Bank asal Jepang Ini Minati Proyek Jakarta -Surabaya

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 13 Maret 2018 - 11:03 WIB

Ilustrasi Kereta Cepat (Ist)
Ilustrasi Kereta Cepat (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya tampaknya menarik minat sejumlah pihak untuk ikut terlibat di dalamnya. Salah satunya adalah Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

CEO, Executive Managing Director JBIC Tadashi Maeda mengatakan pihaknya tak hanya tertarik dalam hal pendanaan melainkan juga bagaimana membuat proyek kereta Jakarta-Surabaya lebih menarik bagi para investor.

"Enggak hanya soal pendanaan, tapi juga beberapa saran bagaimana kami bisa membuat proyek ini lebih menarik bagi calon investor dari swasta," ujarnya dalam keterangan persnya kemarin.

Menurut JBIC, proyek kereta yang menghubungkan dua kota terbesar Indonesia itu tak hanya sekedar proyek kereta dengan kecepatan tinggi. Tetapi, juga menjadi bentuk upaya pemerintah dalam mengembangkan kawasan tersebut, termasuk pengembangan perekonomiannya.

Tadashi menegaskan proyek kereta Jakarta-Surabaya cukup penting bagi Jepang. Pasalnya, rasa kecewa mereka masih cukup membekas mengingat proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah diambil alih oleh China.

"Jakarta-Surabaya sangat penting karena kita sudah kalah di proyek [kereta] Jakarta-Bandung oleh China. Sejauh ini [proyek itu] belum mulai kan? Kami bukan China, kami Jepang, dan lebih tepat waktu," tegasnya.

Saat ini, JICA tengah melakukan pre-feasibity study untuk proyek kereta Jakarta-Surabaya.

Berdasarkan catatan Bisnis, groundbreaking proyek tersebut akan dimulai pada akhir tahun ini. Pemerintah memproyeksi nilai proyeknya mencapai kisaran Rp60 triliun-Rp100 triliun.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sempat menyatakan sejauh ini pembicaraan perihal pembiayaan untuk proyek tersebut berasal dari pinjaman Jepang

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Indonesia

Selasa, 11 Desember 2018 - 07:00 WIB

BI: Penjualan Eceran Oktober 2018 Meningkat

Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan adanya pertumbuhan penjualan eceran di Oktober 2018, yang tercermin dari kenaikan Indeks Penjualan Riil 2,9 persen (tahun ke tahun/year…

World Bank (Foto Ist)

Selasa, 11 Desember 2018 - 06:40 WIB

Bank Dunia Minta Pemerintah Dorong Masyarakat Melek Teknologi

Bank Dunia meminta kepada pemerintah Indonesia agar terus mendorong masyarakat untuk melek teknologi (digital literacy) sekaligus menguasai kemampuan teknologi.

Rakernas HIPMI PT di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Minggu (09/12/2018).

Senin, 10 Desember 2018 - 22:52 WIB

HIPMI PT Targetkan Cetak Satu Juta Wirausaha Pemula Mandiri

Ketua Umum HIPMI, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) menargetkan akan mencetak satu juta wirausaha pemula mandiri.

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 19:00 WIB

Garuda Indonesia Mulai Operasikan Layanan Vintage Flight Experience

Maskapai nasional Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan "Vintage" bertajuk "Garuda Indonesia Vintage Flight Experience" yang ditandai dengan pengoperasian penerbangan pertama vintage flight…

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 18:25 WIB

Dinilai Mampu Sumbang Devisa, Danone Ajak Media Industri Kenali Sisi Positif dari Sampah Plastik

PT Danone Indonesia bekerjasama dengan Forum Wartawan Industri (Forwin) mengadakan Workshop Media dengan tema "Inovasi dan Kontribusi Industri Menerapkan Model Pengelolaan Sampah Plastik yang…