Bank asal Jepang Ini Minati Proyek Jakarta -Surabaya

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 13 Maret 2018 - 11:03 WIB

Ilustrasi Kereta Cepat (Ist)
Ilustrasi Kereta Cepat (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya tampaknya menarik minat sejumlah pihak untuk ikut terlibat di dalamnya. Salah satunya adalah Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

CEO, Executive Managing Director JBIC Tadashi Maeda mengatakan pihaknya tak hanya tertarik dalam hal pendanaan melainkan juga bagaimana membuat proyek kereta Jakarta-Surabaya lebih menarik bagi para investor.

"Enggak hanya soal pendanaan, tapi juga beberapa saran bagaimana kami bisa membuat proyek ini lebih menarik bagi calon investor dari swasta," ujarnya dalam keterangan persnya kemarin.

Menurut JBIC, proyek kereta yang menghubungkan dua kota terbesar Indonesia itu tak hanya sekedar proyek kereta dengan kecepatan tinggi. Tetapi, juga menjadi bentuk upaya pemerintah dalam mengembangkan kawasan tersebut, termasuk pengembangan perekonomiannya.

Tadashi menegaskan proyek kereta Jakarta-Surabaya cukup penting bagi Jepang. Pasalnya, rasa kecewa mereka masih cukup membekas mengingat proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah diambil alih oleh China.

"Jakarta-Surabaya sangat penting karena kita sudah kalah di proyek [kereta] Jakarta-Bandung oleh China. Sejauh ini [proyek itu] belum mulai kan? Kami bukan China, kami Jepang, dan lebih tepat waktu," tegasnya.

Saat ini, JICA tengah melakukan pre-feasibity study untuk proyek kereta Jakarta-Surabaya.

Berdasarkan catatan Bisnis, groundbreaking proyek tersebut akan dimulai pada akhir tahun ini. Pemerintah memproyeksi nilai proyeknya mencapai kisaran Rp60 triliun-Rp100 triliun.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sempat menyatakan sejauh ini pembicaraan perihal pembiayaan untuk proyek tersebut berasal dari pinjaman Jepang

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…