Ini Tanggapan Menpar Tentang Video Sampah di Manta Point, Bali

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 13 Maret 2018 - 17:30 WIB

Rich Horner WIsatawan Asal Inggris di Manta Point, Nusa Penida, Bali (Foto: ibtimes.co.in)
Rich Horner WIsatawan Asal Inggris di Manta Point, Nusa Penida, Bali (Foto: ibtimes.co.in)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pariwisata Indonesia, beberapa hari lalu dikejutkan dengan video yang diunggah oleh wisatawan asal Inggris bernama Rich Horner. Sayangnya, Ia menggungah sebuah video di yang memperlihatkan keindahan bawah laut di Pulau Dewata yang banyak sampah plastik.

Dalam video tersebut, Horner merekam kondisi bawah laut di Manta Point, Bali pada 3 Maret 2018 lalu. Tempat tersebut merupakan salah satu spot selam atau spot diving yang populer di kawasan Nusa Penida yang dipenuhi oleh sampah plastik dan bungkus makanan yang mengapung di dasar laut. Bahkan, tidak terlihat biota laut seperti ikan dan terumbu karang yang hidup di sana.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan atas kejadian tersebut. "Yang pertama, harus kita klarifikasi, akan  lebih baik masukan itu kalau yang memberi masukan itu jelas, sehingga tidak seperti sekarang. Ada temen di Lembongan bilang kejadian tersebut tidak seperti itu, makanya harus diklrafikasi lagi," kata Arief Yahya saat ditemui usai Rapat Koordinasi Menaikkan Posisi Indonesia pada Kompetisi Pariwisata International, di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Arief juga meminta untuk menindaklanjuti kejadian tersebut kepada sejumlah lembaga dan Kementerian untuk menuntaskan hal tersebut.

"Kita akan menindaklanjuti akan hal itu, teman-teman dari Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan)  dan Kemenko Kemaritiman akan me-lead (memimpin) pembersihan sampah. Itu yang sekarang menjadi perhatian pemerintah pusat," ujar Arief.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…