Temukan Pengalaman Menarik di Lima Tempat Wisata Edukasi Ini. Dijamin Tidak Akan Menyesal!

Oleh : Dina Astria | Rabu, 14 Maret 2018 - 06:00 WIB

Kampung Horta Bogor.(Foto ist)
Kampung Horta Bogor.(Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Bogor - Sudah mainstream mengunjungi suatu tempat wisata hanya untuk jalan-jalan dan berfoto ria tanpa mendapatkan apa pun. Kini, saatnya berlibur sekaligus mendapat pengalaman unik dan pengetahuan tambahan. Ke mana lagi jika bukan ke wisata edukasi.

Nah, di Bogor ada 5 tempat wisata edukasi menarik yang bisa Anda datangi bersama keluarga besar. Berikut ulasan singkatnya:

1. Yuk, Belajar Membuat Boneka di Kampung Horta dengan Pengrajinnya Langsung

(source: Kampunghorta.com)

Pasti penasaran apa itu boneka horta. Boneka Horta atau hortikultura merupakan suatu media tanam yang terbuat dari serbuk kayu. Biasanya berbentuk hewan-hewan lucu yang menarik untuk dilihat. Jika disiram bagian kepala atau punggung, akan tumbuh rambut hijau di atasnya. Unik, bukan?

Nah, di Kampung Horta ini Anda dan anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan para pengrajinnya. Bahkan, Anda diizinkan untuk mencoba membuatnya sesuai bimbingan dan arahan mereka. Boneka unik itu pun bisa dibawa pulang dengan harga yang cukup terjangkau. Bisa dijadikan hiasan untuk menghijaukan rumah.

 

2. Rasakan Menjadi Petani Sehari di Pelita Desa

Bagi Anda yang terbiasa hidup di kota sejak kecil, pasti tidak pernah tahu seberapa keras perjuangan seorang petani untuk bisa memanen padi dan menjadikannya beras. Nah, di Pelita Desa yang terletak di Ciseeng, Bogor, Anda dapat merasakan betapa susah perjuangan seorang petani tersebut.

Di kampung wisata ini, Anda diajak untuk mencoba bercocok tanam dari mulai menanam padi, membuat pupuk dari kotoran hewan sebelum menaburkannya di atas tanaman, hingga membajak sawah dengan sapi.

Kotor dan basah memang, tapi pasti seru. Belum lagi pengalaman yang didapat. Tidak akan kapok pastinya untuk kembali lagi ke kampung wisata ini. 

 

3. Belajar Membuat Wayang dari Daun Singkong di Kampung Wisata Cinangneng

Kampung yang memang didesain khusus untuk wisata edukasi terpadu ini memberikan beberapa paket yang dapat dipilih. Di antaranya paket menanam sayur atau buah-buahan secara langsung di kebun, bermain lumpur sekaligus menanam padi bersama pak tani, mandi di sungai ditemani kerbau, bermain gamelan, dan bagian uniknya adalah membuat wayang dari daun singkong.

Keseruan dan pengalaman tersebut dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan, hasil yang Anda buat dapat dibawa pulang untuk oleh-oleh. Seperti wayang dari daun singkong dan topi caping yang dilukis sendiri. Seru, bukan? Dapat kenang-kenangan unik lagi dari Kampung Wisata Cinangneng.

 

4. Serunya Outbond di Kebun Wisata Pasirmukti

Bogor memang terkenal dengan wisata agronya. Tempat wisata lainnya berunsur agro adalah Kebun Wisata Pasirmukti yang terletak di Jalan Raya Tajur Pasirmukti.

Di kebun wisata ini, Anda bisa belajar banyak hal. Dari mulai menanam sampai membajak sawah dengan sapi. Setelah puas bermain lumpur, Anda bisa menantang diri untuk mencoba semua permainan yang ada, yaitu aneka jenis outbond dan trampolin. Serunya lagi, anak-anak bisa terjun ke kolam langsung untuk menangkap ikan. Tawa akan menguar dari wajah polos anak-anak ketika mereka berhasil menangkap ikan. Seru, bukan?

 

5. Berinteraksi dengan Hewan di Taman Safari

(source: Pikniek.com)

Tempat ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Di kebun binatang yang membebaskan hewan-hewannya untuk berkeliaran tanpa adanya kandang yang membatasi ini, anak-anak bisa belajar mengenal hewan secara langsung sekaligus berpiknik. Bahkan, mereka bisa berinteraksi dengan hewan-hewan jinak dan memberinya makan. Pasti seru dan menyenangkan, bukan untuk anak-anak?

Usai berkeliling kota Bogor, Anda tidak perlu lagi berkeliling untuk mencari penginapan murah dan nyaman. Cukup buka aplikasi Airy Rooms, maka deretan pilihan hotel di Bogor akan terpampang di layar. Semuanya menyediakan fasilitas lengkap seperti kamar mandi yang bersih, AC, TV dengan beragam channel pilihan, shower air hangat, air minum gratis, dan tentunya akses wifi secara cuma-cuma. Anda tinggal pilih mana yang lokasinya terdekat dengan lokasi wisata dan langsung bisa bermalam di sana. Liburan puas, istirahat nyaman, dan tubuh segar kembali esok harinya untuk melanjutkan perjalanan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meresmikan Future Digital Lab di Institut Teknologi Bandung (ITB)

Senin, 18 Maret 2019 - 20:30 WIB

Masuki Industri 4.0, Kemenperin Dorong Tumbuhnya Pusat Inovasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong inovasi sebagai elemen penting dari Revolusi Industri 4.0. Upaya tersebut merupakan implementasi Peta Jalan Making Indonesia 4.0 sehingga Indonesia…

Nias Selatan Open Surfing Contest di Pantai Sorake, Sumatera Utara (Foto:mediarajawalinewsonline)

Senin, 18 Maret 2019 - 20:00 WIB

Sail Nias Ajang Populerkan Surga Peselancar Dunia

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyatakan Sail Nias 2019 diharapkan dapat menjadi ajang memopulerkan Nias sebagai surga bagi peselancar dunia.

Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Maret 2019 - 19:00 WIB

Dapatkan Poin Miles Melalui Dompet Digital Sia Krispay

Mulai hari ini, anggota KrisFlyer dapat menghasilkan KrisPay miles secara instan ketika mereka berbelanja di berbagai toko di Singapura, berkat peningkatan terbaru pada aplikasi KrisPay.

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Senin, 18 Maret 2019 - 18:21 WIB

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill (Indah Kiat Tangerang), membantu warga Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan…

Crowdo (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 18 Maret 2019 - 18:12 WIB

Crowdo Akan Jadi Perwakilan Bisnis P2B Indonesia di Money2020 Asia

Crowdo, platform Peer-to-Business (P2B) Lending terkemuka di ASEAN akan mewakili fintech Indonesia di salah satu acara fintech terbesar di dunia, Money 2020 Asia pada tanggal 19-21 Maret di…