Siasat Industri Ritel Melawan Kelesuan, Glodok Sepi Pembeli? (Bag 1)

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 11 Maret 2018 - 11:31 WIB

Suasana pasar glodok (foto RMOL)
Suasana pasar glodok (foto RMOL)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah sebaiknya membuat regulasi yang mengatur sistem belanja daring yang sampai saat ini belum ada.

Hal ini untuk memberikan playing field yang lebih adil antar sesama pengusaha ritel. Mulai dari aturan terkait Standar Nasional Indonesia (SNI) yang harus dipenuhi, sistem pembayaran, hingga pajak.

Sejak zaman dulu, Glodok selalu penuh sesak dengan hiruk-pikuk aktivitas ekonomi .

Kawasan Glodok dan sekitarnya pun menjadi daerah Pecinan (Chinatown) di Batavia dan menjadi sentra perdagangan selama lebih dari dua ratus tahun.

Sejurus dengan perkembangan zaman, Glodok pun menjadi pemicu gairah perekonomian.

Bahkan keberadaanya seperti magnet yang mampu menyedot para migran ekonomi selama ratusan tahun untuk mengadu nasib sebagai pedagang, yang tersebar di Kawasan Glodok.

Di Kawasan Glodok semuanya ada. Dari peralatan rumah tangga hingga elektronik.

Namun bagi para pembeli, pedagang dan investor sekalipun, Glodok adalah pusat segalanya.

Bahkan icon indonesia karena menjadi pusat penjualan barang-barang perkakas dan teknik seperti mur-baut, sekrup, pengait, tali baja, rantai, pemotong keramik, gergaji listrik, genset, dan lain-lainnya.

Termasuk semua kebutuhan industri, kontraktor, pertambangan, peralatan safety.

Salah satu yang membuat Glodok tetap menjadi pilihan adalah selain lebih lengkap, harga bermacam produk yang dijual umumnya lebih murah dibandingkan harga di luar kawasan ini.

Namun, dua tahun belakangan, pengunjung Glodok mengalami penurunan.

Banyak pendapat yang menghubung-hubungkan pertumbuhan pesat pangsa pasar e-commerce di Indonesia dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 90,5 juta jiwa atau sekitar 35,4% dari total penduduk Indonesia.

Namun anggapan itu ditepis oleh para pedagang di kawasan Pasar Jaya Glodok.

Yanto, seorang pedagang perkakas alat berat, mengatakan Kawasan Glodok tiap hari tetap ramai dan banyak didatangi pembeli. Kios barupun semakin banyak.

"Ya walaupun turun bukan karena online tapi karena ketatnya aturan sejak zaman Jokowi," ujarnya.

Pendapat yang sama disampaikan Wawan Sugiarto, sales toko Mega Elektronik yang menjual perkakas untuk rumah tangga dan industri.

Menurutnya, pelanggan tokonya mulai dari perorangan hingga kontraktor besar. Mereka datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Diakuinya, saat ini, penjualan sedikit melemah, karena persyaratan yang harus dilalui perusahaan semakin ketat. Hal ini berimbas pada penjualan.

"Ya di era Presiden SBY omzet toko kami sehari sekitar Rp50 juta. Kini hanya berkisar Rp5 hingga 20 juta," ungkapnya.

Sementara itu, Christine, 72, pemilik toko Dunia Baru, yang menjual , batu gurinda. Produk untuk bengkel bubut hingga pabrik tahu, mengatakan, penjualannya tidak seperti dulu, karena saat ini para pesaing yang menjual produk sejenis juga banyak.

Menurutnya, kawasan Glodok Jaya sejak dulu sudah menjadi pusat penjualan peralatan perkakas rumah tangga, pabrik dan industri.

Karena Toko Dunia Baru sendiri merupakan perusahaan keluarga yang hadir lebih dari 100 tahun di Pasar Glodok.

"Saya sendiri generasi kedua karena bapak baru meninggal. Kami menjual mesin penggilingan tahu, batu gurinda dan lain-lain. Batu batu itu diimpor dari Taiwan," ujar Christine.

Ibu 4 anak ini, tidak menampik jika beberapa bulan terakhir penjualan tokonya sedikit menurun. Menurutnya daya beli masyarakat kurang.

"Saya lihat bukan karena online. Coba batu itu kalau pesan via online. Tentu biaya pengirimannya lebih mahal dari harga batunya. Saya rasa yang sedang susah begini bukan cuma di sini, di negara tetangga juga sama. Jadi ya sekarang cuma tinggal adu nasib aja sih. Kalau sekarang penjualan tiap hari 20 an barang masih kejual. Ya bersyukur aja," imbuhnya.

Sementara itu, Store Manager Orient Teknik, Hosin Kasim atau yang biasa disapa Asin mengatakan, tokonya menjual mesin genset. Seperti digunakan untuk pompa air atau untuk tenaga listrik. Asin mengaku tokonya memang mengalami penurunan pembeli.

Kalau dulu diserbu pembeli sekarang bisa dihitung yang berbelanja. Cuma menurut Asin, hal itu karena kondisi umum di Asia memang lagi berat dan bersyukur kita masih banyak yang datang beli.

Ya kalau genset pesan via online terasa lebih mahal dan orang kita biasanya datang liat langsung baru percaya,ujarnya.

Jadi rata rata pedagang yang ada di Glodok sependapat bahwa menurunnya pembeli di Kawasan Glodok bukan karena online.

Tapi ketatnya aturan pemerintah soal barang-barang yang dijual. Selain karena SNI (standar nasional Indonesia) yang ketat juga dipicu oleh pajak reklame yang cukup besar.

Jadi kami tidak lagi bisa jual barang KW yang merupakan lumbung uang. Kini benar benar harus jual produk berkualitas dengan harga yang lumayan mahal,padahal pembeli itu suka dengan KW an, ujar seorang pedagang yang enggan menyebutkan namanya.

Memang sejak 1980-an sampai sekarang Glodok Jaya masih menjadi destinasi utama para pencari peralatan dan sparepart yang sulit didapatkan di online.

Untuk beli sparepart dan perkakas orang lebih senang datang langsung dan melihat barangnya daripada beli di online. Pertimbangan lainnya juga, barang yang di beli, ukuranya berat," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.