Markobar Mulai Buka Kesempatan Waralaba

Oleh : Dina Astria | Senin, 12 Maret 2018 - 17:00 WIB

Bisnis kuliner Markobar milik Gibran, putra Presiden Jokowi. (Source: Markobar)
Bisnis kuliner Markobar milik Gibran, putra Presiden Jokowi. (Source: Markobar)

INDUSTRY.co.id - Jakarata - Bisnis kuliner Martabak Kota Barat (Markobar) yang dirintis oleh putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, mulai membuka kerja sama waralaba.

Gibran yang semula enggan membuka kesempatan waralaba karena khawatir pengelolaan kurang baik sehingga akan merugikan merek martabak yang sudah dikembangkannya sejak 2015 itu, mengaku saat ini ingin membuka peluang bisnis untuk mitra.

"Misalnya orang punya tempat tetapi bingung mau diapain, itu bisa (menjadi mitra kami). Intinya untuk menambah mitra dan relasi di dunia usaha," ujar Gibran dalam pembukaan gerai kolaborasi Sang Pisang X Markobar di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu.

Dikutip dari website markobar1996.net, jenis kudapan manis yang berasal dari Solo itu adalah bisnis generasi kedua yang dipegang oleh Arif Setyo Budi dan kemudian dikembangkan oleh Gibran sejak 2015.

Bermula dengan konsep kaki lima, Markobar kini terus berkembang dan memiliki 33 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Masih dari laman website tersebut, Gibran mengajukan beberapa syarat untuk calon mitra waralaba Markobar antara lain lokasi yang strategis, pegawai, siap terlibat langsung dalam pengelolaan bisnis, dan pembayaran biaya waralaba Rp300 juta.

Untuk menjaga kualitas produk, Gibran dan timnya akan melakukan kontrol langsung dengan sistem yang sudah terintegrasi.

"Kita kontrol langsung. Kan ada tim, ada kamera (pengawas), semua sudah terintegrasi. Kita terima laporan saja," ujar bapak satu anak itu.

Selain Markobar, Gibran juga mengelola usaha lain yaitu katering Chilli Pari, produk jas hujan Tugas Negara Boss dan produk aplikasi permainan Hompimpa Games.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?