Petani Keluhkan Produksi Kopi Gayo Menurun

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Maret 2018 - 11:26 WIB

Kopi Indonesia (Foto Ist)
Kopi Indonesia (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Takengon- Para petani di Kabupaten Aceh Tengah mengeluhkan produksi kopi yang terus menurun dalam kurun waktu dua tahun terakhir, sehingga berdampak terhadap ekonomi mereka.

Arman, seorang petani di Kampung Bahgie, Kecamatan Bebesen Senin (12/3/2018)  mengatakan, dampak berkurangnya hasil panen kopi sangat dirasakan para petani seperti dirinya, khususnya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

"Dua tahun terakhir ini, produksi kopi terus menurun. Kebun saya luasnya kurang lebih satu hektare normalnya bisa menghasilkan 60 sampai 80 kaleng kopi sekali panen. Tapi sekarang hanya 20 kaleng," tutur dia.

Arman menjelaskan dalam takaran satu kaleng kopi yang lazim digunakan oleh petani kopi di Gayo berisi 3 kilogram biji kopi gabah merah.

Ditanya penyebab menurunnya hasil panen, petani ini menduga akibat faktor cuaca yang berubah.

Petani lainnya, Inen Usda yang memiliki kebun seluas setengah hektare di kawasan Pantan Terong Kampung Bahgie, juga mengaku hasil panen di kebun kopi miliknya terus menurun.

Dikatakan, biasanya kebun kopinya bisa menghasilkan 40 kaleng biji merah dalam sekali panen, tapi sekarang menurun menjadi 10 kaleng.

Kopi merupakan komoditi andalan di Kabupaten Aceh Tengah. Hampir 80 persen masyarakat daerah ini adalah petani kopi.

Kopi gayo telah sejak lama mendapatkan tempat istimewa di kalangan pecinta kopi dunia. Tercatat, Arabica Gayo sangat digemari oleh konsumen di Amerika, Eropa, dan Jepang.

Mereka menyebut kopi gayo sangat istimewa dan dikatagorikan sebagai kopi spesialty.

Kopi gayo dikenal memiliki aroma khas dengan perisa (flavor) kompleks dan kekentalan (body) yang kuat.

Berdasarkan penilaian hasil uji cita rasa kopi yang diterapkan oleh sebuah asosiasi kopi di Amerika, yakni Specialty Coffee Asotiation of Amerika (SCAA) yang mengkatagorikan kopi dengan skor poin di atas angka 80 sebagai kopi spesialty; maka kopi gayo telah mengantongi nilai sempurna.

Berkali-kali hasil uji cita rasa (cupping test) terhadap kopi gayo, menunjukkan nilai tertinggi diangka 86-90 poin. Nilai itu cukup untuk menobatkan kopi gayo sebagai kopi terbaik nomor 1 di dunia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Presiden Direktur PT SPV, Christian Oberleitner (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 16:17 WIB

Dukung Program Citarum Harum, South Pacific Viscose Terus Tingkatkan Standar dan Kualitas IPAL

untuk menjaga kelestrasian lingkungan, khususnya Citarum, PT. South Pacific Viscose telah mengikuti semua regulasi dari pemerintah dan mematuhi segala perarturan yang telah dikeluarkan.