Inalum dan Pertamina Sepakati Kerjasama Pembangunan Pabrik Kalsiner

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Maret 2018 - 11:25 WIB

Inalum Asahan. (Foto: IST)
Inalum Asahan. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dan PT Pertamina (Persero) menyepakati kerjasama pembangunan paik kalsiner (Calcined Petroleum Cokes/CPC), bahan baku pembuatan blok anoda yang digunakan untuk peleburan aluminium.

Sekretaris Perusahaan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Ricky Gunawan mengatakan, penandatanganan kerja sama dilakukan antara Direktur Operasi merangkap Plt Direktur Pengembangan & Bisnis Inalum S S Sijabat dan Direktur Pengolahan Pertamina Toharso di Kuala Tanjung, Rabu (7/3/2018).

Direktur Operasi dan Plt Direktur Pengembangan & Bisnis Inalum S.S. Sijabat mengatakan, hadirnya Pertamina pada proyek kalsiner tersebut diharapkan lebih memberi pengertian akan pentingnya kokas bagi industri peleburan aluminium. "Kalsiner tidak hanya memberikan manfaat bagi Inalum namun juga untuk negara," ungkap Sijabat.

Sebelumnya, Inalum pernah mendapatkan pasokan kokas dari Pertamina RU II Dumai pada 1988 sampai dengan 1992, namun pasokan terhenti akibat satu dan lain hal pada masa itu.

"Saat ini Inalum dan Pertamina dengan semangat sinergi antar BUMN membangun paik kokas untuk meningkatkan nilai tambah bagi masing-masing perusahaan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengolahan Pertamina, Toharso mengatakan proyek kalsiner ini sudah lama digagas namun sampai saat ini belum terealisasikan sehingga harus segera dieksekusi bersama-sama.

"Proyek ini adalah salah satu prioritas Pertamina dari ratusan proyek lain. 'Ground eaking' proyek ini akan dilakukan pada kuartal IV tahun 2018 dan ditargetkan beroperasi pada April 2020," kata Toharso.

Setelah penandatanganan kerja sama, rombongan Pertamina melakukan kunjungan lapangan melihat paik peleburan aluminium milik Inalum yang beroperasi sejak tahun 1982 dan saat ini telah menghasilkan produk berupa aluminium ingot, billet dan foundry alloy.

Progress pengembangan proyek Inalum terus menunjukkan tren yang positif dan sudah pada jalurnya sebagaimana yang digariskan di dalam road map bisnis korporasi dan salah satunya adalah proyek kalsiner ini melalui Sinergi antar BUMN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…

Kementan Pulihkan Korban Gempa Lombok

Sabtu, 22 September 2018 - 14:23 WIB

Ini Upaya Kementan Bantu Pulihkan Ekonomi Pasca Gempa NTB

INDUSTRY.co.id -

Lombok-NTB - Sejak dinyatakan status bencana gempa bumi di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sampai saat ini, Kementerian Pertanian terus membantu…

Teguh Santosa (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 22 September 2018 - 13:43 WIB

Akankah Teguh Santosa Lanjutkan Tongkat Estafet Margiono Sebagai Ketua PWI?

Kongres XXIV PWI sudah di ambang pintu. Siapakah kelak Ketua Umum PWI Periode 2018 - 2023, melanjutkan tongkat estafet Margiono, yang telah dua periode \ memimpin organisasi wartawan terbesar…