Wapres JK Terima Penghargaan Bidang Kemasyarakatan dari UNS

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Maret 2018 - 17:21 WIB

Wapres Jusuf Kalla (Foto Ist)
Wapres Jusuf Kalla (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Solo- Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla menerima penghargaan tertinggi di bidang kemasyarakatan dan kemanusiaan "Parasamnya Anugraha Dharma Krida Baraya" dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

"Atas penganugerahan dan penghargaan ini saya ucapkan terima kasih. Bagaimanapun juga kemanusiaan merupakan amanah dan amal ibadah kita sebagai umat beragama," kata Jusuf Kalla saat menerima penghargaan tersebut di Auditorium UNS Solo, Senin (12/3/2018)

Ia mengatakan mengenai penyelesaian persoalan kebangsaan dan keagamaan merupakan kewajiban seluruh elemen masyarakat. Ia juga mengajak masyarakat untuk bersyukur hidup di negara Indonesia yang memiliki rasa persatuan cukup tinggi.

"Pada minggu lalu saya baru kembali dari Afganistan yang sampai saat ini masih menghadapi konflik. Oleh karena itu, kita harus bersyukur tinggal di Indonesia karena negara ini memiliki kesatuan yang luar biasa," katanya.

Meski memiliki kesatuan, dikatakannya, bukan berarti tidak terjadi konflik di Indonesia. Ia mengatakan beberapa konflik sebagian terjadi karena ketidakadilan ekonomi, politik, dan sosial di masyarakat.

"Oleh karena itu, ciptakanlah keadilan. Kepada seluruh pemimpin termasuk saya, keadilanlah yang harus menjadi pokok. Bagaimana menyelesaikan masalah adalah mengingatkan dan memberikan jalan lurus," katanya.

Sementara itu, Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi mengatakan pemberian pengharaan tersebut merupakan bentuk apresiasi UNS atas dasar ketokohan dan kepeloporan yang luar biasa Jusuf Kalla di bidang kemasyarakatan dan kemanusiaan.

"Dia selalu berusaha mengalah, selain itu pertimbangan kami adalah beliau adalah orang yang termasuk antiperang. Menjadi tokoh teladan yang memberikan contoh ke kita khususnya almamater UNS," katanya seperti dilansir Antara.

Pada kesempatan tersebut, Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengapresiasi pemberian penghargaan tersebut mengingat kiprah dan ketokohan JK di bidang kemasyarakatan dan kemanusiaan.

"Beliau adalah juru damai ulung untuk konflik Aceh, Poso, dan Maluku," katanya.

Sedangkan dari sisi pemerintahan, duet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mampu memberikan kemajuan bagi Bangsa Indonesia salah satunya dari sisi penurunan angka kemiskinan.

"Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan nasional turun signifikan dalam kurun waktu satu tahun terakhir," katanya.

Ia mengatakan jika per bulan September 2016 jumlah penduduk miskin nasional sebanyak 27,76 juta, untuk periode yang sama tahun 2017 turun menjadi 26,58 juta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin