Pelindo III Gandeng Tiga Perusahaan Besar Kembangkan Pelabuhan Waingapu

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 12 Maret 2018 - 13:15 WIB

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.
Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Pembangunan infrastruktur logistik di daerah sangat penting untuk meningkatkan ekonomi. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang jasa kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia HI (Persero) atau Pelindo lll berperan aktif dalam pengembangan ekonomi daerah, terutama melalui sinergi bersama pihak swasta untuk efesiensi biaya dan memajukan iklim usaha setempat.

Kolaborasi dengan pihak swasta tersebut diwujudkan lewat penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal. Penandatanganan MoC dilakukan di kantor perwakilan Pelindo Ill, Parama Tamansad Office Tower, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta, Senin (12/3).

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh CEO Pelindo Ill Ari Askhara, Direktur II PT Muria Sumba Manis Welly, Direktur Utama PT Sriboga Flour Mill Alwin Arifm, CEO Adaro Group/PT Indonesia Bulk Terminal Garibaldi Thohir, serta disaksikan langsung oleh Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan Ahmad Bambang

Ari Askhara menjelaskan, kerja sama dengan PT Muria Sumba Manis yakni terkait penyediaan fasilitas dan pelayanan jasa kepelabuhanan dan jasa terkait untuk pembangunan perkebunan tebu dan pabrik gula di Pelabuhan Kawasan Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Perkebunan tebu dan pabrik gula yang akan dioperasikan PT Muria Sumba Manis membutuhkan fasilitas pelabuhan, penunjang pelabuhan dan peralatan bongkar muat yang memadai.

Berdasarkan pertimbangan geografls pelabuhan yang paling strategis untuk dapat digunakan pada Proyek Tebu tersebut adalah Pelabuhan Waingapu yang masuk dalam kawasan Pelabuhan Tenau Kupang yang merupakan wilayah kerja cabang Pelindo III. Pada proyek perkebunan tebu dan pabrik gula ini, kapal akan sandar di Pelabuhan Waingapu dan proses bongkar muat dan penumpukan akan ditangani oleh Pelindo Ill.

“Pelindo II! tidak hanya menjalankan bisnis dengan mengoptimalkan aset Pelabuhan Waingapu yang sangat strategis untuk mendukung pengembangan perkebunan tebu dan pabrik gula PT Muria Sumba Manis, tetapi juga ada semangat besar untuk turut mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi kawasan timur Indonesia," tegas Ari Askhara.

Sementara itu, Pelindo Ill menggandeng PT Sriboga Flour Mill untuk pengelolaan fasilitas pelabuhan untuk terminal curah kering-food grain di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Ari memaparkan, Pelindo lll akan mengoptimalkan penggunaan aset pelabuhan, Sriboga Flour Mill akan mendapatkan hak pengelolaan dua bidang tanah sekitar 40.000 meter persegi untuk membangun fasilitas pelabuhan berupa terminal curah kering-food grain untuk mendukung kebutuhan industri dan masyarakat pada jangka panjang.

Konsep kerja sama yang digunakan adalah BTO (build-transfer-operate) untuk 16 unit silo, suction, dan dermaga yang 30 persen permodalan dari Pelindo III dan 70 persen dari Sriboga.

                                                                                         

“Pemerintah melalui Pelindo lll bersinergi dengan swasta untuk membangun bangsa. Konsep BTO membuat negara lebih hemat dalam berinvestasi untuk pembangunan. Karena modal investasi ditanggung bersama dengan swasta," ujar Ari Askhara.

Selain itu, Pelindo III juga menandatangani perjanjian pendahuluan tentang pembentukan perusahaan usaha patungan dengan PT Indonesia Bulk Terminal. Pembuatan perusahaan patungan ini untuk mengembangkan pelabuhan pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mekar putih, Kalimantan Selatan, menjadi suatu pelabuhan umum yang dapat melayani kebutuhan industri dan masyarakat sehingga menunjang pembangunan nasional.

“Kerja sama ini khususnya untuk mengembangan Pelabuhan Mekar Putih sebagai pusat pelabuhan penghubung  yang strategis dan terminal curah yang menangani barang-barang curah kering dan curah cair, serta komoditas lainnya,” pungkas Ari Askhara.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…