ILO: Kesetaraan Gender Inti Dari Pekerjaan Layak

Oleh : Dina Astria | Sabtu, 10 Maret 2018 - 19:01 WIB

Ilustrasi Pekerja Rumah Tangga atau PRT. (Foto Ist)
Ilustrasi Pekerja Rumah Tangga atau PRT. (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta -Direktur Organisasi Buruh Internasional (ILO) di Indonesia Michio Miyamoto menyatakan kesetaraan gender merupakan inti dari pencapaian pekerjaan yang kayak bagi buruh dan pekerja di Indonesia, namun hal tersebut masih menjadi salah satu tantangan besar.

Michio Miyamoto dalam sambutannya pada diskusi bertajuk "Saatnya Perempuan Setara dalam Perundingan Perjanjian Kerja Bersama" yang diadakan sejalan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional di Jakarta, Kamis, mengatakan kesetaraan gender merupakan jantung dari pekerjaan yang layak.

"Namun mencapai kesetaraan gender di tempat karma masih menjadi salah satu tantangan terbesar. Baik pekerja maupun pengusaha harus didorong untuk dapat berunding secara bersama dengan menjadikan kesetaraan dan non-diskriminasi sebagai prinsip," kata Michiko.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa praktik-praktik yang non-diskriminatif tidak hanya menguntungkan pekerja perempuan tapi juga pekerja dan pengusaha pada umumnya.

Sementara itu, Kasubdit Hubungan Kerja Direktorat Persyaratan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Sumondang mengatakan bahwa pihak pemerintah telah mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menjamin adanya kesetaraan antar gender di dunia karma dan mengeliminasi faktor-faktor diskriminasi.

"Kalau dilihat dari aspek ketenagakerjaan sendiri, dalam undang-undang, sebenarnya kita sudah tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan. Kita juga sudah meratifikasi konvensi ILO nomor 100 dan 111 mengenai larangan diskriminasi," jelasnya.

Lebih lanjut, perundingan bersama diyakini merupakan kunci utama yang menjadi dasar hubungan kerja yang kondusif dan harmonis.

Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa perundingan bersama tidak hanya menguntungkan pekerja secara umum, namun juga berperan penting bagi pekerja perempuan dan kaum perempuan pada umumnya.

Perundingan bersama merupakan cara untuk menerapkan pengarusutamaan gender. Topik-topik yang secara tradisional dianggap sebagai permasalahan perempuan seperti menstruasi, maternitas, perawatan anak, upah rendah dan pengaturan jam kerja yang fleksibel menjadi bagian dari perundingan dan perjanjian kerja bersama.

Adapun acara diskusi interaktif yang digelar oleh ILO melibatkan beberapa pembicara, termasuk Kasubdit Hubungan Kerja Direktorat Persyaratan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Sumondang, Staf Komunikasi dan Kemitraan Better Work Indonesia ILO Pipit Savitri, Kepala Program Federasi Serikat Pekerja Garteks Elly Rosita Silaban, perwakilan PT Avery Dennison Packaging Susi Kathrin, serta Artis dan Pemerhati Masalah Sosial Aline Adita.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…