70 Wartawan Dunia Deklarasikan Perdamaian Bagi Semenanjung Korea

Oleh : Candra Mata | Minggu, 11 Maret 2018 - 22:30 WIB

70 Wartawan Dunia Deklarasikan Perdamaian Bagi Semenanjung Korea
70 Wartawan Dunia Deklarasikan Perdamaian Bagi Semenanjung Korea

INDUSTRY.co.id - Incheon, 70 wartawan dari 50 negara yang mengikuti World Journalists Conference 2018 Sabtu malam, (10/3), di Incheon mengakhiri kegiatan selama seminggu dan mendeklarasikan perdamaian dan rekonsiliasi bagi Semenanjung Korea.

Adapun isi Deklarasi Perdamaian adalah tentang denuklirisasi semenanjung Korea dan penyelesaian perdamaian terkait langsung dengan perdamaian dunia dan mendukung pengembangan fase dialog antara kedua Korea.

Semua negara di seluruh dunia agar mendesak mereka untuk melakukan upaya diplomatik untuk membawa Semenanjung Korea ke jalan yang stabil dan damai.

Dalam sambutannya, Presiden Asosiasi Jurnalis Korea Jung Kyu Sung menilai pertemuan antara pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dan pejabat senior yang diutus khusus oleh Presiden Korea Selatan (Korsel) untuk melakukan pembicaraan dengan pejabat Korut di Pyongyang awal pekan lalu serta adanya rencana pertemuan antar kedua negara di Amerika Serikat menjadi sinyal positif bagi berakhirnya konflik Semenanjung Korea yang memanas selama ini.

Di samping itu, menurut Jung Kyu Sung, keterlibatan Korut di ajang Olimpiade Musim Dingin tahun ini menjadi awal mula seluruh peristiwa tersebut.

"Partisipasi Korea Utara di ajang Olimpiade Musim Dingin yang diikuti dengan pertemuan antara Korea Utara dan Korea Selatan dan rekonsiliasi antara keduanya serta bekerja sama untuk perdamaian di Semenanjung Korea menjadi isu yang sangat populer saat ini," ujar Jung Kyu Sung.

Ditambahkannya, pertemuan antara Presiden Trump dan Kim Jong Eun, ketua Partai Buruh, akan berlangsung pada bulan Mei mendatang, setelah pertemuan puncak, yang dijadwalkan pada akhir April.

"Ini akan menjadi hari bersejarah ketika pertemuan puncak pertama Amerika Utara akan diselenggarakan dalam 65 tahun setelah gencatan senjata," katanya.

Jung Kyu Sung juga menjelaskan bahwa dari konfensi ini seluruh jurnalis yang hadir dalam acara tersebut berharap musim baru perdamaian di Semenanjung Korea dapat terwujud dalam waktu dekat ini.

"Kami mendukung agar dialog antara Korea Selatan, Korea Utara dan negara lain di dunia seperti AS, Tiongkok, Jepang dan Rusia dapat segera berlangsung," jelasnya.

Sementara itu Wakil Walikota Metropolitan Incheon, Jun Sung Soo yang menyelenggarakan jamuan makan malam untuk para wartawan menyampaikan harapannya agar rekonsiliasi antara Korsel dan Korut dapat segera terwujud.

Jun Sung Soo menegaskan bahwa Incheon adalah sebagai pintu gerbang utama masuknya berbagai budaya asing telah siap menjadi pintu masuk bersatunya dua negara.

"Karena sejarah menuliskan bahwa Incheon menjadi kota yang melindungi Korea di masa perang. Sebagai pos terdepan diharapkan Incheon menjadi sarana perdamaian dan menyatukan Koream," ujar Jun Sung.

Konfensi yang dihadiri oleh 70 peserta dari 50 negara di Incheon, Korea Selatan ini berlangsung sejak tanggal 4 Maret 2018 dan menggangkat tema Peran Pers Dalam Proses Denuklirisasi Semenanjung Korea Dan Perdamaian Dunia. Delegasi Indonesia dipimpin Direktur Kerjasama Wartawan ASEAN Dar Edi Yoga.

"Perdamaian di Semenanjung Korea sangat berkaitan dengan perdamaian dunia," tandas Dar Edi Yoga usai menerima kenang-kenangan dari Wakil Walikota Metropolitan Incheon, Jun Sung Soo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…