Kaltim Prima Coal Jual Kelebihan Daya Listrik Sebanyak 18 MW Pada PLN

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Maret 2018 - 12:30 WIB

Listrik Ilustrasi
Listrik Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Balikpapan - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan penjualan kelebihan daya listrik produksi perusahaan tambang batu bara PT Kaltim Prima Coal (KPC) ke PT PLN Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, di Sangatta, Kutai Timur, Kamis (8/3/2018).

Sebelumnya, Menteri Jonan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Bara berdaya 3 x 18 megawatt (MW), pembangkit listrik mulut tambang yang dioperasikan KPC. KPC menjual sebanyak 18 MW listrik kepada PLN, kemudian digunakan PLN untuk memenuhi kebutuhan 40 ribu pelanggan di Sangatta dan sekitarnya.

"Saya mendorong usaha pertambangan memenuhi kebutuhan listrik sendiri untuk membangun PLTU, dan kemudian memberikan sepertiga listrik produksinya kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup rakyat dan sekaligus juga mendorong rasio elektrifikasi segera menjadi 100 persen," kata Jonan.

Menurut Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Machnizon, sebelumnya kebutuhan listrik Sangatta dan sekitarnya dipenuhi dari pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) milik PLN dan sebagian lagi dari Sistem Mahakam, dengan daya mampu 18,5 MW.

Suplai dari Sistem Mahakam itu masuk lewat Gardu Induk Teluk Pandan sebesar 8 MW. Masuk listrik 18 MW dari KPC membuat PLN tidak perlu lagi mengoperasikan PLTD. Biaya produksi listrik juga menjadi turun.

Menurut Machnizon, PLN melakukan efisiensi yang cukup besar. Daya mampu pun bertambah menjadi 26 MW, sementara beban puncak Sangatta baru mencapai 18,14 MW.

"Ibaratnya begini, jika dulu kami produksi 1 kWh dengan biaya pokok Rp2.000, saat ini 1 kWh dengan harga di bawah Rp1.000. Ada efisiensi," ujar Machnizon.

PLN berharap kelebihan daya ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan besar seperti kawasan perkantoran pemerintahan, stadion, rumah sakit, dan pelanggan umum.

Selain itu, saat ini pembangunan gardu induk berkapasitas 150 kV di Sangatta oleh PLN juga telah selesai dan siap beroperasi untuk mendukung interkoneksi dengan Sistem Mahakam. (tar)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 10:00 WIB

Cetak SDM Industri yang Kompeten, Kemenperin Kembali Buka Program JARVIS

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif dalam mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor indusri…

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Kamis, 25 April 2024 - 09:53 WIB

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Air conditioner (AC) modern tidak hanya memberikan pendinginan yang cepat dan efisien, tetapi juga memperkaya pengalaman hidup dan kenyamanan aktivitas di dalam ruangan. Dengan teknologi terkini…