Tingkatkan Branding Wonderful Indonesia, Kemenpar Bentuk Winning Team

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 12 Maret 2018 - 19:10 WIB

Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)
Menpar Arief Yahya (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden RI Joko Widodo yang telah menetapkan Indonesia sebagai leading sector membuat Kementerian Pariwisata tak hentinya melakukan berbagai upaya untuk terus mempromosikan dan mengembangkan pariwisata Indonesia.

Salah satunya dengan menggandeng berbagai pihak terkait seperti industri pariwisata untuk mendukung pemenangan branding Wonderful Indonesia pada ajang penghargaan pariwisata internasional.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisatamenggelar Rapat Koordinasi Menaikkan Posisi Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Tingkat Internasional di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Menurut data dari Global Competitiveness Report yang dirilis oleh World Economic Forum, dimana pada tahun 2018 Indonesia meraih ranking 36 dari 137 negara, naik lima peringkat dari posisi 41 di tahun 2017.

Selain itu, menurut Travel and Tourism Competitiveness Report 2017 yang juga dikeluarkan oleh WEF, Indonesia menempati peringkat ke 42, naik delapan peingkat dibanding peringkat 50 di tahun 2015.

Menurut Arief Yahya, Menteri Pariwista mengatakan bahwa Indonesia telah meraih 46 penghargaan internasional selama tahun 2016 dantahun 2018 ini Kementerian Pariwisata menargetkan raih 50 penghargaan internasional.

"Hal itu meningkatkan confidence, calibratiion dan credibility kita. Makanya, harus ada Tim Pemenangan atau Winning Team yang sudah dibentuk. Sebab, kemenanagan itu direncanakan," kata Arief Yahya pada pembukaanRapat Koordinasi Menaikkan Posisi Indonesia pada Kompetisi Pariwisata Tingkat Internasional, di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Sementara, menurut I Gde Pitana selaku Deputi Pengembangan Pemasaran I mengatakan, bahwa pencapaian awards-awards tersebut dapat mendatangkan turis dan dapat pengakuan dari dunia.

"Awards bukan hanya selembar kertas, tetapi mengandung unsur 3 C juga yaitu calibration, confidence, dan credibility. Di mana, untuk bidang pemasaran juga digunakan untuk membantu promosi pariwisata," ujarnya.

Saat ini Kementerian Pariwisata telah memetakan prioritas yang dianggap sebagai program utama pemenangan Branding Wonderful Indonesia pada ajang kompetisi penghargaan (awards) kepariwisataan tingkat internasional, yaitu fora United Nation-World Tourism Organization (UNWTO), The World Legacy Awards (WLA), Asean Tourism Association (ASEANTA), The World Travel & Tourism Council (WTTC) dan Travel FilmFest (TRAFF).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan dalam acara penghargaan Industri Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:40 WIB

Penerapan Industri Hijau Mampu Hemat Energi Sebesar Rp1,8 Triliun dan Air Mencapai Rp 27 Miliar

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, hasil assessement penghargaan industri hijau tahun 2018, diperoleh penghematan energi sesebesar Rp 1,8 miliar dan air sebesar Rp 27 miliar.

Mayjen Hafil digadang-gadang jadi pimpinan PB POBSI

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:36 WIB

‎19 Pengprov POBSI Alihkan Dukungan ke Mayjen Hafil

Jakarta - Sebanyak 19 Pengurus Provinsi Persatuan Olah Raga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) mengalihkan dukungannya ke Mayjen TNI A Hafil sebagai Ketua Umum PB POBSI. Sebelumnya dukungan ini…

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:22 WIB

Menperin: Konsumsi Olahan Buah Masih Rendah, Indonesia Miliki Peluang Besar di Industri Mamin

Menteri Airlangga mengatakan, Indonesia sebagai negara tropis penghasil buah-buahan eksotis mempunyai potensi dalam pengembangan produk olahan buah seperti buah dalam kaleng, minuman sari buah,…

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 12:42 WIB

Dukung Industri 4.0, Re.juve Datangkan Teknologi High-Pressure Pertama di Indonesia

PT Sewu Segar Primatama (anak perusahaan PT Sewu Sentral Primatama), perusahaan nasional pemroduksi coId-pressed juice dengan merek dagang Re.juve, meresmikan Real CoId-Pressed Facility (CPF)…

Para Pemain, Sutradara, dan Produser film Down Swan

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:54 WIB

Film Down Swan Angkat Tema Tentang Anak Down Syndrom

Di tengah booming-nya film horor, production house (PH) baru bernama Adiksi Film siap memproduksi film drama keluarga yang bercerita seputar dunia anak anak berkebutuhan khusus, berjudul Down…