Akibat Gagal Panen Petani Cabai Rugi Hingga Ratusan Juta

Oleh : Hariyanto | Minggu, 15 Januari 2017 - 09:45 WIB

Petani Cabai (ist)
Petani Cabai (ist)

INDUSTRY.co.id - Magetan, Beberapa bulan ini harga cabai yang beredar di pasaran memang cukup tinggi, bahkan harga cabai sempat bertengger di angka Rp 150 perKg. Namun siapa sangka keuntungan harga cabai yang melejit ini tak dirasakan oleh para petani cabai daerah.

Di magetan misalnya, petani cabai di Magetan mengaku rugi hingga ratusan juta rupiah. Hal ini karena petani gagal panen pada tahun ini.

"Bukan hanya pedagang yang khawatir stok cabainya menipis. Juga si penyuka cabai resah karena harga semakin mahal. Kami juga merana karena gagal panen," kata Jumali Feri Iskandar, petani cabai di Desa/Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Rabu (11/1).

Bahkan harga cabai keriting yang konon katanya ikut meroket, dari petani hanya Rp 15 ribu per kilogram. Jumali mengatakan untuk normalnya Rp 40 ribu per kg.

Ia mengaku, rendahnya harga cabai dari petani karena gagal panen. Cabai merah keriting yang seharusnya siap dipanen bulan ini, rusak semua akibat terkena serangan jamur. Dari kebunnya yang luasnya 250 meter persegi, semua cabai kering karena terkena pathek (jamur).

Akibat gagal panen, dia mengaku mengalami kerugian Rp 12 juta hingga Rp13 juta. Angka kerugian itu baru hitungan untuk biaya penanaman bibit dan perawatan. Padahal, lanjut dia, dalam satu kotak seluas 10 are atau 1000 meter persegi, setiap sekali panen bisa menghasilkan 1 kuintal cabai merah keriting.

Panen tidak hanya satu kali, namun bisa dilakukan 15 kali dalam sekali musim. Ia mengatakan, akibat serangan jamur "pathek", cabai merah keriting membusuk.

Dia menambahkan, gagal panen tidak hanya terjadi tahun ini saja. Sudah dua tahun ini petani cabai merah keriting di Kecamatan Bendo, selalu mengalami gagal panen. Padahal dulu Kecamatan Bendo ini, menjadi kecamatan unggulan. Pada 2005, saya bisa panen 4-5 truk setiap harinya. (Hry/ bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.