen energi terbarukan di dalam komponen Energy Mix di Indonesia.

Untuk meningkatkan pertumbuhan di sektor Enerji Terbarukan, di butuhkan investasi sektor swasta yang lebih besar Secara Global, dalam dasawarsa yang lalu, IFC telah menginvestasikan USD 18,3 Milliar yang merupakan dana IFC sendiri bagi pembiayaan jangka panjang untuk Smart-Climate Projects serta memobilisasi tambahan USD 11 Miliar dari Investor lain.

Melalui investasi ini IFC telah mengembangkan keakhlian di pasar utama, termasuk sumber tenaga dari matahari, sumber tenaga daya air, angin, penyimpanan energi, green building dan pengelolalan limbah ke energi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko ditemani Ketua Umum Asaki Elisa Sinaga saat melakukan kunjungan kerja ke pabrik keramik Roman dan Arwana, Serang, Banten

Selasa, 16 Oktober 2018 - 21:48 WIB

Bertemu Pengurus Asaki, Moeldoko Janji Bangkitkan Kembali Kekuatan Industri Keramik Nasional

Industri keramik nasional memiliki potensi yang sangat besar di pasar global. Tidak hanya itu saja, produk-produk keramik dalam negeri juga diakui oleh dunia internasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 20:53 WIB

Pacu Implementasi Industri Keempat, RI Jadi Garda Terdepan Transformasi Industri 4.0 di Asia

Implementasi industri 4.0 di kawasan Asia dinilai dapat membangkitkan kontribusi sektor manufaktur dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara Benua Kuning tersebut.

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 20:05 WIB

Yuk Nikmati Indahnya Surga Bawah Laut Pulau Morotai

Pulau yang secara administratif berada dalam kawasan Maluku Utara ini tak hanya punya pantai dan pasir yang lembut, tapi juga punya pemandangan bawah laut yang unik.

Yudha Fajrin pendiri sekaligus pemilik PT Kato Kuliner Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 18:05 WIB

Sempat Tak Dapat Restu Orang Tua, Yudha Fajrin si Pedagang Satay Kini Sukses di Dunia Bisnis Indonesia

Mulai berbisnis sejak usia 15 tahun, Yudha Fajrin, pria kelahiran Palembang 5 Maret 1988 yang merupakan pemilik dari Satay Kato dan beberapa produk dengan brand Kato mengaku tak pernah kapok…

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi kepada 18 KUKM potensial ekspor dengan total stand seluas 162 m2 untuk berpartisipasi dalam Trade Ekspor Indonesia (TEI) 2018 yang akan berlangsung 24-28 Oktober di ICE BSD Tangerang.

Selasa, 16 Oktober 2018 - 17:19 WIB

18 KUKM Potensial Ekspor Berkesempatan Ikuti TEI 2018

Kementerian Koperasi dan UKM memberikan fasilitasi kepada 18 KUKM potensial ekspor dengan total stand seluas 162 m2 untuk berpartisipasi dalam Trade Ekspor Indonesia (TEI) 2018 yang akan berlangsung…