Drama Korea 'Hwayugi' Diisukan Contek Karya Penulis Novel

Oleh : Dina Astria | Kamis, 08 Maret 2018 - 10:50 WIB

Drama Korea 'Hwayugi'. (Source: tvN)
Drama Korea 'Hwayugi'. (Source: tvN)

INDUSTRY.co.id - Korea Selatan - Drama Korea, 'Hwayugi' atau A Korean Odyssey baru saja menayangkan episode terakhirnya. Namun, belum lama ini, kru produksi dari drama tersebut diisukan mencontek sebuah karya seorang penulis.

Seorang penulis berinisial Ttangbyeol mengungkapkan bahwa novel yang ia garap pada tahun 2016 bertajuk 'Aeyugi' mirip dengan drama yang dibintangi Lee Seung Gi itu.

Isu terkait hal ini pun langsung ditanggapi oleh penulis naskah drama 'Hwayugi', Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran. Mereka mengatakan jika penggarapan drama tersebut sudah lama direncanakan sebelum novel 'Aeyugi' dirilis.

Saat mereka selesai menggarap drama Korea 'Master's Sun' pada 2014 lalu, mereka mulai merencanakan sebuah proyek drama fantasi yang bercerita tentang hantu dan monster.

Lalu, mereka merilis drama fantasi pertama mereka berjudul 'My Girlfriend is a Gumiho' pada 2010.

"Banyak wawancara yang membicarakan hal itu. Kami mengadakan pertemuan dengan perusahaan dan sutradara soal proyek yang diadaptasi dari 'Journey to the West'," ungkap kedua penulis drama Korea yang handal itu.

"Kamu bilang 'Aeyugi' dirilis sebagai serial pada musim gugur 2015? Tolong buktikan apakah ada pembaca saat itu yang punya hubungan dengan kami. Kami belum pernah melihat web drama berjudul 'Aeyugi' di masa lalu dan kami belum membaca novelnya juga," tambah mereka.

Selain itu, Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran memberi klarifikasi persamaan karakter Sam Jang yang dibuat perempuan. Mereka juga mengungkap sudah banyak proyek inspirasi "Journey to the West" dimana Sam Jang ditampilkan sebagai sosok perempuan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan…

Wapres Jusuf Kalla (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:35 WIB

Cawapres Jokowi 2019 Harus Mampu Tingkatkan 15 Persen Suara

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan calon pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 harus dapat mendongkrak perolehan suara minimal 15 persen.

Danu Wicaksana, CEO TCASH (kiri) - (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:09 WIB

Buka Layanan Lintas Operator, Ini Tiga Keunggulan TCASH Wallet

TCASH secara resmi telah membuka layanan aplikasi TCASH wallet untuk seluruh operator telekomunikasi. Pelanggan lintas operator dapat menikmati beragam layanan transaksi non-tunai TCASH dengan…

Ilustrasi Jalan Tol (ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:55 WIB

BNI Beri Tambahan Kredit Jalan Tol Manado-Bitung

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan memberikan tambahan fasilitas kredit modal kerja (KMK) dana talangan tanah…

BTPN Syariah (Foto MediaIndonesia)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:40 WIB

Pembiayaan BTPN Syariah Tumbuh 19,1 Persen

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPN Syariah) hingga akhir Juni 2018 membukukan pembiayaan Rp6,87 triliun, tumbuh 19,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya…