Presiden Jokowi Berharap Kerja Sama Pemerintah-Ulama Terjaga Baik

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 Maret 2018 - 16:51 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Haul Majemuk Masyayikh di Situbondo (Foto Setpres)
Presiden Jokowi Hadiri Haul Majemuk Masyayikh di Situbondo (Foto Setpres)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kerja sama antara pemerintah dengan ulama dapat terus terjalin dengan baik.

"Beliau menyampaikan beberapa persoalan berbangsa dan bernegara, intinya adalah bahwa beliau sangat berharap kerja sama antara pemerintah dan ulama terus terjalin dengan baik," kata Juru Bicara Ulama Kalsel Hafiz Anshari usai silaturahim Presiden Jokowi dengan Ulama Kalimantan Selatan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/3/2018)

Presiden Jokowi, lanjut Hafiz, mengatakan jika pemerintah dan ulama bersatu maka pembinaan, pengembangan kesejahteraan umat akan lebih terlaksana dengan baik.

"Oleh kerena itu beliau menyampaikan informasi kepada kami yang ada di sini, tentu kita juga yang hadir, bisa memberikan kontribusi yang baik untuk bangsa dan negara ini," kata Hafiz yang juga Wakil Ketua MUI Kalsel itu.

Ketika ditanya peran atau kontribusi apa yang akan diberikan ulama, Hafiz mengatakan, pihaknya menginginkan tidak hanya ceramah dan tausiyah keagamaan saja.

"Tetapi dalam hal yang konkret, yang menonjol sedikit tentang pembianaan ekonomi syariah, bagaimana ekonomi syariah itu berkembang bisa menjadi satu sistem ekonomi yang menjadi bagian terpenting dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara ini," tuturnya.

Menurut dia, karena masyarakat Indonesia mayoritas muslim maka perlu keterlibatan ulama, bukan hanya tausiyah tapi langsung di lapangan terlibat.

"Beliau merespons bagus. Beliau juga menyampaikan upaya pengembangan ekonomi syariah sudah dilakukan pemerintah," ujarnya.

Ketika ditanya apakah ulama Kalsel mendukung Jokowi di Pilpers 2019, Hafiz mengatakan secara eksplisit pihaknya tidak menyatakan itu.

"Kami menegaskan bahwa yang hadir ini siap untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan program kerjanya, sampai di situ aja, karena kita tidak ada muatan politis di sini, tapi paling tidak kita ingin bekerja sama di sini, sejauh pemerintah itu melaksanakan aktivitas pembangunan yang positif, adalah kewajiban ulama memberikan dukungan, kalau maksiat tidak didukung apapun alasannya, kalau baik wajib didukung," paparnya.

Ia menyebutkan ulama juga bisa berperan dalam meredam konflik karena adanya perbedaan paham dan pemikirian.

"Ada keberagaman paham, keberagaman pemikiran, yang bisa menjadi pemicu konflik di antara kita. Ulama bisa berperan di situ, bisa meredam itu," demikian Hafiz.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan dan teknologi iradiator

Sabtu, 22 September 2018 - 17:46 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Iradiator Gamma Untuk Dorong Ekspor Buah Segar

INDUSTRY.co.id -

Tangerang Selatan - Indonesia sebagai negara tropis mempunyai varian buah cukup tinggi. Setiap daerah di tanah air memiliki produk unggulan dan sudah…

Indonesia Properti Expo 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 17:15 WIB

Resmi Dibuka, BTN Tawarkan KPR Zero di Ajang IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018. Dalam event tersebut, BTN memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tingkat bunga flat 6,5% selama…

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…