Drama Korea 'Hwayugi' Diisukan Contek Karya Penulis Novel

Oleh : Dina Astria | Kamis, 08 Maret 2018 - 10:50 WIB

Drama Korea 'Hwayugi'. (Source: tvN)
Drama Korea 'Hwayugi'. (Source: tvN)

INDUSTRY.co.id - Korea Selatan - Drama Korea, 'Hwayugi' atau A Korean Odyssey baru saja menayangkan episode terakhirnya. Namun, belum lama ini, kru produksi dari drama tersebut diisukan mencontek sebuah karya seorang penulis.

Seorang penulis berinisial Ttangbyeol mengungkapkan bahwa novel yang ia garap pada tahun 2016 bertajuk 'Aeyugi' mirip dengan drama yang dibintangi Lee Seung Gi itu.

Isu terkait hal ini pun langsung ditanggapi oleh penulis naskah drama 'Hwayugi', Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran. Mereka mengatakan jika penggarapan drama tersebut sudah lama direncanakan sebelum novel 'Aeyugi' dirilis.

Saat mereka selesai menggarap drama Korea 'Master's Sun' pada 2014 lalu, mereka mulai merencanakan sebuah proyek drama fantasi yang bercerita tentang hantu dan monster.

Lalu, mereka merilis drama fantasi pertama mereka berjudul 'My Girlfriend is a Gumiho' pada 2010.

"Banyak wawancara yang membicarakan hal itu. Kami mengadakan pertemuan dengan perusahaan dan sutradara soal proyek yang diadaptasi dari 'Journey to the West'," ungkap kedua penulis drama Korea yang handal itu.

"Kamu bilang 'Aeyugi' dirilis sebagai serial pada musim gugur 2015? Tolong buktikan apakah ada pembaca saat itu yang punya hubungan dengan kami. Kami belum pernah melihat web drama berjudul 'Aeyugi' di masa lalu dan kami belum membaca novelnya juga," tambah mereka.

Selain itu, Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran memberi klarifikasi persamaan karakter Sam Jang yang dibuat perempuan. Mereka juga mengungkap sudah banyak proyek inspirasi "Journey to the West" dimana Sam Jang ditampilkan sebagai sosok perempuan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi melantik Siwi Sukma Adji sebagai KSAL, dan menaikkan pangkat jadi Laksamana, di Istana Negara (Foto: Rahmat/Humas)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:45 WIB

DPR Harap KASAL Tingkatkan Profesionalisme Prajurit

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji mampu meningkatkan profesionalisme para prajuritnya agar mampu menghadapi…

Ketua Umum Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional (KTNA Nasional), saat berbicara di acara Forum Promoter 2018 Polri yang membahas tema Solusi Menuju Indonesia yang Berdaulat Adil dan Makmur Melalui Ketahanan Pangan, Rabu, 23 Mei 2018

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:35 WIB

Indonesia Bisa Menjadi Lumbung Pangan Dunia Pada 2045

Pangan tidak hanya merupakan komoditas dan kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Tetapi pangan juga menjadi kepentingan nasional dan keamanan nasional bagi sebuah negara. Pangan memiliki…

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:33 WIB

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Era globalisasi dan makin terbukanya Indonesia bagi pasar asing menuntut lulusan perguruan tinggi di Indonesia memahami tantangan dan tuntutan bisnis saat ini sehingga mampu bersaing. Potensi…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:00 WIB

BSDE Anggarkan Belanja Modal Rp6 Triliun di 2018

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menganggarkan Capital Expenditure (Capex) atau belanja modal sebesar Rp4 triliun-Rp6 triliun pada tahun 2018.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 18:45 WIB

Harga Minyak Mentah Global Naik, CPO Malaysia Lanjutkan Penguatan Harga Pekan ini

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan Rabu (23/05/18) dibuka pada level RM2.468 per ton, atau lebih rendah 0,36% dibandingkan harga pada penutupan sesi perdagangan…