Tingkatkan Branding Wonderful Indonesia, Kemenpar Bentuk Winning Team

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 12 Maret 2018 - 19:10 WIB

Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)
Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden RI Joko Widodo yang telah menetapkan Indonesia sebagai leading sector membuat Kementerian Pariwisata tak hentinya melakukan berbagai upaya untuk terus mempromosikan dan mengembangkan pariwisata Indonesia.

Salah satunya dengan menggandeng berbagai pihak terkait seperti industri pariwisata untuk mendukung pemenangan anding Wonderful Indonesia pada ajang penghargaan pariwisata internasional.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisatamenggelar Rapat Koordinasi Menaikkan Posisi Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Tingkat Internasional di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Menurut data dari Global Competitiveness Report yang dirilis oleh World Economic Forum, dimana pada tahun 2018 Indonesia meraih ranking 36 dari 137 negara, naik lima peringkat dari posisi 41 di tahun 2017.

Selain itu, menurut Travel and Tourism Competitiveness Report 2017 yang juga dikeluarkan oleh WEF, Indonesia menempati peringkat ke 42, naik delapan peingkat dibanding peringkat 50 di tahun 2015.

Menurut Arief Yahya, Menteri Pariwista mengatakan bahwa Indonesia telah meraih 46 penghargaan internasional selama tahun 2016 dantahun 2018 ini Kementerian Pariwisata menargetkan raih 50 penghargaan internasional.

"Hal itu meningkatkan confidence, caliatiion dan credibility kita. Makanya, harus ada Tim Pemenangan atau Winning Team yang sudah dibentuk. Sebab, kemenanagan itu direncanakan," kata Arief Yahya pada pembukaanRapat Koordinasi Menaikkan Posisi Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Tingkat Internasional, di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Sementara, menurut I Gde Pitana selaku Deputi Pengembangan Pemasaran I mengatakan, bahwa pencapaian awards-awards tersebut dapat mendatangkan turis dan dapat pengakuan dari dunia.

"Awards bukan hanya selembar kertas, tetapi mengandung unsur 3 C juga yaitu caliation, confidence, dan credibility. Di mana, untuk bidang pemasaran juga digunakan untuk membantu promosi pariwisata," ujarnya.

Saat ini Kementerian Pariwisata telah memetakan prioritas yang dianggap sebagai program utama pemenangan Branding Wonderful Indonesia pada ajang kompetisi penghargaan (awards) kepariwisataan tingkat internasional, yaitu fora United Nation-World Tourism Organization (UNWTO), The World Legacy Awards (WLA), Asean Tourism Association (ASEANTA), The World Travel & Tourism Council (WTTC) dan Travel FilmFest (TRAFF).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…