Dekopi Diharapkan Dapat Jembatani Petani Kopi-Dunia Usaha

Oleh : Herry Barus | Minggu, 11 Maret 2018 - 18:24 WIB

Ketua MPR Zulkifli Hasan dinobatkan sebagai Bapak Pecinta Kopi Indonesia berpose dengan Kepala Dinas Perindag Provinsi Jambi Ariansyah, Minggu (13/3/2018). (IST)
Ketua MPR Zulkifli Hasan dinobatkan sebagai Bapak Pecinta Kopi Indonesia berpose dengan Kepala Dinas Perindag Provinsi Jambi Ariansyah, Minggu (13/3/2018). (IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan berharap Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat atas terbentuknya Dekopi, semoga dapat menjadi jembatan antara petani, dengan dunia usaha dan pemerintah," kata Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan pada acara "Pencanangan Hari Kopi Nasional dan Ikrar Pengurus Dewan Kopi Indonesia (Dekopi)" di Intermark, Kota Tangerang Selatan, Minggu (11/3/2018)

Pada acara tersebut, disampaikan pencanangan dan usulan ditetapkannya Hari Kopi Nasional serta Ikrar Pengurus Dewan Kopi Indonesia, yang dipimpinan ketua umum Dekopi Anton Apriantono.

Hadir pada acara tersebut, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman serta para pengurus Asosiasi Perkopian Indonesia.

Menurut Zulkifli, Indonesia memiliki keunggulan komparatif di dunia internasional untuk hasil perkebunan, seperi, kopi, lada, dan cengkeh.

"Indonesia adalah negara besar dan berada di daerah khatulistiwa. Dengan kondisi tersebut, maka Indonesia memiliki lahan perkebunan sangat luas serta kualitas hasil panennya terbaik," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli juga menceritakan masa lalunya di Lampung, yakni dibesarkan dalam keluarga petani perkebunan.

Orang tuanya adalah petani kopi dan cengkeh dan waktu anak-anak sudah hasil perkebunan kopi.

"Waktu SMA saya pindah dari Lampung ke Jakarta, juga tidak lepas dari niat untuk usaha kopi," katanya kepada awak media.

Zulkifli melihat perkebunan kopi di Indonesia mengalami penurunan, karena banyaknya lahan perkebunan yang berubah fungsi menjadi persawahan maupun pemukiman.

Bahkan saat ini, kata dia, kopi Indonesia mulai tersaing dengan produksi kopi dari Vietnam.

Zulkifli berharap, Dekopi dapat menggunakan aksesnya untuk berkontribusi meningkatkan kesejahteraan petani kopi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KOLTIVA

Kamis, 18 April 2024 - 14:31 WIB

KOLTIVA Luncurkan Teknologi EUDR Untuk Bisnis Berkelanjutan Siap Hadapi Peraturan Global Bebas-Deforestasi Uni Eropa

KOLTIVA, perusahaan teknologi global rintisan terkemuka dengan lebih dari 11 tahun pengalaman di bidang pertanian berkelanjutan dan ketertelusuran rantai pasok di 61 negara, meluncurkan Solusi…

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…