Pengurus Dekopi Resmi Dikukuhkan, Hari Kopi Nasional ke-1 Diperingati

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 11 Maret 2018 - 15:12 WIB

Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Ketua Umum Dekopi Anton Apriyantono dan Wakil Ketua Umum Dekopi Gozali Hansen usai pengukuhan pengurus Dekopi di Tangerang Selaran, Minggu (11/3/2018).(IST)
Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Ketua Umum Dekopi Anton Apriyantono dan Wakil Ketua Umum Dekopi Gozali Hansen usai pengukuhan pengurus Dekopi di Tangerang Selaran, Minggu (11/3/2018).(IST)

INDUSTRY.co.id - Tangerang Selatan - Pengurus Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) resmi dikukuhkan, Minggu (11/3/2018) bertempat di Intermark Convetion Hall, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Pengukuhan itu sendiri digelar berbarengan dengan pencanangan Hari Kopi Nasional oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Peringatan Hari Kopi Nasional pertama itu, pada nantinya akan dilaksanakan di tahun-tahun mendatang setiap 11 Maret.

Pengukuhan itu sendiri dipimpin oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Amran Sulaiman. “Saya mengukuhkan Pengurus Dewan Kopi Indonesia Periode 2018 -2022” Ucap Menteri Amran.

Sebelum pengukuhan juga dibacakan ikrar dewan kopi yang diikuti oleh seluruh pengurus Dewan Kopi Indonesia.

"Tentu ini hari yang bersejarah di Indonesia. Pengukuhan pengurus ini sendiri langsung ditetapkan menjadi Hari Kopi Nasional," ujar Amran.

Anton Apriyantono selaku Ketua Umum Dekopi menyambut baik dan menegaskan bahwa pengukuhan pengurus Dekopi akan menjadi tonggak sejarah bangkitnya perkopian Indonesia.

“Kita dulu pernah berjaya, tapi kini kita telah disalip oleh murid kita sendiri, yakni Vietnam” ujar Anton, yang sebelumnya pernah menjabat Menteri Pertanian di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mengenai penetapan Hari Kopi Nasional sendiri, Anton menjelaskan bahwa momentum pengukuhan pengurus Dekopi yang pertama tercatat menjadi sejarah. Karena itu setiap 11 Maret akan dicanangkan sebagai Hari Kopi Nasional.

"Kita canangkan hari ini sebagai hari kopi Indonesia.  Soal lainnya nanti akan menunggu pemerintah. yang pasti jangan sampai hari kopi kita sama dengan hari kopi internasional" ungkapnya.

Anton menyampaikan bahwa banyak pihak yang berjasa dalam mempersiapkan Dewan Kopi Indonesia. Menurutnya Dekopi  akan menjadi partner yang baik bagi pemerintah dan swasta. Bagi pemerintah Dekopi akan mengidentifikasi persoalan kopi, regulasi, standar, dan program  sehingga pemerintah mendapat masukan yang baik untuk perbaikan sistem perkopian Indonesia.

“Intinya bahwa bagaimanan mensejahterakan pelaku usaha kopi khususnya petani. Untuk itulah kita secara bersama akan menerapkan sistem yang memberikan kesejahteraan bagi pelaku kopi Indonesai dari hulu sampai ke hilir” urai mantan Menteri dalam kabinet Indonesia Bersatu itu.

Ia menambahkan, pihaknya juga mendapat amanah dan tantangan dari Menteri Pertanian agar segera bergerak dan menjalankan program Dekopi.

“Ini tadi kita di gesa untuk segera melaksanakan program. Bahkan tadi kata pak Menteri kalau perlu bulan April, program sudah bisa dijalankan”, pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Presiden Direktur PT SPV, Christian Oberleitner (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 16:17 WIB

Dukung Program Citarum Harum, South Pacific Viscose Terus Tingkatkan Standar dan Kualitas IPAL

untuk menjaga kelestrasian lingkungan, khususnya Citarum, PT. South Pacific Viscose telah mengikuti semua regulasi dari pemerintah dan mematuhi segala perarturan yang telah dikeluarkan.