Presiden Jokowi Berharap Kerja Sama Pemerintah-Ulama Terjaga Baik

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 Maret 2018 - 16:51 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Haul Majemuk Masyayikh di Situbondo (Foto Setpres)
Presiden Jokowi Hadiri Haul Majemuk Masyayikh di Situbondo (Foto Setpres)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kerja sama antara pemerintah dengan ulama dapat terus terjalin dengan baik.

"Beliau menyampaikan beberapa persoalan berbangsa dan bernegara, intinya adalah bahwa beliau sangat berharap kerja sama antara pemerintah dan ulama terus terjalin dengan baik," kata Juru Bicara Ulama Kalsel Hafiz Anshari usai silaturahim Presiden Jokowi dengan Ulama Kalimantan Selatan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/3/2018)

Presiden Jokowi, lanjut Hafiz, mengatakan jika pemerintah dan ulama bersatu maka pembinaan, pengembangan kesejahteraan umat akan lebih terlaksana dengan baik.

"Oleh kerena itu beliau menyampaikan informasi kepada kami yang ada di sini, tentu kita juga yang hadir, bisa memberikan kontribusi yang baik untuk bangsa dan negara ini," kata Hafiz yang juga Wakil Ketua MUI Kalsel itu.

Ketika ditanya peran atau kontribusi apa yang akan diberikan ulama, Hafiz mengatakan, pihaknya menginginkan tidak hanya ceramah dan tausiyah keagamaan saja.

"Tetapi dalam hal yang konkret, yang menonjol sedikit tentang pembianaan ekonomi syariah, bagaimana ekonomi syariah itu berkembang bisa menjadi satu sistem ekonomi yang menjadi bagian terpenting dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara ini," tuturnya.

Menurut dia, karena masyarakat Indonesia mayoritas muslim maka perlu keterlibatan ulama, bukan hanya tausiyah tapi langsung di lapangan terlibat.

"Beliau merespons bagus. Beliau juga menyampaikan upaya pengembangan ekonomi syariah sudah dilakukan pemerintah," ujarnya.

Ketika ditanya apakah ulama Kalsel mendukung Jokowi di Pilpers 2019, Hafiz mengatakan secara eksplisit pihaknya tidak menyatakan itu.

"Kami menegaskan bahwa yang hadir ini siap untuk mendukung pemerintah dalam melaksanakan program kerjanya, sampai di situ aja, karena kita tidak ada muatan politis di sini, tapi paling tidak kita ingin bekerja sama di sini, sejauh pemerintah itu melaksanakan aktivitas pembangunan yang positif, adalah kewajiban ulama memberikan dukungan, kalau maksiat tidak didukung apapun alasannya, kalau baik wajib didukung," paparnya.

Ia menyebutkan ulama juga bisa berperan dalam meredam konflik karena adanya perbedaan paham dan pemikirian.

"Ada keberagaman paham, keberagaman pemikiran, yang bisa menjadi pemicu konflik di antara kita. Ulama bisa berperan di situ, bisa meredam itu," demikian Hafiz.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Apindo. (Foto: IST)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Dunia Usaha Mengeluh, Apindo Minta Pasal-Pasal RUU SDA Dianulir

RUU Sumber Daya Air yang saat ini sedang di godok di DPR menimbulkan banyak persoalan. Banyak pihak melihat pasal-pasal dalam RUU SDA harus di anulir. Hal itu disampaikan Tim Kajian Publik Asosiasi…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Menhub Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Keselamatan Pelabuhan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keselamatan pelabuhan di Indonesia.

Basarnas (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00…

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

DPR Desak Kemenhub Segera Benahi Semua Transportasi Air

Tim SAR Gabungan dan Posko Harian Mudik Nasional Kementerian Perhubungan diharapkan dapat bekerja maksimal mencari dan menemukan korban hilang pada tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan…

Penyerang Timnas Rusia Artem Dzyuba (kanan) merayakan golnya ke gawang Mesir (Paul ELLIS / AFP)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:06 WIB

Taklukan Mesir, Rusia Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Tuan rumah Rusia memperkuat posisi dalam Piala Dunia 2018 yang berhasil lolos pada babak 16 besar, setelah semalam mengalahkan skuad timnas Mesir 3-1. Jika pada pertandingan sebelumnya Rusia…