Survei: Pekerja Lepas di Pasar Asia Tenggara Pernah Tidak Dibayar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 Maret 2018 - 06:41 WIB

Ilustrasi Bekerja (ist)
Ilustrasi Bekerja (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PayPal melakukan Survei Pekerja Lepas atau Global Freelancer Survey yang diikuti sebanyak 11.324 responden dari 22 pasar diseluruh dunia, termasuk 1.602 orang dari Indonesia, Singapura, Vietnam dan Filipina yang dilaksanakan secara online pada Oktober 2017 lalu.

Dari informasi yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (14/3/2018) menyebutkan, di Indonesia PayPal telah mewawancara 500 pekerja lepas dan mereka yang mempertimbangkan untuk menjadi pekerja lepas untuk mengetahui motivasi dan tantangan yang mereka hadapi, serta untuk mengidentifikasi sarana dan metode pembayaran yang dapat mendukung para pekerja lepas dalam pekerjaannya di Indonesia. 

Pekerjaan lepas menjadi tren yang semakin penting di Indonesia karena banyak orang Indonesia menikmati adanya kesempatan untuk bekerja dari mana saja, memilih pekerjaan yang mereka sukai dengan jadwal yang fleksibel. 

Tren ini, didorong oleh perubahan pola pikir yang didukung koneksi internet yang kuat, menjadi penting karena menyediakan kesempatan bagi angkatan produktif rumahan yang siap kerja untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Survei PayPal ini menunjukkan mayoritas (87%) responden mengharapkan memperoleh pekerjaan lebih banyak di masa mendatang. Pekerjaan lepas di Indonesia juga sangat beragam karena para pekerja lepas menerima pekerjaan dari berbagai sektor, baik dalam maupun luar negeri. 

Sepertiga (33%) responden Indonesia mengatakan bahwa mereka memperoleh penghasilan lebih besar dari pekerjaan lepas.
Terlepas dari manfaat yang diperoleh, para pekerja lepas juga menghadapi tantangan yang menghambat pekerjaan dan prospek mereka. 

Salah satu tantangan terbesar adalah dalam hal bayaran untuk hasil kerja mereka. Lebih dari setengah pekerja lepas pernah tidak dibayar untuk jasa yang diberikan. Isu tidak menerima bayaran ini juga menghalangi mereka yang sedang mempertimbangkan untuk menjadi pekerja lepas, dan jika dibiarkan akan menyebabkan pekerja lepas yang sudah ada mempertimbangkan kembali prospek kariernya sebagai pekerja lepas. 

Platform pembayaran seperti PayPal menyediakan cara aman bagi para pekerja lepas dan kliennya untuk mengirim dan menerima pembayaran. PayPal merupakan alat penting yang memfasilitasi pertumbuhan dan stabilitas industri pekerjaan lepas.

Pekerja lepas adalah mereka yang bekerja lepas berdasarkan kontrak sebagai pekerjaan utamanya atau untuk memperoleh pendapatan tambahan, dan melakukannya dengan komputer melalui internet. 

Mereka yang sedang mempertimbangkan untuk menjadi pekerja lepas, atau dalam survey ini disebut sebagai freelance considerer adalah mereka yang tidak sedang bekerja lepas berdasarkan kontrak namun sedang mempertimbangkannya atau berharap untuk memulainya dalam 6 bulan dan akan bekerja dengan komputer melalui internet.

Pekerja lepas di Indonesia kebanyakan pria dan berumur di bawah 40 tahun. Dari 500 responden di Indonesia, dua pertiga dari populasi pekerja lepas adalah pria, 8 dari 10 orang di antaranya berusia di bawah 40 tahun. Mayoritas (90%) responden telah menjadi pekerja lepas selama 5 atau kurang dari 5 tahun. 

Pekerja lepas di Indonesia juga memiliki penghasilan rata-rata sebesar US$14.400 dengan rata-rata 14 klien dalam setahun. Mereka juga memiliki basis klien domestik dan internasional yang cukup luas, di mana 55% dari proporsi pekerjaan berasal dari Indonesia dan sisanya dari luar negeri, termasuk Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.