Galeri Investasi Pasar BEI Diresmikan di Kalimantan Timur

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 08 Maret 2018 - 19:10 WIB

Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)
Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Balikpapan – Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pendirian Galeri Investasi Pasar di Pasar Sepinggan, Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Galeri Investasi Pasar tersebut adalah yang pertama di Kalimantan dan merupakan yang kedua di seluruh Indonesia.

Peresmian Galeri Investasi Pasar BEI tersebut dilakukan oleh Tito Sulistio, Direktur Utama BEI bersama-sama Sriwaty Widjaja, Direktur Phintraco Sekuritas, selaku Anggota Bursa yang menjadi mitra BEI serta Misna Ariani, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan, Kamis (08/03/2018).

Acara peresmian Galeri Investasi Pasar BEI di Pasar Sepinggan ini juga dihadiri oleh Dwi Ariyanto, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Timur, M. Saufan, Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan dan Andar Listiani, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Kota Balikpapan.

Galeri Investasi Pasar BEI didirikan di Pasar Sepinggan karena Balikpapan selama ini menunjukkan komitmen industri Pasar Modal Indonesia terhadap masyarakat umum secara luas dari berbagai kalangan.

Pendirian Galeri Investasi Pasar BEI Ini memungkinkan setiap masyarakat Indonesia membuka rekening efek sebesar Rp100.000 untuk mendukung program Yuk Nabung Saham serta menjadi bagian dari Pasar Modal Indonesia.

Alasan Galeri Investasi Pasar BEI tersebut didirikan di pasar tradisional adalah keberadaan pasar tradisional yang sangat dibutuhkan masyarakat seiring dengan peranan pentingnya dalam menggerakkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat.Pasar tradisional dikenal sebagai tempat dan pusat pemasaran produk-produk lokal, sehingga pasar tradisional dapat menyerap banyak potensi keramaian masyarakat banyak.

Di samping itu, masyarakat di pasar tradisional dapat berbaur bebas, tidak membedakan tingkat ekonomi, status sosial maupun agama serta terjadi perputaran uang dan barang yang cukup besar. Pasar tradisional juga dapat membantu menampung penyerapan tenaga kerja lokal khususnya yang tidak memiliki keahlian khusus.

Pendirian Galeri Investasi Pasar BEI di Pasar Sepinggan bertujuan untuk menghapus kesan bahwa Pasar Modal hanya ditujukan bagi masyarakat golongan tertentu saja. BEI ingin memberikan kesan bahwa Pasar Modal Indonesia itu ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Pasar Sepinggan adalah pasar tradisional yang berlokasi di Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Luas pasar tersebut mencapai 1,3 hektar dan terdapat 833 kios dengan jumlah perputaran dana Rp17,2 miliar per bulan.

Per 31 Januari 2018, total investor Pasar Modal di Kalimantan Timur tercatat sebanyak 8.813 single investor identification (SID). Dengan pendirian Galeri Investasi Pasar Sepinggan ini, maka total Galeri Investasi BEI saat ini di seluruh Indonesia mencapai 347 galeri, yang terdiri dari Galeri Investasi Kampus, Galeri Investasi Non-Kampus dan Galeri Investasi Pasar.

Sebelumnya, BEI pada tahun ini juga telah mendirikan Galeri Investasi Pasar sejenis di Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Galeri Investasi BEI adalah salah satu cara BEI memperluas inklusivitas Pasar Modal Indonesia. Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 alias kerjasama antara BEI, PerguruanTinggi dan Anggota Bursa.

Galeri Investasi BEI menyediakan semua publikasi dan bahan cetakan mengenai pasar modal yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia, termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal.

Informasi dan data yang ada di Galeri Investasi BEI dapat digunakan baik untuk tujuan akademik dan penelitian, maupun sebagai referensi dalam pengambilan keputusan saat melakukan transaksi jual dan beli Efek. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.