Tingkatkan Branding Wonderful Indonesia, Kemenpar Bentuk Winning Team

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 12 Maret 2018 - 19:10 WIB

Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)
Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden RI Joko Widodo yang telah menetapkan Indonesia sebagai leading sector membuat Kementerian Pariwisata tak hentinya melakukan berbagai upaya untuk terus mempromosikan dan mengembangkan pariwisata Indonesia.

Salah satunya dengan menggandeng berbagai pihak terkait seperti industri pariwisata untuk mendukung pemenangan branding Wonderful Indonesia pada ajang penghargaan pariwisata internasional.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisatamenggelar Rapat Koordinasi Menaikkan Posisi Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Tingkat Internasional di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Menurut data dari Global Competitiveness Report yang dirilis oleh World Economic Forum, dimana pada tahun 2018 Indonesia meraih ranking 36 dari 137 negara, naik lima peringkat dari posisi 41 di tahun 2017.

Selain itu, menurut Travel and Tourism Competitiveness Report 2017 yang juga dikeluarkan oleh WEF, Indonesia menempati peringkat ke 42, naik delapan peingkat dibanding peringkat 50 di tahun 2015.

Menurut Arief Yahya, Menteri Pariwista mengatakan bahwa Indonesia telah meraih 46 penghargaan internasional selama tahun 2016 dantahun 2018 ini Kementerian Pariwisata menargetkan raih 50 penghargaan internasional.

"Hal itu meningkatkan confidence, calibratiion dan credibility kita. Makanya, harus ada Tim Pemenangan atau Winning Team yang sudah dibentuk. Sebab, kemenanagan itu direncanakan," kata Arief Yahya pada pembukaanRapat Koordinasi Menaikkan Posisi Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Tingkat Internasional, di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Sementara, menurut I Gde Pitana selaku Deputi Pengembangan Pemasaran I mengatakan, bahwa pencapaian awards-awards tersebut dapat mendatangkan turis dan dapat pengakuan dari dunia.

"Awards bukan hanya selembar kertas, tetapi mengandung unsur 3 C juga yaitu calibration, confidence, dan credibility. Di mana, untuk bidang pemasaran juga digunakan untuk membantu promosi pariwisata," ujarnya.

Saat ini Kementerian Pariwisata telah memetakan prioritas yang dianggap sebagai program utama pemenangan Branding Wonderful Indonesia pada ajang kompetisi penghargaan (awards) kepariwisataan tingkat internasional, yaitu fora United Nation-World Tourism Organization (UNWTO), The World Legacy Awards (WLA), Asean Tourism Association (ASEANTA), The World Travel & Tourism Council (WTTC) dan Travel FilmFest (TRAFF).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pelabuhan (Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:15 WIB

PORT Bidik Rights Issue Senilai Rp1,1 Triliun

INDUSTRY.co.id - PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) siap melakukan rights issue 1,5 miliar lembar saham.

Ilustrasi Ekspor (ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:00 WIB

Komoditi Indonesia Tertekan Perang Dagang AS-China

INDUSTRY.co.id - Perang dagang AS dan China diperkirakan akan berdampak ke ekonomi Indonesia. AS menerapkan tarif hingga 25 persen dari barang impor China, tak mau kalah China akan membalas…

OPEC (Foto Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:54 WIB

AS-China Turunkan Harga Minyak, OPEC Akan Tentukan Produksi Minyak

INDUSTRY.co.id - Saudi Arabia Pemimpin Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan Rusia mengusulkan pengurangan produksi namun ditentang sebagian anggota OPEC lainnya. Hal…

Megawati Sukarno Putri. (Foto: IST)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:00 WIB

Ketum PDI-P Dijadwalkan Hadiri Haul Bung Karno di Blitar

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menghadiri acara haul ayahnya, Soekarno (Bung Karno), yang masih dalam satu rangkaian peringatan bulan Bung Karno di kawasan makam, Kelurahan…

Ilustrasi tol JORR

Selasa, 19 Juni 2018 - 17:29 WIB

Kementerian PUPR Tunda Penerapan Integrasi Sistem Transaksi Tol JORR

Kualitas layanan jalan tol melalui integrasi sistem ini, pertama adalah meningkatnya efisiensi waktu tempuh karena transaksi hanya dilakukan satu kali