Inalum dan Pertamina Sepakati Kerjasama Pembangunan Pabrik Kalsiner

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Maret 2018 - 11:25 WIB

Inalum Asahan. (Foto: IST)
Inalum Asahan. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dan PT Pertamina (Persero) menyepakati kerjasama pembangunan pabrik kalsiner (Calcined Petroleum Cokes/CPC), bahan baku pembuatan blok anoda yang digunakan untuk peleburan aluminium.

Sekretaris Perusahaan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Ricky Gunawan mengatakan, penandatanganan kerja sama dilakukan antara Direktur Operasi merangkap Plt Direktur Pengembangan & Bisnis Inalum S S Sijabat dan Direktur Pengolahan Pertamina Toharso di Kuala Tanjung, Rabu (7/3/2018).

Direktur Operasi dan Plt Direktur Pengembangan & Bisnis Inalum S.S. Sijabat mengatakan, hadirnya Pertamina pada proyek kalsiner tersebut diharapkan lebih memberi pengertian akan pentingnya kokas bagi industri peleburan aluminium. "Kalsiner tidak hanya memberikan manfaat bagi Inalum namun juga untuk negara," ungkap Sijabat.

Sebelumnya, Inalum pernah mendapatkan pasokan kokas dari Pertamina RU II Dumai pada 1988 sampai dengan 1992, namun pasokan terhenti akibat satu dan lain hal pada masa itu.

"Saat ini Inalum dan Pertamina dengan semangat sinergi antar BUMN membangun pabrik kokas untuk meningkatkan nilai tambah bagi masing-masing perusahaan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengolahan Pertamina, Toharso mengatakan proyek kalsiner ini sudah lama digagas namun sampai saat ini belum terealisasikan sehingga harus segera dieksekusi bersama-sama.

"Proyek ini adalah salah satu prioritas Pertamina dari ratusan proyek lain. 'Ground breaking' proyek ini akan dilakukan pada kuartal IV tahun 2018 dan ditargetkan beroperasi pada April 2020," kata Toharso.

Setelah penandatanganan kerja sama, rombongan Pertamina melakukan kunjungan lapangan melihat pabrik peleburan aluminium milik Inalum yang beroperasi sejak tahun 1982 dan saat ini telah menghasilkan produk berupa aluminium ingot, billet dan foundry alloy.

Progress pengembangan proyek Inalum terus menunjukkan tren yang positif dan sudah pada jalurnya sebagaimana yang digariskan di dalam road map bisnis korporasi dan salah satunya adalah proyek kalsiner ini melalui Sinergi antar BUMN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 09:20 WIB

IHSG Dalam Zona Negatif

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG masih akan bergerak pada zona negatif meskipun terbatas dengan rentan pergerakan 5781-5903. Saham-saham yang masih dapat…

Gondola Climbing

Rabu, 26 September 2018 - 08:50 WIB

Jebsen &Jessen; dan Solusinya Industri Indonesia untuk Tingkatkan National Competitiveness

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Chairman Jebsen & Jessen (SEA), Heinrich Jessen mengemukakan bahwa group perusahaan memberikan dukungan terhadap agenda pertumbuhan ekonomi…

Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Rabu, 26 September 2018 - 08:20 WIB

Gandeng PMI, Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Samsung Peduli Lombok Bersama PMI Bangun 500 Hunian Sementara, Pengadaan 200.000 liter Air Bersih, dan Layanan Kesehatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Rabu, 26 September 2018 - 08:02 WIB

Menteri PUPR Dukung BUMN Karya Kembangkan Sayap Go International

Kemampuan memenuhi standar mutu internasional diperlukan untuk meningkatkan ekspor jasa konstruksi nasional. Salah satu negara yang telah menjadi tujuan ekspor jasa konstruksi Indonesia adalah…

TP-Link Hadirkan Rangkaian Produk Inovatif

Rabu, 26 September 2018 - 07:54 WIB

Maksimalkan Internet of Things, TP-Link Hadirkan Rangkaian Produk Inovatif

Kehadiran IoT yang Didukung Perangkat Internet Canggih Membuat Aktivitas Manusia Menjadi Semakin Mudah