Excellence Asia Inisiasi Pelatihan Berkelanjutan Bagi UMKM

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 07 Maret 2018 - 09:33 WIB

Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)
Bursa Efek Indonesia (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan rintisan binaan dari IDX Incubator, Excellence Asia menginisiasi program pelatihan berkelanjutan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia agar dapat lebih berkembang.

"Kami menginisiasi program untuk UMKM, yakni Excelloka dalam rangka mendukung pemerintah meningkatkan kualitas UMKM agar mempercepat perkembangan bisnisnya," ujar CEO dan Co-Founder Excellence.asia Viktor Yanuar di Jakarta, Selasa (6/3/2018)

Ia menilai UMKM tidak hanya memiliki peran dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, tetapi juga penyerapan tenaga kerja. Pada periode 1997-1998, UMKM membuktikan tidak terpengaruh terhadap krisis.

Ia menyampaikan, berdasarkan data Bank Indonesia, UMKM memilii tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97 persen dari seluruh tenaga kerja nasional dan memiliki kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 57 persen. Jumlah UMKM pun mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Kendati demikian, lanjut dia, peningkatan UMKM dari sisi jumlah tidak diikuti dengan peningkatan kualitas, permasalahan yang dihadapi UMKM adalah seputar pembiayaan dan kurangnya kemampuan manajemen serta rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Melalui program Excelloka, UMKM akan mendapatkan pelatihan mulai dari pemasaran, penjualan, branding, pelayanan anggaran, hukum, administrasi, keuangan, akuntansi, pajak, operasional dan SDM," paparnya.

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hamdi Hassyarbaini mengatakan program excelloka diharapkan dapat meningkatkan kualitasnya sehingga memenuhi persyaratan untuk mencatatkan sahamnya di BEI.

"Kami berharap UMKM di Indonesia dapat mendominasi pasar saham, yang pada akhirnya memberi kontribusi lebih besar terhadap ekonomi domestik," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pulau Bidadari (Foto Dok PT Pembangunan Jaya)

Minggu, 24 Maret 2019 - 16:00 WIB

Pulau Bidadari Tawarkan Wisata Alam Masih Sangat Alami

Pulau Bidadari merupakan salah satu gugusan pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu yang dikembangkan sebagai kawasan wisata bahari. Merupakan pulau terdekat dengan Teluk Jakarta menjadikan…

Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya MRT Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (24/3) pagi (Foto: Setkab.go.id)

Minggu, 24 Maret 2019 - 16:00 WIB

Resmikan MRT, Presiden Jokowi: Hari Ini Peradaban Baru Telah Dimulai

Setelah menjalani masa uji coba sejak beberapa hari lalu, Moda Raya Transportasi atau Mass Rapid Transit(MRT) Jakarta Fase l diresmikan pengoperasionalannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi),…

Danone Aqua Gelar Kegiatan Edukatif dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia 2019

Minggu, 24 Maret 2019 - 15:43 WIB

Peringati Hari Ginjal Sedunia, Danone Aqua Gelar Kegiatan Edukatif

Dalam rangka memperingati Hari Ginjal Sedunia/World Kidney Day 2019 yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2019 yang lalu, Danone-AQUA mengadakan serangkaian kegiatan edukatif yang bertujuan untuk…

JakCard Bank DKI bisa digunakan di MRT

Minggu, 24 Maret 2019 - 15:34 WIB

Bank DKI Dukung Sistem Pembayaran MRT Jakarta

Terus dorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI mendukung sistem pembayaran berbasis non tunai untuk pengguna MRT Jakarta. Pengguna transportasi MRT Jakarta dapat menggunakan…

Peternak sapi (foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 24 Maret 2019 - 14:45 WIB

Mentan: Produksi Susu Sapi Nasional Meningkat Jadi 1,6 Juta Ton

Bandung Barat - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan komitmen yang besar Kementerian Pertanian untuk peternak telah menghasilkan produktivitas sekaligus mendorong kesejahteraan.