Tingkatkan Produksi, SSMS Peroleh Rp6 Triliun dari BNI

Oleh : Herry Barus | Minggu, 15 Januari 2017 - 17:14 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) mendapatkan fasilitas kredit Rp6 triliun dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, yang akan dimanfaatkan untuk pengembangan dan pengelolaan perkebunan kelapa sawit.

"Dukungan BNI ini merupakan bentuk kepercayaan yang sangat berarti sekali buat PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. Ini menjadikan kami semakin optimis dalam mengembangkan bisnis," kata Direktur Keuangan SSMS Nicholas Justin Whittle dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (15/1/2017)

Bidang kerja sama lain dalam kesepakatan ini adalah penyimpanan dan pengelolaan dana dalam bentuk produk perbankan yang disiapkan BNI, penggunaan fasilitas Integrated Cash Management antara lain BNI Direct hingga BNI e-tax, serta layanan corporate card dan individual card.

Whittle menjelaskan perjanjian kerja sama kredit ini menjadi salah satu pendukung rencana manajemen SSMS pada 2017 untuk memantapkan komitmen dalam pengembangan usaha perkebunan.

Emiten perkebunan sawit yang sedang membentangkan lahan bisnis di Kalimantan Tengah ini juga konsisten untuk membidik berbagai peluang pengembangan luas areal tanam serta membangun lebih banyak pabrik kelapa sawit.

Direktur Utama SSMS, Vallauthan Subraminam menambahkan perseroan ingin terus menambah luas lahan perkebunan sawit dari seluruh areal lahan yang saat ini hampir mencapai 100.000 hektar.

"Kami akan terus mencari peluang untuk meningkatkan dan mengembangkan area cadangan lahan dan area tertanam," kata Vallauthan.

Ia menambahkan sebagian besar tanaman kelapa sawit yang dimiliki perseroan akan memasuki tahun puncak produksi.

"Kami selalu optimis bahwa profil tanaman yang kami miliki akan mendukung peningkatan produksi TBS untuk beberapa tahun ke depan," ujarnya.

Vallauthan mengharapkan perseroan bisa membangun dua pabrik kelapa sawit (PKS) di Kalimantan Tengah pada 2017 dan akan melanjutkan berbagai rencana penanaman baru di atas lahan yang telah dimiliki.

Untuk itu, SSMS telah menyiapkan belanja modal sebesar Rp350 miliar yang akan digunakan untuk mewujudkan rencana penanaman baru dan pengembangan infrastruktur pabrik kelapa sawit.

Dalam tiga tahun mendatang, perseroan juga telah memantapkan rencana pengembangan lahan kebun seluas 13.000 hingga 15.000 hektar.

"Biayanya sekitar 6000 dolar AS per hektar. Itu merupakan 'cost of maturity'," kata Vallauthan.

Ia menambahkan bahwa akuisisi tersebut akan dilakukan sepanjang memenuhi kondisi yang baik, mulai dari aspek lingkungan, kualitas, dan perizinan.

Saat ini, perseroan telah menargetkan peningkatan produktivitas hingga mencapai rata-rata 22 ton per hektar atau naik sekitar dua ton per hektar dibanding tahun 2016 lalu.

"Yang jelas, penambahan lahan terus dilakukan, tentunya dengan target peningkatan produktivitas. Sebab, usia tanam kita beda-beda. Tanaman sawit 2006 sampai 2016 masih ditanam. Tapi ada dua kebun kita sekarang yang sudah mencapai 28-30 ton per hektar, ujar Vallauthan.

Vallauthan juga optimistis kinerja perseroan makin membaik seiring dengan perbaikan harga minyak sawit mentah (CPO) yang terus membaik di tingkat global.

"Fundamental bisnis kami sudah kokoh. Karena itu, kami sangat optimis, ke depan nanti SSMS akan berkembang menjadi salah satu perusahaan perkebunan sawit yang akan sangat diperhitungkan," ungkap Vallauthan.

Menurut dia, harga CPO hampir pasti berada pada kisaran yang positif, apalagi terdapat peningkatan permintaan dari negara-negara di kawasan Asia, khususnya Tiongkok dan India, terutama untuk industri oleokimia dan biodiesel.

Perseroan saat ini mengoperasikan enam unit pabrik kelapa sawit, masing-masing di daerah Sulung, Natai Raya, Suayap, Selangkun, Malata dan Nanga Kiu yang rata-rata memiliki kapasitas produksi minyak sawit mentah 1.800 metrik ton per hari, dengan utilisasi tak kurang dari 60 persen.

Luas lahan sawit milik SSMS di Kalimantan Tengah per September 2016 tercatat mencapai 95.770 hektar dengan lahan tertanam mencapai 68.479 hektar.

Perkebunan kelapa sawit merupakan subsektor pertanian yang prospektif, apalagi Indonesia dan Malaysia berkontribusi sebanyak 86 persen dari pasokan seluruh minyak sawit dunia.

Permintaan terhadap minyak sawit berpotensi meningkat karena CPO digunakan sebagai bahan baku biodiesel. Kewajiban untuk konversi minyak fosil ke minyak nabati di AS, Afrika dan Indonesia juga akan meningkatkan permintaan CPO. Selain itu, kelapa sawit juga merupakan produk paling efisien dan produktif dibanding minyak nabati lainnya.(Ant/Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…