Galeri Investasi Pasar BEI Diresmikan di Kalimantan Timur

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 08 Maret 2018 - 19:10 WIB

Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)
Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Balikpapan – Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pendirian Galeri Investasi Pasar di Pasar Sepinggan, Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Galeri Investasi Pasar tersebut adalah yang pertama di Kalimantan dan merupakan yang kedua di seluruh Indonesia.

Peresmian Galeri Investasi Pasar BEI tersebut dilakukan oleh Tito Sulistio, Direktur Utama BEI bersama-sama Sriwaty Widjaja, Direktur Phintraco Sekuritas, selaku Anggota Bursa yang menjadi mitra BEI serta Misna Ariani, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan, Kamis (08/03/2018).

Acara peresmian Galeri Investasi Pasar BEI di Pasar Sepinggan ini juga dihadiri oleh Dwi Ariyanto, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Timur, M. Saufan, Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan dan Andar Listiani, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Kota Balikpapan.

Galeri Investasi Pasar BEI didirikan di Pasar Sepinggan karena Balikpapan selama ini menunjukkan komitmen industri Pasar Modal Indonesia terhadap masyarakat umum secara luas dari berbagai kalangan.

Pendirian Galeri Investasi Pasar BEI Ini memungkinkan setiap masyarakat Indonesia membuka rekening efek sebesar Rp100.000 untuk mendukung program Yuk Nabung Saham serta menjadi bagian dari Pasar Modal Indonesia.

Alasan Galeri Investasi Pasar BEI tersebut didirikan di pasar tradisional adalah keberadaan pasar tradisional yang sangat dibutuhkan masyarakat seiring dengan peranan pentingnya dalam menggerakkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat.Pasar tradisional dikenal sebagai tempat dan pusat pemasaran produk-produk lokal, sehingga pasar tradisional dapat menyerap banyak potensi keramaian masyarakat banyak.

Di samping itu, masyarakat di pasar tradisional dapat berbaur bebas, tidak membedakan tingkat ekonomi, status sosial maupun agama serta terjadi perputaran uang dan barang yang cukup besar. Pasar tradisional juga dapat membantu menampung penyerapan tenaga kerja lokal khususnya yang tidak memiliki keahlian khusus.

Pendirian Galeri Investasi Pasar BEI di Pasar Sepinggan bertujuan untuk menghapus kesan bahwa Pasar Modal hanya ditujukan bagi masyarakat golongan tertentu saja. BEI ingin memberikan kesan bahwa Pasar Modal Indonesia itu ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Pasar Sepinggan adalah pasar tradisional yang berlokasi di Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Luas pasar tersebut mencapai 1,3 hektar dan terdapat 833 kios dengan jumlah perputaran dana Rp17,2 miliar per bulan.

Per 31 Januari 2018, total investor Pasar Modal di Kalimantan Timur tercatat sebanyak 8.813 single investor identification (SID). Dengan pendirian Galeri Investasi Pasar Sepinggan ini, maka total Galeri Investasi BEI saat ini di seluruh Indonesia mencapai 347 galeri, yang terdiri dari Galeri Investasi Kampus, Galeri Investasi Non-Kampus dan Galeri Investasi Pasar.

Sebelumnya, BEI pada tahun ini juga telah mendirikan Galeri Investasi Pasar sejenis di Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Galeri Investasi BEI adalah salah satu cara BEI memperluas inklusivitas Pasar Modal Indonesia. Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 alias kerjasama antara BEI, PerguruanTinggi dan Anggota Bursa.

Galeri Investasi BEI menyediakan semua publikasi dan bahan cetakan mengenai pasar modal yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia, termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal.

Informasi dan data yang ada di Galeri Investasi BEI dapat digunakan baik untuk tujuan akademik dan penelitian, maupun sebagai referensi dalam pengambilan keputusan saat melakukan transaksi jual dan beli Efek. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.